Ragam Minuman Khas Indonesia yang Menggunakan Santan

Ragam minuman khas Indonesia sangat banyak sekali. Ada yang dingin ataupun juga yang panas. Ada yang tradisional ataupun juga modern. Nah, membahas mengenai berbagai minuman khas Indonesia, bahan yang digunakan banyak sekali. Kali ini Travelingyuk bakal membahas minuman khas Indonesia berbahan santan sebagai bahan bakunya. Apa saja ya kira-kira? Yuk ikuti ulasannya seperti berikut ini.

Es Dawet/Cendol

Es cendol, Via Instagram r47natjan
Es cendol, Via Instagram r47natjan

Es dawet atau disebut juga dengan es cendol merupakan minuman khas Jawa yang terbuat dari tepung beras ataupun juga tepung pati. Nah, dawet atau cendol ini nantinya bakal disajikan dengan es gula merah cair, santan dan juga es serut. Citarasa dari minuman satu ini cenderung gurih dan manis. Banyak variasi dawet yang bisa dipilih, tapi yang cukup populer adalah es dawet ayu dari Banjarnegara.

Es Goyobod

Es Goyobod, Via Instagram lets.go.eat
Es Goyobod, Via Instagram lets.go.eat

Selanjutnya ada es goyobod yang juga terbuat dari santan. Bahan-bahan untuk membuat es goyobod antara lain gula cair, sari pati kacang hijau yang dibekukan, santan, dan juga es serut. Ada juga yang menambahkan buah alpukat dan kelapa yang diparut. Es goyobod ini merupakan minuman yang berasal dari tanah Sunda. Bentuknya menyerupai es campur tapi sangat khas Jawa Barat.

Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang, Via Instagram aisyahdiyo
Es Selendang Mayang, Via Instagram aisyahdiyo

Es selendang mayang adalah minuman segar yang berasal dari Jakarta. Ini termasuk minuman tradisional yang kehadirannya sudah cukup langka, bahkan di Jakarta sekalipun. Hanya ada beberapa tempat yang menjualnya. Es selendang mayang ini berbahan dasar seperti halnya kue lapis yang terbuat dari tepung kanji, gula, air dan juga pewarna makanan. Kue kanji ini dipotong tipis melebar dan diracik bersama bahan-bahan seperti halnya gula merah cair, es batu dan kemudian disiram dengan santan. Rasanya manis, legit, dan gurih.

Bajigur

Wedang bajigur, Via Instagram kaiorganic
Wedang bajigur, Via Instagram kaiorganic

Selanjutnya ada bajigur yang merupakan minuman khas masyarakat Sunda, Jawa Barat. Ini merupakan minuman tradisional dengan rasa yang cukup menyegarkan. Bahan utama pembuatan minuman ini adalah gula aren dan juga santan. Nah, untuk menambah kenikmatan bajigur, para pembuatnya juga memberikan jahe, garam, dan juga bubuk vanili.

Es Pleret

 Es pleret, Via Instagram blitarfoodies

Es pleret, Via Instagram blitarfoodies

Dari Blitar ada namanya minuman yang bernama es pleret. Sekilas, es pleret ini menyerupai es dawet. Tapi, ada satu hal yang membedakannya yakni bola-bola kecil yang menyerupai bakso. Lalu ditambah dengan bahan pelengkap lainnya seperti halnya cendol, potongan serabi dan juga santan.

Es Teler

Es teler, Via Instagram kulineryogya
Es teler, Via Instagram kulineryogya

Es teler juga merupakan minuman yang memanfaatkan santan sebagai bahan bakunya. Nah, biasanya dalam seporsi es teler ini akan ada serutan alpukat, serutan kelapa muda, potongan nangka, susu kental manis, sirup, santan dan tak ketinggalan es serut. Es teler ini merupakan kuliner asli dari Jawa Tengah dan rasanya sangat istimewa.

Es Lontrong

Es lontrong, Via Instagram sepasanglangkah
Es lontrong, Via Instagram sepasanglangkah

Es lontrong juga termasuk minuman Indonesia yang memanfaatkan santan sebagai bahan bakunya. Es lontrong biasa berisi cincau hitam, kacang hijau, es serut lalu diguyur dengan air santan dan sirup pandan berwarna merah yang menggoda lidah. Ini merupakan kuliner yang berasal dari Slawi atau Tegal.

Itulah ragam minuman khas Indonesia yang menggunakan santan sebagai salah satu bahannya. Kira-kira minuman apa lagi ya, yang khas Indonesia dan memanfaatkan santan sebagai bahan di dalamnya?

Tags
minuman berbahan santan minuman khas Indonesia berbahan santan
Share