Jenis Minuman di Medan, Yuk Cicip Pelepas Dahaga Orang Batak yang Enak Ini

Indonesia memang bisa dibilang tidak pernah ada matinya jika membahas masalah kuliner. Ada saja, kuliner-kuliner yang tersebar di berbagai penjuru Nusantara. Tak terkecuali dengan Medan. Wilayah yang mayoritas penduduknya keturunan Batak ini juga memiliki kuliner mantap yang perlu banget disantap. Yuk kita ulas ragam minuman di Medan yang bisa jadi pelepas dahaga saat haus ketika berkeliling.

Martebe

Jus martebe, via Instagram/helen_ranap
Jus martebe, via Instagram/helen_ranap

Minuman pertama yang perlu kamu coba ada yang namanya martebe. Saat pertama kali dilafalkan, martebe memang tidak terlalu familiar dan mirip dengan bahasa asing. Namun tahukah kamu, ternyata martebe ini singkatan dari markisa terong belanda. Ini merupakan minuman dari campuran terong belanda dan markisa. Rasanya asam manis segar yang mantap di tenggorokan. Jangan segan mencicip martebe saat di Medan.

Roco Timun

Roco timun, via Instagram/post.makan
Roco timun, via Instagram/post.makan

Minuman di Medan selanjutnya ada roco timun. Seperti namanya, bahan utama pembuatan minuman khas Medan satu ini adalah timun yang dipadukan dengan kelapa muda, air kelapa, dan gula merah. Ditambah dengan es akan segar dan membuat dahaga menghilang. Pelepas dahaga yang sangat perlu untuk dicoba ya.

Teh Susu Telur

Teh susu telur, via Instagram/betamakan.mdn
Teh susu telur, via Instagram/betamakan.mdn

Teh susu telur khas Medan juga bisa dicicipi jika berkunjung ke Tanah Deli. Terdengar unik ya, memadukan susu dan teh secara bersamaan. Namun memang begitulah, malah teh susu telur ini menjadi minuman favorit banyak masyarakat Medan.

Cara pengolahannya juga cukup unik. Kuning telur diaduk sampai berbusa lalu dimasukkan susu kental manis dan susu cair, dan ditambah teh. Enak sekali disantap saat udara sedang dingin ataupun musim hujan.

Pokat Kocok Medan

Pokat kocok, via Instagram/crunchycrocs
Pokat kocok, via Instagram/crunchycrocs

Satu lagi yang tak boleh kamu lewatkan jika keliling wisata Medan, ada namanya pokat kocok. Cara pembuatannya mudah, buah alpukat dibelah dua lalu diambil isinya dan dimasukkan ke dalam gelas. Lalu alpukat dikocok-kocok dan ditungkan santan cair, gula merah cair, dan tak ketinggalan susu kental manis. Terakhir ada tambahan es serut, jadilah es pokat kocok yang istimewa.

Berjelajah seharian tentu akan membuatmu mudah haus ya Teman Traveler. Maka dari itulah kamu perlu mencicipi berbagai minuman khas Medan.

Tags
Indonesia kuliner Medan minuman di Medan Sumatra Utara
Share