Incip Mie Celor 26 Ilir, Spageti Palembang yang Rasanya Maknyus

Pempek bukanlah satu-satunya kuliner khas Palembang yang terkenal. Masih banyak makanan enak yang mudah ditemukan di kota cantik ini. Salah satunya mie celor yang juga dikenal sebagai Spagetinya Palembang. Sementara tempat yang terkenal dengan menu ini adalah Mie Celor 26 Ilir. Penasaran dengan rasanya kan?

Legendaris Sejak Tahun 50-an

Menu enak khas Palembang
Menu enak khas Palembang via instagram/@gendutisnothing

Sudah tahu seperti apa bentuk mie celor? Yap, menu tersebut mirip banget dengan spageti. Cara memasaknya tidak seperti membuat mi goreng atau rebus, melainkan dicelup ke dalam air panas. Proses memasak ini juga dipraktikkan oleh kedai Mie Celor 26 Ilir HM Safei. Kedai makan ini terbilang cukup legendaris di Palembang karena sudah ada sejak tahun 1950. Tak heran jika pengunjung yang datang sangatlah banyak.

Menu Sederhana Rasa Istimewa

Seporsi mie celor ilir
Seporsi mie celor ilir via instagram/@yellyindy

Seporsi mie celor berbeda dengan mie yang disajikan resto chinese food. Isiannya terdiri dari mie telur yang bertekstur lembut, tauge, telur, irisan daun bawang serta taburan bawang goreng. Nah, menu ini makin nikmat dengan kuah kaldunya yang khas. Teksturnya kenyal dan memiliki rasa gurih manis. Pas banget sebagai kudapan spesial untuk makan siang.

Kaldu Spesial yang Tak Ada Duanya

Mie Celor enak di Palembang
Mie Celor enak di Palembang via instagram/@f_inev

Kelezatan dari spagetinya Palembang ini tidak hanya berasal dari mie homemade-nya. Kuah kaldu kental yang berwarna pekat juga tak kalah nendang. Untuk membuat kuah tersebut dibutuhkan bahan yang segar dan berkualitas, seperti bagian kepala atau otak udang. Nah, bahan tersebut yang dipadukan dengan rempah khusus untuk menghasilkan rasa gurih dan aroma yang menggugah selera. Prosesnya juga tak asal, melainkan menggunakan panci khusus sehingga kuah tak tersentuh api.

Difavoritkan Banyak Kalangan

Mie celor istimewa di palembang
Mie celor istimewa di Palembang via instagram/@sharebeforeeat

Sepopuler pempek Palembang, penggemar mie celok buatan Haji Safei ini juga datang dari luar kota. Tidak sedikit yang ketagihan dengan makanan lezat berkuah kental tersebut. Bukan hanya wisatawan, tapi tokoh masyarakat dari bupati hingga mantan presiden pernah mencoba mie celor Ilir. Termasuk juga artis-artis ibukota yang tengah berada di Palembang.

Berniat untuk coba Mie Celor Ilir 26 ini? Yuk, segera buat rencana perjalanan ke Palembang. Lokasi warungnya sangat mudah ditemukan, yaitu di Jalan K.H. Ahmad Dahlan No. 2, Pasar 26 Ilir. Bagaimana, tertarik untuk mencicipinya?

Tags
Indonesia kuliner Kuliner Palembang Palembang Sumatera Selatan
Share