Legendaris Sejak 1955, Mie Baso Haji Oding di Ciamis Tetap Laris Manis

Bakso biasanya dipadukan dengan bihun ataupun juga mie kuning. Namun di Ciamis, ada penjual basko yang sangat unik dan sudah melegenda. Memadukan mie gelosor dan juga pentol bakso. Namanya adalah Mie Baso Haji Oding atau yang terkenal juga dengan sebutan Bakso Aga. Ini merupakan salah satu legenda kuliner di Ciamis yang sudah melegenda.

Mie Glosor berasal dari Jawa Barat dan terbuat dari tepung singkong atau aci yang dipadu dengan kunyit. Karena penambahan kunyit inilah, mie gelosor memiliki warna kuning yang terang. Kuliner ini banyak dikonsumsi saat bulan Ramadan. Meskipun begitu, tidak sedikit pula yang mengosumsinya sebagai hidangan untuk menu sehari-hari. Yuk kita bahas lebih lanjut mengenai Mie Baso Haji Oding yang menambahkan mie gelosor sebagai komposisi bahan di dalamnya.

Sudah Melegenda Sejak Tahun 1955

Baso yang melegenda di Ciamis, Via Instagram rahayuu93
Baso yang melegenda di Ciamis, Via Instagram rahayuu93

Mie Baso Haji Oding ini sudah dirintis oleh Haji Oding sejak tahun 1955 yang lalu. Bakso satu ini sangat khas dengan mie gelosornya. Saat ini cabang Mie Bakso Haji Oding sudah cukup banyak di beberapa kota di Tasikmalaya dan Bandung. Karenanya mie gelosor di Haji Oding ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Jadi, jika kamu ingin mencicipi kuliner ini di Ciamis, jangan pikir lama-lama ya.

Menu di Mie Baso Haji Oding

Penggunaan mie gelosor, Via Instagram irnaningtyas
Penggunaan mie gelosor, Via Instagram irnaningtyas

Meskipun memiliki nama Mie Baso Haji Oding, ternyata menu yang ditawarkan di tempat kuliner Ciamis ini juga banyak. Misalnya saja campur (mie gelosor, mie, dan toge), mie baso, golosor baso, baso kosongan, golosor toge baso, bihun baso, dan beberapa aneka minuman yang bisa untuk dipilih. Pilihan menu yang cukup banyak, Teman Traveler bisa mencobanya satu per satu jika sedang berjelajah di Jawa Barat, tepatnya di Ciamis ya.

Lokasi Mie Baso Haji Oding

Tempat Baso H. Oding, Via Instagram renker45
Tempat Baso H. Oding, Via Instagram renker45

Selanjutnya, untuk lokasi dari Mie Baso Haji Oding ini ada di beberapa tempat. Tempat pusatnya berada di Jl. Ir. H. Juanda No. 147 Ciamis. Untuk jam operasionalnya sendiri sekitar pukul 9 pahi hingga 9 malam. Ada beberapa cabang lain yang bisa untuk dikunjungi. Misalnya saja yang berada di Jl. Bkr No. 31, Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya. Dan ada beberapa cabang lainnya yang bisa didatangi.

Bisa dicoba saat jelajah Ciamis, Via Instagram emma08shop
Bisa dicoba saat jelajah Ciamis, Via Instagram emma08shop

Buat Teman Traveler yang berencana untuk berjelajah ke berbagai wisata di Ciamis, jangan lupa mampir ke Mie Baso Haji Oding ini ya. Rasanya nikmat, tekstur mienya kenyal dan unik, bakalan membuat kamu tertarik untuk mencobanya. Jangan lupa mampir ke lokasi satu ini ya. Semoga memuaskan selera makanmu.

Tags
Ciamis Indonesia Jawa Barat mie baso haji oding
Share