Tak Tergantikan, Minuman Tradisional Khas Nusantara Ini Masih Jadi Favorit

Menjamurnya makanan jenis baru di tanah air memang mempengaruhi keberadaan kuliner legendaris. Tidak sedikit yang mulai langka dan susah ditemukan. Sebut saja Pisang Plenet Semarang. Sekarang makanan ini hanya bisa ditemukan di beberapa tempat. Pun demikian, banyak pula minuman tradisional yang hingga kini masih jadi favorit. Seperti di bawah ini.

1. Bir Pletok

Bir Pletok Khas Betawi
Bir Pletok Khas Betawi via instagram/@birpletok_id

Tak perlu khawatir, minuman ini tidak mengandung alkohol. Bir Pletok merupakan minuman segar yang terbuat dari aneka rempah. Ada jahe, daun pandan dan juga serai. Kuliner tradisional ini merupakan khas Betawi dan kini telah tersedia dalam kemasan botolan. Selain tidak memabukkan, bir pletok juga memiliki banyak khasiat seperti memperlancar peredaran darah.

Bir Pletok
Bir Pletok via instagram/@im_as_cool

2. Bajigur

Wedang Bajigur Hangat
Wedang Bajigur Hangat via instagram/@angkringan_berhati_nyam2

Mudah kan menemukan warung dengan menu ini? Salah satu warung yang terkenal dengan bajigur adalah Wedang Bajigur di Jalan Magelang Batas Kota, Jogja. Hingga artikel ini ditulis, harganya hanya Rp6.000 per porsi. Bajigur sendiri merupakan minuman hangat yang terbuat dari santan, irisan kelapa muda, roti tawar, serta campuran daun panda yang memiliki aroma wangi. Selain di Jogja, minuman ini juga dapat kamu temukan di Bandung dan biasanya dijual di gerobak bersama dengan bandrek.

Wedang Bajigur
Wedang Bajigur via instagram/@jogjakakilima

3. Es Sekoteng

Es Sekoteng
Es Sekoteng via instagram/@separuhakulemak

Es krim kekinian dengan tambahan buah di dalamnya tengah hits. Namun, bukan berarti sekoteng ditinggalkan. Minuman yang berasal dari Jawa tengah memang menggiurkan, apalagi dicampur dengan es. Belum lagi dengan isian yang melimpah. Tentunya bakal membuat lidah terus bergoyang.

Sekoteng
Sekoteng via instagram/@serliyanthi

4. Tahwa

Tahwa Malang
Tahwa Malang via instagram/@kikifamilia

Penikmat minuman hangat pasti tak asing dengan tahwa. Kuliner tradisional ini juga disebut sebagai kembang tahu yang hingga kini bisa ditemukan di banyak tempat. Seporsinya sangat sederhana yaitu berupa puding tahu atau puding kedelai yang disiram dengan jahe. Tak lupa pula ditambahkan dengan kacang tanah di dalamnya. Rasanya membuat tenggorakan lega, apalagi ketika disantap di tengah udara dingin.

Tahwa
Tahwa via instagram/@septinaaderico

5. Ronde

Ronde Alkateri
Ronde Alkateri via instagram/@qraved

Selain tahwa, biasanya penjual minuman ini juga menjajakan dua kuliner hangat lainnya. Salah satunya adalah ronde yang juga memiliki kuah jahe. Sementara isinya berupa bulatan dari tepung yang diisi dengan gula jawa. Rasanya sedap dan bikin perut hangat. Nah, kamu yang ingin menikmati ronde legendaris, mampir saja ke Bandung. Ada Ronde Alkateri yang cukup terkenal di kota ini.

Ronde Jahe Alkateri
Ronde Jahe Alkateri via instagram/@lapercuy

Itulah lima minuman tradisional yang tak tergantikan. Nah, mana nih favoritmu? Yuk, terus lestarikan kuliner legendaris Nusantara.

Tags
Bandung Indonesia kuliner tradisional
Share