3 Manfaat Miliki Asuransi Ketika Akan Bepergian ke Negara Lain

Bepergian atau melancong ke negara lain adalah suatu hal yang banyak diimpikan hampir semua orang di dunia. Dengan datang atau berkunjung ke negara lain, maka selain dapat refreshing all things dari segala kepenatan aktivitas sehari-hari, Anda juga akan mendapatkan pengalaman baru di tempat asing.

Akan tetapi, musibah atau masalah tentunya tidak akan peduli Anda akan pergi atau sudah berada di negara tujuan. Seringkali momen liburan menjadi berantakan dan tidak enak lagi ketika di tengah-tengah kegembiraan itu tiba-tiba ada saja masalah yang mengganggu.

Oleh karenanya, ada salah satu cara yang dapat mengatasi semua itu dengan cepat dan tepat, yaitu asuransi. Dalam hal ini bukan berarti mempromosikan asuransi, melainkan melihat kegunaan asuransi ketika Anda bepergian ke negara lain.

Berikut ini beberapa manfaat Anda memiliki asuransi ketika bepergian atau melancong ke suatu negara asing.

  1. Mendapatkan ganti rugi

Ada kalanya, ketika akan melakukan perjalanan ke negara lain, tiba-tiba Anda harus membatalkannya karena suatu hal, seperti sakit, masalah pekerjaan atau juga karena urusan keluarga yang tidak dapat diganggu gugat dan Anda harus berada di tengah-tengah keluarga segera.

Claim [Image source]
Claim [Image source]
Tentunya, bagi yang tidak memiliki asuransi, maka tiket penerbangan dan segala sesuatu yang terkait dengan acara liburan Anda akan hangus, bukan? Nah, inilah salah satu kegunaan asuransi, yaitu dapat memberikan perlindungan berupa ganti rugi atau memundurkan jadwal pemberangkatan. Akan tetapi, sebelum melakukan perubahan jadwal atau hal lainnya, Anda harus menghubungi perusahaan asuransi yang terkait agar claimnya dapat dicairkan dengan segera.

  1. Mendapatkan perlindungan kesehatan

Seperti halnya musibah atau masalah, sakit juga tidak mau peduli akan segala hal yang telah direncanakan. Jika berada di negara asing dan tiba-tiba Anda mengalami sakit, tentunya akan mahal jika harus berobat dan menggunakan uang sendiri, maka dengan asuransi, hal tersebut dapat teratasi.

Musibah [Image source]
Musibah [Image source]
Memang ada beberapa perusahaan asuransi yang tidak memberikan perlindungan jika sudah berada di luar negara di mana perusahaannya berada, akan tetapi ada pula yang cakupannya sangat luas dan di berbagai negara. Ketika Anda sakit dan memiliki produk asuransi dari perusahaan yang miliki cakupan luas, maka segala biaya dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi tanpa Anda harus mengeluarkan biaya.

  1. Mendapatkan ganti jika barang bawaan hilang

Ada beberapa bandara di dunia yang terkenal sedikit curang dan sering kali ‘menghilangkan’ barang bawaan, baik berupa benda yang berada di dalam kopor atau tas maupun seluruhnya. Oleh karenanya, menjadi satu hal yang sangat menjengkelkan ketika kejadian tersebut dialami sendiri.

Kehilangan bawaan [Image source]
Kehilangan bawaan [Image source]
Oleh karenanya, dengan memiliki asuransi, maka segala macam bentuk kehilangan akan dapat digantikan oleh perusahaan asuransi. Akan tetapi, sebelumnya, Anda harus memberikan rincian barang yang diasuransikan sebelum berangkat kepada pihak asuransi agar perlindungannya akan terus berlaku. Rata-rata perusahaan asuransi tidak akan menerima claim jika barang yang hilang tidak didaftarkan atau tidak ada tertulis dalam kontrak.

Masih menganggap bahwa asuransi adalah ‘momok’ yang menakutkan dan wajib dihindari?

Tags
Asuransi Manfaat asuransi tips traveling
Share