Makanan Ringan Khas Istanbul yang Tak Boleh Dilewatkan

Advertisement

Kemanapun kita bepergian, rasanya tak pantas untuk melewatkan kudapan khas daerah yang kita kunjungi, misalnya pergi ke Kota Gudeg, sayang sekali jika tak mencoba kuliner khas Jogja, misalnya. Kali ini mari kita mencicipi makanan ringan yang mudah ditemukan di Istanbul. Makanan khas Istanbul ini pun dijual dengan harga yang tidak mahal, yaitu mulai TL 1. Mari kita lihat makanan ringan di Istanbul apa saja yang bisa dicicipi kelezatannya berdasarkan pada pengalaman Prisca Lohuis, kontributor Travelingyuk.

1. Jagung Rebus dan Bakar

Penjual jagung (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Penjual jagung (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Penjual jagung sangat mudah ditemukan di Istanbul. Mereka banyak menjajakan jagungnya di sekitar kota tua, Istanbul. Tapi jangan khawatir karena mereka ada dimana-mana. Jagung ini bisa dimakan sebagai pengganjal perut sementara. Ada dua pilihan yaitu direbus atau dibakar. Biasanya penjual akan menawarkan untuk menambahkan garam atau tidak diatas jagungnya. Harga untuk jagung rebus hanya TL 1 sedangkan jagung bakar TL 1,5 – TL 2. Sangat murah sekali
kan?

2. Kestane

Kestane, Via Instagram fotokaradeniz
Kestane, Via Instagram fotokaradeniz

Makanan lain yang dijual bersamaan dengan jagung adalah kestane. Kacang ini dijual dengan ukuran biasanya 200 gram atau 500 gram. Harga untuk 200 gram sekitar TL 10. Kestane ini biasanya dibakar, dan biasanya tidak bisa menjual yang mentah atau tanpa dibakar.

3. Baklava

Baklava (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Baklava (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Pernah mendengar tentang baklava? Baklava adalah kudapan manis khas Turki. Dijual di hampir semua tempat yang menjual makanan, biasanya dimakan sebagai hidangan penutup. Harganya pun tak lebih dari TL 10. Cocok dimakan sebagai pendamping teh Turki yang spesial.

4. Simit

Simit dan kopi Turki (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Simit dan kopi Turki (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Roti ini berbentuk seperti donat yang besar dan keras. Orang Turki biasa memakannya sebagai cemilan. Simit terkenal sebagai kudapan kuno orang Turki. Bisa didapatkan dengan harga sekitar TL 1– L 3 saja. Kopi khas Turki bisa menjadi pilihan pendamping simit.

5. Sandwich Ikan atau Balik Ekmek

Sandwich ikan atau Balik Ekmek, Via Instagram lida.gazzetta
Sandwich ikan atau Balik Ekmek, Via Instagram lida.gazzetta

Bisa ditemukan dengan mudah di sepanjang jalan di Istanbul terutama di pinggiran Bosporus. Harganya mulai TL 6. Biasanya menggunakan tuna sebagai isian wajib sandwich ini. Namun jika tidak menginginkan tuna, bisa juga diganti dengan ayam atau isian lainnya. Terdapat pula perasan lemon dalam botol yang diletakkan di setiap meja apabila ingin menambah cita rasa asam untuk sandwich.

6. Stuffed Mussels atau Remis Isi

Remis isi (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Remis isi (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Makanan ringan ini bisa dibeli satuan atau per porsi. Remis ini berisi nasi yang sudah dimasak khusus. Rasa nasinya cenderung seperti nasi goreng. Biasanya dijual bersamaan di kedai yang menjual kebab. Harga per porsinya sekitar TL 20. Selalu disajikan bersamaan dengan lemon untuk menambah cita rasa remis. Jika membelinya per satuan, penjual akan membantu menambah lemon ke remis tersebut dan kita bisa memakannya sambil berdiri didepan penjualnya.

Jadi jangan lewatkan untuk mencicipi makanan ringan khas Istanbul yang sudah disebutkan di atas ya. Selamat jalan-jalan di Istanbul, perut kenyang, jalan-jalan pun senang.

Advertisement
Tags
kuliner Turki makanan ringan khas Turki Turki
Share