Mie Kocok Haji Dayong di Bandung yang Sudah Bertahan 48 Tahun

Cuaca Bandung yang sejuk dan cenderung dingin sangat pas jika menyantap kuliner yang hangat, misalnya saja mie kocok. Yup benar, seporsi mie kocok akan mengangatkan tubuh. Berbicara masalah mie kocok di Bandung, ada salah satu tempat yang legendaris dan jadi jujukan banyak orang. Namanya adalah Mie Kocok Haji Dayong.

Mie kocok ini merupakan hidangan mie dengan kuah kaldu sapi yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Biasanya dalam seporsi me kocok ini akan tersaji mie kuning, irisan kikil, taoge, bakso, jeruk, yang disajikan dalam mangkuk. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kali ini Travelingyuk mengulas Mie Kocok Haji Dayong yang sudah sangat populer di Kota Kembang.

1. Sudah Ada Sejak Tahun 1970

Mie Kocok Haji Dayong, Via Instagram miebaso_hdayon
Mie Kocok Haji Dayong, Via Instagram miebaso_hdayon

Mie Kocok H. Dayong ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 1970. Jika dihitung sampai sekarang ini di tahun 2018, usianya sudah mencapai 48 tahun. Kini tempat mie kocok ini dikelola oleh Pak Sunandar yang merupakan anak dari Haji Dayong.

2. Lokasi Mie Kocok H. Dayong

Seporsi mie kocok yang mantap, Via Instagram miebaso_hdayong
Seporsi mie kocok yang mantap, Via Instagram miebaso_hdayong

Lokasi Mie Kocok Haji Dayong ini berada di Pasar Andir, di Jl. Waringin, Bandung di lantai dasar Blok B-5/6. Untuk jam bukanya sendiri mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore. Tidak akan sulit untuk menemukan tempatnya karena dari luar sudah terlihat spanduk pedagang Mie Kocok H. Dayong Sejak 1970. Lengkap dengan spanduk lain yang bertuliskan Mie Kocok Haji Dayong tidak buka cabang di luar Pasar Andir.

3. Menu yang Ditawarkan

Bihun baso, Via Instagram miebaso_hdayong
Bihun baso, Via Instagram miebaso_hdayong

Meskipun mengusung nama mie kocok, menu yang ditawarkan di sini tidak hanya satu. Ada pilihan lainnya yakni mie baso dan juga bihun baso. Untuk topping atau lauknya bisa memiliki sesuai selera, mulai dari babat, urat, kiki, baso halus, kaki, dan lain-lain. Untuk porsinya sendiri, kamu bisa memiliki penuh ataupun juga hanya setengah porsi jika tidak ingin kekenyangan.

Mie yamin menu lain di Mie Kocok Haji Dayong, Via Instagram miebaso_hdayong
Mie yamin menu lain di Mie Kocok Haji Dayong, Via Instagram miebaso_hdayong

Menu mie kocok di lokasinya sangatlah khas. Kuahnya memiliki citarasa gurih yang berasal dari rebusan tulang dan daging sapi. Bumbunya diberi tidak terlalu banyak, supaya rasa tulangnya tidak hilang. Satu hal lagi, perebusan daging memakan waktu sampai 4 jam dengan api kecil, jadi lembut dan gampang digigit.

Demikian ulasan mengenai Mie Kocok Haji Dayong di Bandung. Menu makan siang yang pas saat bertandang ke Kota Kembang. Jangan lupa mampir, ya.

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat mie kocok haji dayong
Share