4 Lotek Legendaris di Bandung, Cita Rasa Istimewa yang Tak Terbendung

Siapa yang tak kenal dengan lotek? Makanan khas Jawa Barat ini memiliki rasa spesial dari bumbu kacangnya. Tak hanya itu, menu ini juga menyehatkan karena menggunakan aneka sayur yang kaya akan serat. Berbicara mengenai lotek, Kota Kembang bisa menjadi salah satu surganya. Yap, tidak hanya terkenal enak, tapi juga melegenda. Seperti di lotek legendaris yang jadi kuliner Bandung berikut.

1. Lotek Kalipah Apo

Lotek Kalipah Apo 42
Lotek Kalipah Apo 42 via instagram/@foodgallerybdg

Jalan Kalipah Apo merupakan kawasan toko perabotan dengan aneka makanan legendaris di Bandung. Selain es goyobod dan lomie 61, ada satu lagi kedai yang tak pernah gagal membuat lidah terus bergoyang. Apalagi kalau bukan Lotek Kalipah Apo di Jalan Kalipah Apo No. 42. Tempat makan yang berjualan sejak tahun 1953 ini memiliki rasa spesial dengan bumbu kacang yang banyak. Hingga artikel ini ditulis, harganya sekitar Rp19.000 per porsi.

2. Lotek Alkateri

Lotek Alkateri
Lotek Alkateri via instagram/@hlz_is

Berikutnya adalah lotek di Jalan Alkateri. Sajian istimewa ini sudah ada sejak tahun 1988 dan masih difavoritkan banyak orang. Seporsinya terdiri dari aneka sayuran yang biasa disajikan bersama dan ketupat serta kerupuk. Keunikan yang membuatnya dicari banyak orang adalah alas makannya. Bukan piring, melainkan kertas minyak yang dibentuk seperti kerucut. Tak perlu khawatir, porsi di sini banyak banget.

3. Lotek Tjihapit

Lotek Tjihapit
Lotek Tjihapit via instagram/@gabi_xu

Di Jalan Cihapit No.6, Bandung Wetan, ada juga lotek yang terkenal enak. Namanya Tjihapit yang merupakan salah satu lotek legendaris di Bandung. Tempat makan ini kabarnya sudah buka sejak tahun 1970-an dengan menu andalan yang tak berubah rasanya. Untuk mendapatkan menu lotek spesial yang rasanya melegenda ini, Teman Traveler harus masuk ke gang kecil di kawasan Pasar Cihapit. Jika jam makan siang, semua bangku terisi penuh. Jadi, sebaiknya datang di jam-jam sepi. Selain lotek, warung ini juga menyediakan menu nasi rames yang tak kalah nendang rasanya.

4. Lotek Macan

Lotek Macan
Lotek Macan via instagram/@yummiyellow

Tempat terakhir yang juga terkenal sebagai lotek legendaris di Bandung ada di Jalan Macan. Namanya Lotek Macan yang konon sudah ada sejak tahun 1956. Awalnya pemilik warung ini berjualan di Jalan Kalipahapo, tapi tahun 70-an diusir karena pemilik kontrakan. Siapa sangka hal tersebut membuat perubahan besar di warung lotek ini. Tempat baru yang digunakan mendapatkan pengunjung cukup banyak. Selain strategis, rasa loteknya memang juara. Teman Traveler juga bisa mencobanya.

Nah, itulah lotek legendaris di Bandung yang rasanya sudah melegenda. Bagaimana, ngiler kan lihat foto-fotonya di atas?

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kuliner bandung
Share