Candi Ratu Boko, Sunset dan Mitosnya Bikin Penasaran

Candi Ratu Boko merupakan salah satu wisata sejarah menarik di Jogjakarta. Jaraknya sekitar tiga kilometer di selatan Candi Prambanan. Selain strukturnya keren, pemandangan senja di sini juga sangat memukau. Yuk, simak ulasan selengkapnya Teman Traveler.

Komplek Ratu Boko

Kompleks Candi Ratu Boko (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Komplek Candi Ratu Boko terletak di Jl. Raya Piyungan – Prambanan no. KM.2, Kabupaten Sleman. Situs purbakala ini buka tiap hari, antara pukul 06.00 hingga 17.00.

Dulunya bangunan ini merupakan istana yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra, sekitar tahun 792 M. Maka tak heran jika gaya arsitekturnya tidak benar-benar menyerupai candi.

Tiket masuk Ratu Boko dibanderol Rp40.000 per orang. Begitu memasuki komplek wisata sejarah ini, Teman Traveler bakal langsung disambut dengan pertunjukan seni musik tradisional, lengkap dengan lantunan lagu Jawa.

Ratu Boko saat gelap (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Pada bagian dalam Teman Traveler akan menemukan candi pembakaran dan sumur suci. Tempat yang disebut terakhir memiliki sumber air yang kerap digunakan untuk keperluan upacara keagamaan. Area sekitarnya dikelilingi hamparan sawah dan sajikan pemandangan indah. Habiskan senja di sini tak bakal bikin kalian menyesal.

Mitos Ratu Boko

Sepasang kekasih berfoto di sekitar Ratu Boko (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Masyarakat Jogja bisa dibilang memiliki kehidupan adat yang cukup kental. Tak heran jika ada banyak mitos menarik untuk digali di Kota Gudeg. Begitu pula dengan Candi Ratu Boko.

Setidaknya ada dua mitos menarik di sini. Pertama bila sepasang kekasih datang berkunjung, mereka diyakini bakal berpisah. Sementara jika yang mampir adalah seorang wanita dan sendirian, ia diyakini bakal sulit menikah. Tapi boleh percaya atau tidak ya Teman Traveler, nyatanya banyak juga muda-mudi berkunjung ke sini.

Sunset Cantik

Sunset di Ratu Boko (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Selain arsitekturnya yang nampak unik dan eksotis, Candi Ratu Boko juga merupakan tempat apik untuk melihat sunset. Tak sedikit pengunjung menyempatkan mampir di sore hari hanya untuk menikmati panorama alam luar biasa tersebut. Jika cuaca sedang bagus, Teman Traveler bakal mendapat panorama sunset yang luar biasa cantik.

Senja di Ratu Boko (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Suasananya bakal sangat romantis, dengan semburat sinar mentari di langit dan hamparan rumput hijau. Benar-benar sayang dilewatkan, apalagi momennya hanya sebentar. Dalam beberapa menit, matahari bakal benar-benar kembali ke peraduan dan langit menjadi gelap.

Spot Foto Menarik

Siluet di Ratu Boko (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Meski hanya tersisa reruntuhan bangunan, komplek Candi Ratu Boko sangat Instagramable lho. Cantiknya panorama senja bikin kawasan ini ideal untuk berfoto siluet. Tak hanya itu, semua sudut candi juga sangat layak diabadikan dalam lensa.

Namun ketika pengunjung sedang ramai, bakal sulit mengambil foto dengan frame luas. Apalagi situs purbakala ini kerap jadi salah satu spot pemotretan favorit di Jogjakarta. Baik untuk foto pribadi, landscape, maupun pre-wedding.

Siluet di Ratu Boko (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Teman Traveler yang menyukai tempat bersejarah dan memburu sunset indah, jangan sampai lewatkan kesempatan berkunjung ke sini. Segera mampir jika sedang liburan di Jogja ya.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share