Empat Sabana di Sumba, Wajah Lain Indonesia Timur yang Memesona

Advertisement

Indonesia bagian timur dikenal dengan keindahan baharinya yang luar biasa. Spot-spot snorkeling dan diving dengan pemandangan bawah laut yang indah dapat dengan mudah ditemukan. Namun di Sumba kamu dapat menemukan keindahan yang berbeda. Pulau yang termasuk dalam wilayah Indonesia timur ini memiliki karakter yang unik. Seperti panorama sabana di Sumba ini.

1. Bukit Warinding

Hamparan savana di Bukit Warinding via instagram/selviabudiani

Suasana tenang yang terdapat di Sumba seakan membuatmu duduk lebih lama dengan beralaskan rumput atau rebahan sambil merasakan semilir angin. Saat sore hari, kamu dapat bertemu dengan anak-anak lokal yang sedang bermain sambil menggembala kuda atau domba. Ya, sore hari adalah waktu paling tepat untuk berkunjung Bukit Warinding.

2. Sabana Mau Hau

Panorama Sabana Mau Hau via instagram/toursumbasamad

Sabana di Sumba lainnya adalah Mau Hau. Bentang alam persawahan dipadu indahnya sabana membentang seolah membuat tempat ini serupa lukisan alam oleh tangan mulia Sang Pencipta. Jika ingin puas menghabiskan waktu di sini, kamu bisa datang saat surya baru saja bersinar. Selain belum terlalu terik, sejuknya udara dan pemandangan fajar yang indah akan menghilangkan segala penat di kepalamu.

3. Bukit Tanarara

Sabana di perbukitan Tanarara via instagram/exploredolan.id

Perbukitan ini tersusun dari batuan karang yang gersang dan hamparan rumput di sebagian sisinya. Bentuknya berlapis-lapis, sehingga salah satu Sabana di Sumba ini memiliki pemandangan yang menyerupai Grand Canyon di Amerika Serikat. Saat kemarau, rumput ini akan berwarna coklat keemasan, namun ketika musim penghujan datang warnanya menjadi hijau segar. Punggung bukit ini relatif datar dan tersambung antara satu dengan lainnya.

4. Sabana Tana Daru

Penduduk lokal sedang melintas di Sabana Tana Daru via instagram/endahkwira

Sabana Tana Daru ini berada dalam kawasan Taman Nasional yang memiliki panorama alam luar biasa. Bentang luas Savanna Tana Daru menyajikan pemandangan alam bebas yang begitu asri. Kamu juga bisa menemukan Air Terjun Laipopu dan garis pantai yang dapat dilihat dari atas bukit. Bahkan banyak yang menyamakakan keindahan di tempat ini dengan sabana yang berada di Afrika.

Berbeda dengan keindahan daerah lain di Indonesia Timur, Sumba memiliki panorama sabana yang luas dan memukau. Kawasan Indonesia timur memang memiliki pesona alam yang luar biasa. Bahkan beberapa tempat masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Daerah mana yang menjadi favoritmu di Indonesia timur.

Advertisement
Tags
Indonesia Indonesia Timur Nusa Tenggara Timur Sumba Wisata
Share