Minarets Classic Coffee Sukoharjo, Serunya Ngopi di Kastil ala Abad Pertengahan

Kedai kopi kini sudah jadi destinasi kuliner yang hampir ada di tiap kota di Indonesia. Masing-masing mengusung konsep unik demi menarik minat pelanggan. Nah, jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Solo dan ingin rasakan sensasi ngopi yang unik, datanglah Minarets Classic Coffee yang menempati bangunan klasik ala kastil abad pertengahan.

Desain Arsitektur Bagaikan Kastil

dscf0929_GCn.jpg
Tampak samping Minarets Classic Coffee (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Mengusung desain megah dengan menara tinggi layaknya kastil Britania Raya, kedai kopi ini terlihat begitu menarik sedari kejauhan. Tiap orang yang melintas di Jalan Raya Ds. Mranggen, Polokarto, Sukoharjo pasti bakal menoleh sejenak untuk mengagumi keunikannya.

Kafe unik ini lahir dari ide Irsyat Hanafi, seorang sarjana arsitektur yang bercita-cita mendirikan kedai kopi dengan gaya bangunan unik. Alhasil, terciptalah Minarets yang tampak seperti kastil klasik dari abad pertengahan.

Tempat ini buka setiap hari, mulai pukul 16.00 – 23.00. Namun khusus akhir pekan, mereka siap menerima pelanggan mulai pukul 10.00. Tempatnya sendiri cukup mudah dijangkau, hanya butuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota menuju sini.

Penuh Koleksi Barang Antik

dscf0899_rDW.jpg
Koleksi Barang Antik (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Selain memiliki eksterior megah, area dalam Minarets juga tak kalah memukau lho. Tiap sudutnya dihiasi ragam koleksi barang antik seperti mesin jahit kuno, mesin ketik, alat timbangan, setrika arang, telepon koin, batu yang diduga bongkahan meteor, proyektor film kuno, hingga mesin pembuat dari era 1800-an. Wah, berasa seperti di dalam museum ya. 

Gunakan Mesin Kopi Tanpa Listrik

dscf0901_WHZ.jpg
Mesin Espresso Manual (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Uniknya lagi, Minarets Classic Coffee tawarkan proses meracik kopi yang beda dari kebanyakan kedai kopi lain. Berbekal mesin kopi manual dari jaman Belanda, mereka hadirkan racikan kopi yang terasa khas.

dscf0892_pVS.jpg
Mesin penggiling kopi manual (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Sementara untuk espresso, Irsyad Hanafi mendesain sendiri mesinnya dengan menggunakan sistem tuas putar. Selain lebih efisien, mesin manual tanpa listrik ini diklaim menghasilkan taste kopi lebih unik.

Bangunan Tingkat Tiga

dscf0959_LIC.jpg
Bar di lantai satu (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Minarets Classic Coffee terdiri dari tiga lantai. Semuanya bisa diakses hingga menara tingkat atas. Teman Traveler cukup menapaki tangga yang berada di sudut ruangan.

Sementara itu, di lantai satu Teman Traveler bakal temukan bar dan tempat barista meracik kopi. Kalian bisa melihat langsung proses pembuatan kopi dengan mesin manual di sini. Seru banget kan?

dscf0956_isE.jpg
Lantai dua lebih private (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Lantai dua di kedai kopi ini memang tidak seluas lantai pertama. Hanya tersedia satu meja panjang dan beberapa kursi kecil di tepi dinding. Suasananya sangat cocok buat Teman Traveler yang ingin privasi lebih, tanpa terganggu lalu lalang pengunjung. Di sini juga ada balkon yang suguhkan pemandangan indah di sekitar kedai.

dscf0951_tEO.jpg
Lantai tiga alias Puncak Menara (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Lantai paling atas di sini merupakan puncak menara yang biasanya digunakan pengunjung untuk sawah hijau di sekeliling. Jika beruntung, Teman Traveler bisa rasakan hangatnya senja di sini. Benar-benar asyik, serasa berada di negeri dongeng.

Menu dan Harga 

image2_xCj.jpg
Minarets Ice Cream Esspresso & Iced Coffee Milk (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Minarets Classic Coffee fokus menyajikan racikan kopi gayo dengan berbagai metode, seperti V60, tubruk, dan espresso. Namun buat Teman Traveler yang bukan penikmat kopi, tersedia menu lain seperti coklat panas dan teh teko.

Sementara untuk makanannya, Minarets punya beberapa menu seperti kentang goreng, nasi goreng, roti bakar, hingga wagyu. Soal harga tidak perlu khawatir lantaran cukup ramah kantong. Minuman dibanderol sekitar Rp25.000-Rp35.000. Sementara makanan dipatok antara Rp20.000 hingga Rp60.000 per porsi. 

Jadi, buat Teman Traveler yang ingin ngopi sembari rasakan suasana kastil ala negeri dongeng, langsung saja mampir ke Minarets Classic Cofeee. Jangan lupa mampir ke sini ketika sedang menjelajah wisata Solo ya.

Tags
kontributor kuliner Solo Solo Travelingyuk
Share