Kronologi Pesawat Malindo Air Tergelincir, Bandara Sempat Lumpuh!

Kamis (20/6/2019) Maskapai Malindo Air dengan nomor penerbangan OD-301 Boeing 737-800NG tergelincir di landasan Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. Akibat kejadian tersebut, ratusan penumpang Lion Air JT 0950 dari Batam tujuan Bandung dialihkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Begini kronologi Malindo Air Tergelincir selengkapnya;

Kronologi Lengkap Pesawat Malidno Tergelincir

Pesawat Malindo Air yang tergelincir, via Instagram/ayobandung_official
Pesawat Malindo Air yang tergelincir, via Instagram/ayobandung_official

Pesawat Malindo Air yang beregistrasi 9M-LCK itu keluar dari runway excursion atau landasan pacu padaa saat berbelok sebelum lepas landas pada pukul 14.25 WIB. Informasi yang dihimpun oleh tim Travelingyuk, di dalam pesawat yang tergelincir tersebut tedapat 122 orang yang terdiri atas, 114 penumpang dan 8 kru yang tengah bertugas. Namun untung saja semua penumpang dan awak pesawat dinyatakan selamat setelah dilakukan evakuasi.

Bandara Husein Sastranegara Sempat Ditutup

Bandara Husein Sastranegara, via Instagram/orchidtourandtravel
Bandara Husein Sastranegara, via Instagram/orchidtourandtravel

Atas kejadian tersebut, Bandara Husein Sastranegara sempat ditutup sementara dan menyebabkan gangguan terhadap penerbangan. Sementara waktu diberhentikan dahulu penerbangan dari Bandung ataupun keluar Bandung dari Bandara Husein Sastranegara. Dan pesawat yang akan tiba dialihkan ke pendaratannya ke Bandara Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta.

Penyebab Kejadian Masih Diselidiki

Kondisi pesawat, via Instagram/wartabpn
Kondisi pesawat, via Instagram/wartabpn

Sampai saat ini, masih dicari tahu penyebab kejadian tersebut. Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bonang Banyuaji menyebutkan jika penyelidikan masih dilakukan mengenai penyebab tergelincirnya pesawat tersebut. Seluruh awak pesawat langsung menjalani tes urine, termasuk pilot dan kru lainnya.

Pernah Kejadian Serupa dengan Malindo Air

Ilustrasi Malindo Air akan berangkat, via Shutterstock
Ilustrasi Malindo Air akan berangkat, via Shutterstock

Tidak hanya sekali ini saja kejadian Malindo Air tergelincir. Pada April 2018 yang lalu, pesawat Boeing 737 dengan 139 orang di dalamnya tergelincir saat akan lepas landas dari Bandara Internasional Tribhuvan, Kathmandu. Tidak ada korban namun penerbangan dari bandara terseut dialihkan sementara dilakukan usaha untuk mengevakuasi pesawat yang terjebak di dalam lumpur.

Sekarang pesawat Malindo Air yang tergelincir sudah dievakuasi, penerbangan sudah lancar terkendali. Buat kamu yang melakukan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, sudah lancar kembali ya.

Tags
Malindo Air Malindo Air Tergelincir Pesawat tergelincir
Share