Kuliner Es Legendaris di Blitar, Wajib Coba!

Jawa Timur memiliki banyak kuliner enak yang memanjakan lidah. Salah satu kota yang tepat dikunjungi untuk berburu makanan lezat ini adalah Blitar. Selain pecel, kamu bisa menemukan kedai es segar yang bisa jadi pelepas dahaga usai jelajah kota. Beberapa di antaranya ada di bawah ini.

1. Es Pleret Bu Sri

Es Pleret Bu Sri
Es Pleret Bu Sri [image source]
Es Pleret merupakan kuliner legendaris Blitar yang disukai banyak orang. Minuman dingin ini berisi dawet serta bola manis yang terbuat dari tepung beras. Bola manis yang disebut pleret ini berisi gula merah yang meletus ketika dikunyah. Tempat yang cukup terkenal dengan kuliner ini adalah Es Pleret Bu Sri di Jalan Musi.

Es Pleret Blitar
Ilustrasi Es Pleret Blitar [image source]

2. Es Bandong Blitar

Es Bandong Blitar
Es Bandong Blitar [image source]
Udara panas di siang hari, paling enak didinginkan dengan menyeruput es segar. Datang saja Jalan Tanjung, ada warung es buah enak bernama Es Bandong. Menu es buah di sini memiliki rasa unik dari sirup manisnya. Sementara isinya melimpah dari alpukat, nangka, sawo, kelapa muda, kesemek, buah naga, semangka, melon, rambutan, jambu biji, blewah, pear, mangga, serta apel. Tak lupa pula potongan agar-agar yang membuat kuliner ini memanjakan lidah.

Es Bandong di Blitar
Es Bandong di Blitar [image source]

3. Es Drop Blitar

Es Drop Blitar
Es Drop Blitar [image source]
Es Drop yang menjadi kuliner khas Blitar ini tak jauh beda dengan es lilin. Terbuat dari gula merah serta santan yang dibekukan, jajanan ini sangat mudah ditemukan di beberapa tempat wisata Blitar. Rasanya beragam, ada yang cokelat, strawberry, hingga kacang hijau. Jika ingin es drop lebih spesial, kamu bisa dapat langsung ke sentra industrinya di Jalan Anggrek no 49. Selain langsung dimakan di tempat, kalian juga bisa memborongnya untuk orang rumah.

Es Drop
Es Drop [image source]

4. Es Mini

Es Mini
Es Mini [image source]
Es Mini bukanlah nama kuliner, melainkan warung es yang juga populer di Blitar. Tempatnya boleh saja sederhana, tapi kamu bakalan terperangah ketika melihat seporsi es buahnya. Tak mini melainkan jumbo dengan isian spesial. Setidaknya ada 15 jenis buah seperti alpukat, melon, nanas, kelengkeng, semangka, apel, hingga durian yang disajikan bersama es serut serta siraman kucuran susu kental manis cokelat.

Es Mini Blitar
Es Mini Blitar [image source]
Jadi, mana nih es yang sudah bikin kamu ngiler? Yuk, buruan liburan ke Blitar. Pastikan juga mampir ke objek wisata hitsnya.

Tags
Blitar Indonesia Jawa Timur
Share