Menengok Gunung Marapi, Primadona Para Pendaki

Bagi kalangan pendaki, Gunung Marapi di Sumatera Barat adalah salah satu gunung yang wajib dikunjungi. Pesona tempat wisata ini serasa sayang jika dilewatkan begitu saja. Keindahannya yang ditawarkan merupakan daya tarik utama bagi para pencari estetika alam. Simak ulasan saya dalam menengok Gunung Marapi berikut ini!

Waktu Tempuh 7 Jam

dsc_0356_Azu.JPG
Pemandangan dari Cadas Marapi (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Untuk melakukan pendakian, para wisatawan biasanya memulai dari Pasar Koto Baru yang terletak tidak jauh dari Kota Bukittinggi. Dari sini, perjalanan dilanjutkan ke tempat registrasi sambil menitipkan kendaraan. 

Waktu tempuh menuju Cadas Marapi, spot di gunung yang biasa dipakai untuk berkemah, sekitar 5 sampai 7 jam,tergantung kecepatan para pendaki dan kondisi di lapangan.

Cadas Marapi

100_8397_jqQ.JPG
Cadas Gunung Marapi/ Novia Harlina/ Travelingyuk

Lokasi ini merupakan area utama perkemahan yang aman bagi para pendaki. Meskipun permukaannya tidak semuanya datar, namun banyak titik di sana yang bisa dijadikan untuk mendirikan tenda.

Saat pagi hari tiba, cobalah keluar dari tenda. Kamu akan melihat pemandangan yang luar biasa menakjubkan layaknya negeri di atas awan.

Tugu Abel

pc310208_1C4.JPG
Tugu Abel/Novia Harlina/Travelingyuk

Setelah dari cadas dan beristirahat di sana, perjalanan dilanjutkan menuju puncak Gunung Marapi. Sebelum puncak, pendaki akan menjumpai Tugu Abel Tasman. Tugu tersebut dibangun untuk mengingat salah seorang pendaki yang hilang di gunung itu pada 1992.

Dari Tugu Abel kalian dapat menikmati panorama pemandangan yang sangat luas dan pastinya menyejukkan hati. dan jika kalian beruntung saat cuaca cerah berawan, maka kalian akan merasakan pemandangan samudra awan dari sini.

Puncak Gunung Marapi

marapi_q0r.jpg
Puncak Gunung Marapi via Instagram/yudi_kurniawan6

Sebelum mencapai puncak, kamu akan melewati beberapa kawah. Dinding-dindingnya nan eksotis siap memanjakan matamu. Lelah hingga berjam-jam mendaki akan terobati ketika sampai di sana.

Saran saya, jangan terlalu dekat dengan bibir kawah karena asap belerangnya dapat merusak pernapasan! Jangan lupa, gunakan masker menutup mulut dan hidung.

Jika cuaca cerah, kamu bisa menyaksikan pemandangan perkotaan Bukittinggi yang kecil namun memesona, ditambah hiasan Danau Singkarak Solok. Kalau cuaca berawan, jejeran awan putih lembut akan menghiasi sisi-sisi gunung, membuatmu terkesima dengan pemandangan yang menakjubkan itu.

Taman Edelwis

dscf0543_jnU.JPG
Bunga Edelweis (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Hal unik yang akan ditemukan saat kamu menengok Gunung Marapi adalah taman bunga edelweisnya yang luas. Lokasinya terletak tidak jauh dari puncak Gunung Marapi.

Namun, jika kamu berada di Puncak saat sudah siang, saya sarankan untuk tidak melanjutkan ke taman karena sewaktu-waktu kabut bisa naik dan jarak pandang cukup pendek.

Demikian ulasan singkat tentang gunung penuh keindahan ini. Selamat bertualang, Teman Traveler!

Tags
Gunung Marapi Indonesia kontributor Menengok Gunung Marapi Travelingyuk Wisata
Share