Menangkap Cantiknya Matahari di Pantai Lasiana Kupang

Dikenal sebagai kota yang panas dan kering, Kupang ternyata memiliki beberapa jajaran pantai yang dapat dijadikan alternatif wisata karena letaknya dekat dengan pusat kota. Salah satunya adalah Pantai Lasiana. Mau tahu apa aja yang ada di dalamnya? Simak ulasan berikut!

Jelajah di Pantai Kupang

img_20190828_wa0044_yQY.jpg
Suasana pantai (c) Yoga Rahman/Travelingyuk

Pantai landai dengan luas 3,5 hektar ini dihiasi oleh sekitar 65 pohon kelapa. Selain itu terdapat 230 pohon lontar yang berjajar di sepanjang hamparan pasir putih pantai.

Ditambah dengan gulungan ombaknya yang tidak terlalu besar, menjadikan suasana di sekitar kawasan wisata terasa sejuk dan asri. Perpaduan pasir putih dan birunya laut pun makin menambah keelokan Pantai Lasiana.

Pemandangan yang Cantik

img_20190828_wa0036_H8b.jpg
Suasana pantai (c) Yoga Rahman/Travelingyuk

Tempat ini juga memiliki pemandangan yang menakjubkan. Ini sangat cocok untuk tempat merilekskan pikiran Anda karena suasananya tidak terlalu ramai. Tidak seperti banyak pantai yang populer, pantai tetap mempertahankan keindahan alamnya karena tidak banyak pengunjung disini.

Para pengunjung yang tiba di Pantai Lasiana ini paling banyak pada hari libur atau hari Minggu. Mereka biasanya menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman untuk menjelajahi sekitar Pantai Lasiana.

Adanya Lopo-Lopo, Rumah Etnik Khas Timor

img_20190828_wa0045_RmG.jpg
Pantai Lasiana (c) Yoga Rahman/Travelingyuk

Tak jauh dari bibir pantai terdapat pohon-pohon kelapa dan pohon-pohon lontar tua yang hingga kini masih produktif dan dimanfaatkan warga setempat. Kedua tanaman tersebut sering digunakan untuk membuat lopo-lopo, seperti yang terlihat berjajar di Pantai Lasiana.

Lopo-lopo adalah pondok tradisional khas Timor yang juga didirikan di tepi pantai. Pondok ini mempunyai bentuk menyerupai payung dengan tiang penyangga pada bagian tengahnya yang terbuat dari batang pohon kelapa. Sementara atapnya bisa tersusun dari ijuk, daun lontar, pelepah kelapa, atau dari ilalang. Kadang seng juga ditambahkan pada atap untuk membuatnya lebih kuat.

Dengan bagian luar seng yang ditutupi oleh ijuk atau bagian dari tanaman lain yang biasanya digunakan untuk atap lopo-lopo. Bangunan lopo-lopo tersebut disusun berjajar satu-sama lain dengan jarak yang berdekatan.

Tepat dibawah atap lopo-lopo terdapat bangku kecil yang mengelilingi tiang penyangga lopo-lopo yang terbuat dari pohon kelapa. Bangku tersebut bisa digunakan oleh para pengunjung yang datang untuk berteduh dibawah lopo-lopo.

Makin Cantik Saat Sore Hari

img_20190828_wa0038_uBb.jpg
Suasana pantai (c) Yoga Rahman/Travelingyuk

Kecantikan Pantai Lasiana akan makin menampakkan sensasi dan pesonanya saat sore hari tiba. Anda bisa datang sekitar pukul 17.30 WITA untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam dari bibir Pantai Lasiana  pada saat cuaca cerah.

Keindahan terbenamnya matahari diapit puluhan tingginya pohon lontar makin mempesona saat dinikmati dari tempat parkir kendaraan bermotor. Untuk mengabadikan momen indah itu, jangan lupa Anda membawa kamera digital atau menggunakan kamera handphone saat matahari tenggelam di ufuk barat.

img_20190828_wa0040_WbE.jpg
Suasana pantai (c) Yoga Rahman/Travelingyuk

Di pantai, kalian dapat melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, berenang, berselancar, bermain sepak bola, karaoke, dan berjemur. Kawasan wisata ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar. Pada bagian barat pantai bisa terlihat daratan yang membentuk bukit kecil. Bukit kecil ini menjadi latar belakang yang menambah keindahan Pantai Lasiana.

Itulah tadi keindahan salah satu pantai indah di Kupang ini. Tertarik pergi ke sini?

Tags
Indonesia kontributor Kupang NTT Nusa Tenggara Timur pantai lasiana Travelingyuk Wisata
Share