Mengenal Jenis Pempek, Kuliner Palembang yang Enaknya Bikin Senang

Rasanya kurang lengkap jika ke Palembang tapi tidak mencoba makanan khasnya, apalagi kalau bukan pempek. Hidangan yang diolah dari bahan ikan tersebut memiliki rasa yang khas. Apalagi saat disantap dengan kuah cuka. Ada banyak sekali jenis Pempek Palembang. Berikut ini Travelingyuk telah merangkumkan beberapa untukmu.

1. Yang paling nampak dari pempek lenjer adalah bentuknya yang bulat memanjang. Dibuat dari adonan lenjer dengan tambahan berbagai macam bumbu.

Pempek Lenjer
Pempek Lenjer via Omiyago

2. Pempek kapal selam memiliki bentuk bulat besar dengan isian telur di bagian dalamnya. Pembuatannya memng tidak mudah dan lama, tapi rasanya begitu istimewa.

Pempek Kapal Selam
Pempek Kapal Selam via Bukalapak

3. Beda lagi dengan pempek telur yang ukurannya lebih kecil. Isinyya bisa telur ayam atau bebek namun sebelumnya dikocok terlebih dahulu.

Pempek telur
Pempek telur via Kupede.com

4. Sesuai namanya, pempek pastel memiliki pingiran yang bermotif. Selain itu, isiannya berupa pepaya muda yang dimasak dengan santan.

pempek pastel
pempek pastel via Qiresep

5. Pempek Kriting dibuat dengan alat khusus. Sehingga bentuknya seperti pasta. Sekilas juga mirip dengan kerupuk.

Pempek Kriting
Pempek Kriting via Pempek Lince

6. Pempek adaan tidak rebu, tapi langsung digoreng. Rasanya jelas berbeda karena proses pembuatannya yang unik.

Pempek adaan
Pempek adaan via Tokopedia

7. Kulit ikan adalah bahan untuk membuat pempek tabok. Bentuknya bulat pipih dan tidak melalui proses perebusan, tapi langsung digoreng seperti pempek adaan.

pempek tabok
pempek tabok via Travelerien.com

8. Pempek Tahu adalah salah satu yang paling banyak peminatnya. Dibuat dari adonan pempek adaan dan tahu khas Cina

Pempek Tahu
Pempek Tahu via Sajian Sedap

9. Ada juga yang tidak direbus atau digoreng, namanya adalah pempek panggang. Rasa gurih begitu terasa dan menyatu dengan kuah cuko khas Palembang. 

Pempek Panggang
Pempek Panggang via Tokopedia

10. Pempek Lenggang dipanggang dengan daun pisang. Hal itu membuatnya memiliki rasa khas dan gurih. Selain itu, pempek lenggang juga bisa digoreng.

Pempek Lenggang
Pempek Lenggang via Traveling Yuk

Itulah beberapa jenis pempek Palembang yang bisa kamu coba satu per satu. Jangan lupa membawanya sebagai oleh-oleh juga ya!

Tags
Indonesia kuliner Pempek
Share