4 Alasan Raja Ampat Jadi Destinasi Wisata Bertaraf Internasional

Jauh sebelum Raja Ampat populer di kalangan wisatawan domestik, para turis telah menjadikan tempat ini sebagai destinasi favoritnya. Pada tahun 2009, Under The Sea, film dokumenter Amerika yang membahas tentang keindahan bawah laut juga menyertakan wilayah perairan Raja Ampat. Memang tak bisa dipungkiri, destinasi ini memiliki seribu pesona alam yang memukau. Tapi apa yang menyebabkan Raja Ampat begitu tersohor hingga mendunia?

1. Memiliki hampir seluruh spesies Karang di dunia

Banyak spot menyelam yang dapat ditemukan di Raja Ampat via instagram/@marischkaprue

Raja Ampat adalah destinasi yang memiliki keindahan bahari yang memukau. Pada wilayah yang secara administratif masuk dalam Provinsi Papua Barat ini kamu dapat menemukan 75% spesies karang yang ada di dunia. Totalnya mencapai sekitar 600 jenis terumbu karang, jumlah tersebut adalah 10 kali lipat dari jumlah spesies terumbu karang di Karibia.

Memiliki ragam spesies terumbu karang yang cukup banyak, via instagram/@milesbelowphotography

2. Fenomena Hantu Laut

Fennomena hantu laut biasa terlihat di sekitar Desa Urbinasopen via instagram/@frogandbean

Jangan khawatir bertemu dengan kapal yang berisi arwah-arwah gentayangan para bajak laut, bukan itu yang dimaksud. Fenomena ini merupakan cahaya dari bawah laut yang muncul setiap bulan Desember di perairan Desa Urbinasopen, di mana sebuah sinar muncul dari laut dan mengitari permukaannya. Pemandangan unik ini hanya berlangsung sekitar 10-20 menit saja.

Perairan Raja Ampat, via instagram/@sanni_urlaub

3. Menyaingi Pulau Phi-phi Thailand

Pulau-pulau yang terbentuk dari batuan karst seperti di Pulau Phi-Phi, via instagram/@violaalmira

Pulau Phi-phi yang berada di Thailand adalah salah satu destinasi wisata yang paling diminati di wilayah Asia. Namun Indonesia tak mau kalah. Lansekap yang ada di Raja Ampat juga memiliki pemandangan yang bersaing. Perairan jernih dengan beragam biota laut dan pulau-pulau batuan karst adalah pemandangan utama yang memikat wisatawan.

Perairan Raja Ampat yang begitu jernih, via instagram/@8elapantrip

4. Spot Memancing yang memiliki ikan unik

Ikan giant trevallrys dapat ditemukan dengan mudah di Raja Ampat, via michaelrisdianto.blogspot.co.id

Bagi penggemar olahraga memancing, perairan Raja Ampat juga dapat menjadi spot yang terbaik. Berbagai macam ikan dari yang biasa hingga berukuran besar dapat ditemukan di sini. Seperti kerapu tikus, giant trevallrys, tenggiri, hingga red bass menunggu untuk dipancing. Tapi ada baiknya di-release lagi ya. Waktu terbaik untuk memancing di perairan Raja Ampat adalah saat awal tahun di mana ombak tidak terlalu besar.

Barakuda di laut Raja Ampat via michaelrisdianto.blogspot.co.id

Dengan potensi seperti itu, wajar jika Raja Ampat menjadi destinasi wisata yang menarik banyak wisatawan. Namun semoga dengan ramainya tempat ini tidak mengakibatkan hal-hal yang negatif seperti banyaknya sampah yang berserakan.

Tags
Indonesia papua barat raja ampat Wisata
Share