Ini Dia Keuntungan Liburan di Bulan Puasa, Penasaran?

Semua pasti girang, nih. Bulan Ramadan ini memiliki banyak tanggal merah. Long weekend pun sudah di depan mata? Punya rencana mau liburan ke mana nih? Jangan sampai puasa membuatmu malas jalan-jalan dan eksplor tempat baru. Jangan salah, ada beberapa keuntungan liburan di bulan puasa yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Apa saja, ya?

1. Jalanan Lengang

Ilustrasi jalan sepi
Ilustrasi jalan sepi via Instagram/@oriflamebenedikte

Mungkin juga tidak sedikit mereka yang malas liburan saat sedang puasa. Nah, hal tersebut lah yang membuat jalanan lengang. Kalau biasanya harus terjebak macet saat menuju tempat wisata, apalagi di akhir pekan. Kali ini kamu dan kendaraan akan meluncur dengan mulusnya. Mumpung masih jauh dari Lebaran, ini waktu yang tepat untuk traveling tipis-tipis. Dengan begini, kamu bisa saja singgah di wisata-wisata sekitar yang berdekatan tanpa takut kehabisan waktu.

2. Hotel Murah

Hotel murah
Hotel murah via Instagram/@zilmizola

Keuntungan liburan di bulan puasa yang lainnya adalah hotel yang murah. Banyak pihak hotel yang berbondong-bondong memberi diskon menarik bagi tamu yang menginap di Bulan Ramadan. Beberapa memberi gratis untuk sahur dan buka. Hotel lainnya pun ada yang menyediakan transport ke masjid terdekat untuk tamunya yang ingin melaksanakan ibadah tarawih. Kapan lagi dapat keistimewaan ini saat menginap di hotel yang sama?

3. Wisata Sepi

Wisata sepi di bulan puasa
Wisata sepi di bulan puasa via Instagram/@melisalalalaa

Serunya lagi, jalan-jalan di bulan puasa membuatmu bisa bermain sepuasnya. Beragam tempat wisata yang biasanya super ramai hingga berdesak-desakan, biasanya akan sepi di bulan Ramadan. Yang biasanya harus antri panjang dulu sebelum foto di spot keren, kali ini pun kamu bisa bergaya sepuasnya. Asyik, banget. Pastikan kamu tidak memilih tempat wisata yang mudah membuatmu kelelahan, ya. Liburan wajib, puasa tetap jalan terus dong.

4. Kampung Ramadan

Kampung Ramadan
Kampung Ramadan via Instagram/@sazlyam

Keuntungan liburan di bulan puasa lainnya adalah bisa berkesempatan berkunjung ke Kampung Ramadan setempat. Salah satu tradisi yang muncul saat menjelang Lebaran adalah banyaknya bazar takjil yang bermunculan. Bisa jajan banyak camilan di satu tempat. Sekalian mencoba beragam kuliner unik, takjil khas setempat yang mungkin hanya muncul sekali dalam setahun. Setuju, kan?

5. Waktu Berjalan Cepat

Waktu berjalan cepat
Waktu berjalan cepat

Diam saja di rumah mungkin tidak akan membuatmu lelah. Namun, waktu pun akan terasa sangat lambat. Daripada cuma noleh ke jam melulu demi menunggu bedug Maghrib, tak ada salahnya mengisi waktu dengan jalan-jalan. Saking senengnya melihat tempat indah, bertemu dengan orang-orang baru, berburu takjil, tidak terasa tiba-tiba saja sudah terdengar Adzan, tandanya untuk berbuka.

Nah, itu tadi beberapa keuntungan liburan di bulan puasa. Jangan salah, menjelang Lebaran semuanya sudah jadi mahal, lho. Yakin nggak mau berangkat sekarang?

Tags
Indonesia Keuntungan liburan di Bulan Puasa tips dan inspirasi
Share