Mie Ayam dan Bakso Sempurna, Rasanya Sungguh Istimewa

Entah ada berapa banyak penjual mie ayam di Jogja. Mulai dari pinggir jalan dengan gerobak dorong, hingga varian mewah di rumah-rumah makan. Harganya bervariasi dari kisaran Rp8.000 hingga di atas Rp20.000. Porsinya pun juga bermacam-macam, bahkan ada yang sampai menggunakan mangkok raksasa. Satu yang tak boleh ketinggalan untuk dicoba adalah Mie Ayam dan Bakso Sempurna.

Gerobak Mie Ayam dan Bakso
Gerobak Mie Ayam dan Bakso Sempurna (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Kedai ini berlokasi di Jalan Perumnas, Caturtunggal, Depok, Sleman. Meski nyatanya tak benar-benar sempurna, sajian ini tetap layak dicoba. Penasaran? Yuk, simak ulasannya.

Berjualan Sejak 90-an

Pembuatan Mie Ayam
Pembuatan mie ayam (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Mie Ayam dan Bakso Sempurna dibuat dengan gaya ala Wonogiri. Racikan bumbunya dibuat menggunakan minyak sayur, kulit ayam, ketumbar, lada, bawang putih dan beberapa bahan lainnya. Dijamin hasilkan citarasa unik dan berbeda.

Sejak berjualan mulai 90an, Mie Ayam dan Bakso Sempurna tetap setia mengusung gaya Wonogiri dalam sajiannya. Meski demikian, kuliner ini sepertinya tak cocok untuk Teman Traveler yang menyukai mie dengan rasa tajam. Rasa bumbunya tidak terlalu gurih dan mungkin terkesan hambar bagi yang suka rasa asin.

Harga dan Porsi Pas

Darftar Harga dan Menu
Daftar harga dan menu (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Mie Ayam dan Bakso Sempurna menyediakan beragam varian menu seperti mie ayam biasa, mie ayam bakso spesial, mie ayam bakso jumbo, dan masih banyak lagi. Harganya juga sangat murah, seporsi mie ayam biasa dibandrol Rp9.000.

Porsinya pun tidak berlebihan, pas. Potongan ayamnya juga kecil-kecil, mudah disendok dan dikunyah. Begitu pula dengan ukuran mienya yang tidak terlalu besar.

Satu hal yang membedakan adalah topping-nya. Tak hanya menggunakan ayam dan sayur, namun juga daun bawang. Bahan yang banyak digunakan dalam pembuatan martabak tersebut ditaburkan di atas mie, hingga aroma masakan menjadi lebih menarik. Paduannya dengan aroma khas racikan bumbu terasa pas, dijamin bakal menambah selera makan.

Tak Sempurna Namun Patut Dicoba

Mie Ayam
Semangkuk mie ayam (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Beberapa hal memang membuat Mie Ayam dan Bakso Sempurna menjadi tidak benar-benar sempurna. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mie ini mungkin tidak cocok untuk Teman Traveler yang menyukai rasa tajam. Namun tenang, kalian bisa mengakalinya dengan menambahkan garam, kecap, saus, atau sambal yang sudah disediakan di atas meja.

Mi Ayam dengan Toping Daun Bawang yang melimpah
Mie ayam dengan taburan daun bawang (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Tempat makan di sini juga kecil, sehingga akan cepat penuh terutama pada jam-jam tertentu. Meski demikian, Mie Ayam dan Bakso Sempurna tetap patut dicoba. Agar semakin nikmat, Teman Traveler bisa coba meminta tambahan tetelan atau lemak.

Jika ingin mampir, Teman Traveler bisa langsung meluncur ke Jl Perumnas no 127, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Menu makanan dan minuman di sini dibandrol antara Rp3.000 hingga Rp9.000 saja. Jam operasionalnya antara pukul 09.00 hingga 21.00.

Tags
Indonesia kontributor kuliner Jogja Travelingyuk
Share