Pantai Trikora di Pulau Bintan Memang Juara!

Advertisement

Ke depan kepopuleran Pulau Bintan bakal menyaingi Pulau Bali. Hal ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan ke pulau ini yang terus meningkat termasuk berbagai resort yang mulai tumbuh subur di beberapa tempat. Pulau Bintan memang punya banyak pantai yang keren, salah satunya adalah Pantai Trikora.

Bersama dengan dua pantai lainnya yaitu Lagoi Bay dan pantai Sakera, Pantai Trikora adalah tujuan wisata favorit baik wisatawan lokal hingga pengunjung internasional. Untuk diketahui bahwa kebanyakan pengunjung yang berlibur di Pulau Bintan berasal dari Singapura. Negara tersebut tercatat sebagai salah satu penyumbang traveler terbesar di Indonesia di bawah Australia.

Pantai Trikora [image source]
Pantai Trikora secara administratif terletak di desa Malang Rapat, kecamatan Gunung Kijang, kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan Riau. Pantai ini berjarak sekitar 45 km ke arah timur dari ibukota provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang. Dengan kata lain butuh waktu sekitar 1-1,5 jam berkendara menuju ke pantai ini.

Pantai Trikora [image source]
Kawasan Pantai Trikora terbagi menjadi empat yang masing-masing disebut dengan Trikora 1,2,3 dan 4. Meski semuanya punya kelebihan masing-masing namun yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Trikora 3 yang lebih populer dikenal dengan nama Pantai Trikot.

Pantai Trikora [image source]
Ada yang unik tentang asal usul pemberian nama pantai ini. Konon Trikora diberikan karena merujuk pada Tri Komando Rakyat yang salah satu isinya mengenai Ganyang Malaysia. Nah saat itu pantai ini menjadi basis pertahanan terluar Indonesia yang memang berada di perbatasan dengan Malaysia.

Pantai Trikora [image source]
Pantai Trikora dikenal dengan keindahan panoramanya. Pantai ini juga memiliki air yang jernih dengan ombak laut yang tenang sehingga cukup aman digunakan bermain, berenang dan snorkeling. Di sepanjang pesisir pantainya yang memanjang sejauh 25 kilometer ini berjajar banyak sekali resor mewah.

Pantai Trikora [image source]
Pantai-pantai yang berada di depan resort tersebut menjadi pantai privat yang mana untuk mengaksesnya traveler perlu check-in dulu ke resort tersebut. Namun untuk backpacker bisa mengunjungi pantai ini di kawasan umum. Di kawasan umum ini terdapat pondok kayu yang disewakan dengan harga yang terjangkau untuk istirahat seharian.

Pantai Trikora [image source]
Fasilitas lain yang tersedia di pantai ini antara lain banana boat, kano, penyewaan pelampung, alat pancing dan juga snorkeling. Jangan lewatkan pula aneka menu kuliner seafood yang dijual di rumah makan yang ada di pesisir pantai. So, tunggu apa lagi ayo kunjungi Pantai Trikora di Pulau Bintan!

Lokasi : Desa Teluk Bakau, Tlk. Bakau,, Gn. Kijang, Kabupaten Bintan

Advertisement
Tags
kepulauan riau Pantai Trikora Pulau Bintan
Share