Masjid Agung Banyuwangi yang Dihiasi Al Quran Raksasa di Dalamnya

Masjid yang ada di Indonesia, memiliki kelebihan masing-masing yang ditonjolkan. Entah dari kubahnya atau mungkin juga bentuk bangunannya. Tapi, berbeda dengan masjid yang ada di Banyuwangi ini. Tempat ibadah yang bernama Masjid Agung Banyuwangi tersebut menonjolkan kelebihannya dengan Al-Quran raksasa yang ia miliki.

Al Quran yang tidak hanya menjadi pajangan

masjid agung banyuwangi
Digunakan untuk tadarus via instagram/
antara_jatim

Banyak yang mengira jika Al Quran raksasa yang ada di Masjid Agung Banyuwangi ini hanya digunakan untuk pajangan. Ternyata, kitab Agama Islam tersebut dipakai untuk tadarus ketika bulan puasa beberapa waktu lalu. Dikarenakan Al Quran berukuran raksasa, maka yang membaca  berjumlah tujuh orang setiap malam. Ini dilakukan supaya tim pembaca bisa mengkhatamkan Al Quran hingga akhir bulan puasa.

Kitab hanya dikeluarkan dua kali dalam setahun

masjid agung banyuwangi
Dikeluarkan dua kali setahun via instagram/
antara_jatim

Al Quran dengan ukuran yang super besar ini tidak dikeluarkan setiap hari kok. Iwan Aziz, Sekretaris Yayasan Masjid Agung Baiturrahman (MAB) Banyuwangi mengungkapkan jika kitab suci ini dikeluarkan hanya dua kali dalam setahun. Pertama adalah selama Bulan Ramadan. Lalu sisanya yaitu pada Bulan Syaban. Hal ini dilakukan supaya tidak Al Quran bisa tetap awet.

Al Quran sudah ada sejak tahun 2011

masjid agung banyuwangi
Ditulis tangan menggunakan tinta dan kertas dari Jepang via instagram/
masjidagungbwi

Kitab suci ini ternyata sudah ada sejak tahun 2011. Tepatnya pada malam ke 27 di Bulan Ramadan. Alquran berukuran jumbo ini merupakan hibah dari H Abdul Karim, warga Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Ia di sini juga sebagai penulis dari kitab suci tersebut. Uniknya, ia menuliskan Al Quran ini menggunakan tinta dan kertas khusus yang digunakan dari Jepang. Tujuannya ya apalagi supaya tulisan di Al Quran tetap tercetak jelas dan awet sepanjang masa.

Al Quran yang memiliki ukuran 2 x 1.5 meter ini ternyata tidak menjadi pajangan saja. Namun juga dipakai untuk tadarus ketika Bulan Ramadhan dan Syaban tiba. Apa ada yang sudah pernah ke sana sebelumnya?

Tags
Banyuwangi Jawa Timur masjid agung banyuwangi Wisata
Share