Mie Ongklok Terenak Khas Wonosobo yang Lezatnya Bikin Ketagihan

Jalan-jalan ke kawasan wisata Dieng, wajib banget mencoba makanan khasnya yaitu Mie Ongklok. Salah satu rekomendasi yang tentu bakal membuatmu ketagihan adalah Mie Ongklok Longkrang yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Wah, seperti apa sih keunikan yang ditawarkan oleh mie satu ini? Yuk, simak uraian selengkapnya berikut ini!

Kedai legendaris yang Konon Terkenal Hingga Luar Negeri

Tempe Mendoan dan Sayuran di Mie Ongklok
Tempe Mendoan dan Sayuran di Mie Ongklok [image source]
Udara Wonosobo yang dingin memang pas banget untuk menikmati semangkuk mie hangat di Warung Mie Ongklok Longkrak. Perpaduan mie kuning lembut dengan kuahnya yang lezat mampu membangkitkan semangat untuk kembali berkeliling di Dieng. Bukan hanya karena rasanya yang enak, ternyata kedai makanan ini cukup legendaris. Konon, warung tersebut sudah berdiri sejak tahun 1975 dan terkenal sampai negara-negara di Asia. Wah, tidak heran jika antriannya cukup panjang.

Mie Legendaris di Wonosobo
Mie Legendaris di Wonosobo [image source]

Kuah Kental Mie Ongklok Longkrak yang Fenomenal

Kuah Kental Mie Ongklok Longkrang
Kuah Kental Mie Ongklok Longkrang [image source]
Sebenarnya, kuliner satu ini tidak jauh beda dengan lainnya. Bahan utamanya berupa mie kuning lembut yang dimasak dalam panci dengan air yang mendidih. Uniknya, kuah dari makanan khas Wonosobo ini tidak encer melainkan menyerupai karamel. Ternyata, kuah tersebut terbuat dari tepung tapioka yang kenyal dengan bumbu pas. Soal rasa, makanan ini terasa manis, asin serta gurih yang bercampur menjadi satu. Nah, hidangan ini makin nikmat jika dicampur dengan sayur kol serta ditemani sate daging sapi serta tempe mendoan.

Mie Ongklok dan Sate Sapi
Mie Ongklok dan Sate Sapi [image source]

Kuliner Enak di Area Alun-Alun Wonosobo

Satu Porsi Mie Ongklok Pedas
Satu Porsi Mie Ongklok Pedas [image source]
Jenis mie yang hampir sama dengan Lamie di Bandung ini memang disukai banyak orang. Tidak hanya anak muda, orang tua bahkan anak kecil juga ketagihan dengan mie ongklok. Bahkan ada beberapa pembeli yang kurang hanya makan satu porsi saja. Nah, untuk kamu yang berniat berburu kuliner di sini, tidak perlu khawatir. Lokasi kedai ini strategis dan mudah ditemukan. Dari arah Alun-alun Wonosobo hanya membutuhkan waktu 10 menit saja dengan berjalan kaki untuk sampai di sini. Dekat bukan?

Kedai Mie Ongklok Longkrang
Kedai Mie Ongklok Longkrang [image source]

Tenangkan Diri di Telaga Manjer yang Eksotis

Telaga Menjer
Telaga Menjer [image source]
Dieng bukan hanya terkenal dengan udara sejuknya. Di dataran tinggi ini terdapat banyak objek wisata alam mulai dari kawah hingga telaga super bening. Dari banyaknya destinasi, tempat yang paling dekat dengan Kedai Mie Ongklok Longkrang adalah Telaga Menjer. Jaraknya sendiri hanya 9 km atau bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dalam waktu 19 menit. Jika masih memiliki banyak waktu, ada baiknya untuk berkunjung ke Telaga Warna yang berdekatan dengan Puncak Dieng.

Telaga Warna Dieng
Telaga Warna Dieng [image source]

Menginap Di Kresna Hotel Wonosobo

Kresna Hotel Wonosobo
Kresna Hotel Wonosobo [image source]
Destinasi wisata di Dieng memang sangat banyak. Karena itu pula, tidak cukup jika hanya sehari berkunjung ke sini. Salah satu rekomendasi agar dapat menikmati keindahan alam di dataran tinggi di Jawa Tengah ini adalah menginap di Kresna Hotel Wonosobo. Letaknya sendiri berada di sekitar kedai Mie Ongklok Longkrang. Sementara biaya sewanya per malam sekitar Rp700.000-an. Nah, untuk informasi selengkapnya mengenai akomdasi satu ini, kamu bisa langsung menghubungi telepon (0286) 324598.

Mie Wonosobo yang Lezat
Mie Wonosobo yang Lezat [image source]
Nama : Mie Ongklok Longkrang
Alamat: Jl. Pasukan Ronggolawe No. 14, Longkrang, Wonosobo, Jawa Tengah
Jam buka: 09.00–17.00
Harga : mulai dari Rp20.000 (sudah termasuk sate sapi)

Meski Kawah Sileri yang berada di kawasan wisata Dieng sempat meletus pada hari Minggu kemarin, namun Wonosobo tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan. Nah, kamu yang berniat menyusul mereka untuk traveling ke sini, jangan sampai lupa mampir Mie Ongklok Longkrak ya!

Tags
Kuliner Dieng kuliner wonosobo Mie Ongklok Wonosobo Wisata Dieng
Share