Masjid Tiban Malang, Wisata Religi Unik nan Istimewa

Dwi Yuniar Saniman

Dwi Yuniar Saniman

On Indonesia
Masjid Tiban Malang Masjid Tiban Malang

Kota Malang sangat dikenal oleh masyarakat sebagai Kota Wisata. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya destinasi wisata Malang mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja hingga wisata religi pun ada di Kota Dingin ini. Seperti Masjid Tiban dikenal sebagai Masjid 1000 pintu, masjid ini sejatinya adalah bagian dari Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Lokasinya ada di Turen, Malang, Jawa Timur. Ponpes yang namanya cukup panjang tersebut memiliki makna ‘Lautan Madu’ atau ‘Fadilah Rohmat’.

Wisata Malang - Masjid Tiban
Tampak depan Masjid Tiban (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Masjid Tiban termasuk salah satu masjid istimewa di Malang dan kerap jadi destinasi wisata religi di Kota Bunga. Penasaran? Yuk, simak ulasannya Teman Traveler.

Masjid Hasil Karya Jin?

Wisata Malang - Masjid Tiban
Masjid Seribu Pintu (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Julukan Masjid Tiban (jatuh dalam Bahasa Jawa-red) diberikan lantaran bangunan megah ini dibangun tanpa sepengetahuan warga sekitar. Desas-desus pun beredar, mengatakan bahwa masjid ini didirikan dengan bantuan jin – hanya dalam waktu semalam.

Namun ketika dikonfirmasi pada ‘orang dalam’, terungkap bahwa pembangunan masjid ini sebenarnya bersifat terbuka. Dikerjakan oleh para santri dan jamaah, sebagai bagian dari komplek pondok pesantren. Bisa dibilang bahwa cerita seputar jin tersebut adalah hoax alias tidak benar.

Bangunan ini dibangun berkat kerja sama para santri dan jamaah, dibantu pula oleh beberapa warga sekitar. Jadi sama sekali tak ada keterlibatan jin atau makhluk halus ya Teman Traveler.

Keindahan Bangunan

Wisata Malang - Masjid Tiban
Tampak megah dari luar (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Ponpes yang menaungi masjid ini mulai ada sejak 1978, diprakarsai oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shalel Al-Mahbub Rahmat Alam atau akrab disapa Romo Kiai Ahma.

Bangunan utama pondok dan masjid terdiri dari 10 lantai. Tingkat pertama hingga empat digunakan para santri dan santriwati untuk berkegiatan. Lantai enam difungsikan sebagai ruang keluarga. Sementara di lantai lima, tujuh, dan delapan terdapat koperasi yang menjual beragam makanan ringan dan peralatan ibadah. Semuanya dikelola oleh para santriwati.

Menarik untuk Anak-anak

Wisata Malang - Masjid Tiban
Tulisan kaligrafi (c) Dwi Saniman/Travelingyuk

Tak hanya unik dan megah, di dalam area ponpes dan Masjid Tiban terdapat sebuah kolam renang plus perahu. Pengunjung anak-anak bisa menumpang perahu tersebut untuk berkeliling melihat pemandangan sekitar.

Di dalam komplek Masjid juga terdapat beberapa satwa menarik seperti kijang, monyet, kelinci, ayam, dan burung. Pastinya akan sangat menarik jika Teman Traveler mengajak buah hati, adik, maupun kemenakan.

Bagaimana, menarik bukan Teman Traveler? Jadi jika kalian sedang jalan-jalan ke Malang dan mencari destinasi wisata menarik bernuansa Islami, bisa coba datang ke Masjid Tiban.