Masjid Cheng Ho Purbalingga, Bukti Akulturasi Budaya Islam dan Tionghoa

Masjid Jami PITI Muhammad Cheng Ho atau yang dikenal dengan Masjid Cheng Ho di Purbalingga, merupakan salah satu tempat ibadah yang bangun oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia. Apa yang membuat bangunan ini begitu berbeda dan spesial? Simak ulasannya berikut ini!

Berhasil Prakarsai Beberapa Masjid Model Serupa

20190826_152723_01_bAn.jpeg
Lampion di atap masjid semakin membuat suasana serasa di Tiongkok (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Masjid ini terinspirasi dari tokoh bernama Muhammad Cheng Ho. Ia  merupakan pelaut dan penjelajah asal Tiongkok yang beragama Islam. dalam perjalanannya, Laksamana Cheng Hoo tidak hanya berdagang tetapi juga melakukan penyebaran agama Islam.

20190826_150017_01_bFt.jpeg
Desain unik Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Nah, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia atau disingkat Komunitas PITI hingga ini telah berhasil memprakarsai berdirinya Masjid Cheng Ho yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Beberapa di antaranya berlokasi di Surabaya, Palembang, hingga di Samarinda.

Desain dan Arsitektur Khas Tiongkok

20190826_150058_01_nwJ.jpeg
Arsitektur masjid berwarna dominan merah disertai huruf-huruf kanji (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Seperti masjid-masjid Muhammad Cheng Ho yang lainnya, bangunan ini juga memiliki desain dan arsitektur yang sangat khas. Berbeda dari masjid pada umumnya yang memiliki atap berupa kubah, Masjid Cheng Ho Purbalingga justru memiliki atap yang menyerupai pagoda segi delapan dan bertingkat-tingkat.

20190826_150350_01_cqc.jpeg
Lafaz ‘Allah’ di tengah-tengah atap masjid (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Warna merah terang dan kuning menjadi warna yang paling dominan, membuat masjid yang beralamat di Desa Selaganggeng, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga ini semakin menyerupai kebanyakan kelenteng di Indonesia. Tidak hanya itu, lampion-lampion yang tergantung di atap masjid juga semakin mengentalkan nuansa khas ala Tiongkok.

Tepat di tengah-tengah langit masjid Teman Traveler dapat menjumpai desain yang unik bertuliskan lafaz ‘Allah’, tulisannya dibuat dengan tarikan garis lurus sehingga nyaris menyerupai huruf-huruf kanji.

20190826_150359_01_gnd.jpeg
Suasana tenang di dalam masjid saat menunggu waktu sholat tiba (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Hadirnya masjid dengan perpaduan desain ala kebudayaan Islam dan Tionghoa ini menjadi salah satu bukti adanya harmonisasi dan akulturasi antar umat beragama sekaligus antar kebudayaan yang berbeda. Tak heran jika Masjid Cheng Ho Purbalingga menjadi salah satu kebanggaan warga.

Destinasi Wisata Religi yang Instagenic

20190826_150313_01_f7F.jpeg
Potret megahnya Masjid Muhammad Cheng Ho (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Saat ini Masjid Cheng Ho Purbalingga menjadi salah satu destinasi wisata religi yang ada di Purbalingga. Letaknya yang berada persis di tepi jalan utama Purbalingga-Bobotsari membuatnya tak pernah sepi dari pengunjung.

20190826_150429_01_SwD.jpeg
Jendela segi delapan yang menjadi spot andalan saat Teman Traveler berfoto di Masjid Cheng Ho (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Baik pengunjung yang merupakan jemaah dari sekitar lokasi maupun para wisatawan yang sengaja menyempatkan sholat di masjid unik satu ini. Tempat ibadah ini kini menjadi landmark wisata religi Purbalingga selain Masjid Agung Darussalam yang berada di kawasan pusat kota.

Wisatawan yang berkunjung ke sini tak pernah lupa untuk mengabadikan moment dalam bingkai foto dan video. Bahkan ada beberapa pasangan yang melakukan sesi foto pre-wedding di kawasan tersebut.

20190826_145958_01_yjH.jpeg
Relief Laksamana Cheng Ho dan armada kapalnya di sisi dinding (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Banyak spot foto menarik yang bisa Teman Traveler jadikan sebagai latar berfoto, seperti jendela segi delapan yang jadi andalan anak hitz saat berfoto, area depan masjid dengan suasana khas Tionkok, atau berfoto di depan relief tokoh sejarah Muhammad Cheng Ho bersama dengan armada kapalnya

Dilengkapi dengan Fasilitas Rest Area

20190826_150124_01_8Wg.jpeg
Rest Area yang menjadi falisitas pelengkap di kawasan Masjid Muhammad Cheng Ho (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Area Masjid Cheng Ho Purbalingga kini telah dilengkapi dengan fasilitas rest area yang cukup luas. Jika Teman Traveler berlibur dengan rombongan dalam jumlah yang banyak, tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari lahan parkir.

Selain itu, di kawasan rest area ini Teman Traveler bisa mencicipi dan membeli oleh-oleh aneka kuliner khas Purbalingga. Bahkan ada juga lho tempat nongkrong dengan desain kafe ala vintage.

Gimana nih Teman Traveler? Tertarik untuk menjajal berwisata religi dan berfoto-foto ria di masjid unik yang satu ini?

Tags
Indonesia Jawa Tengah kontributor masjid cheng ho purbalingga Travelingyuk
Share