Wisata Kuliner Bandung Paling Recommended karena Kelezatannya

febri rama

febri rama

On Kuliner

Jika soal rasa yang mantap dan gurih, kuliner Bandung itu juara banget. Kamu jangan cuma lirik-lirik pemandangan bening dan bagus saja waktu berkunjung ke Kota Kembang. Wajib tuh mencicipi setiap kuliner yang jadi andalan dan primadona. Travelingyuk telah memilihkan beberapa lokasi yang sudah terjamin rasanya, semuanya enak-enak. Tidak percaya? Simak ulasan di bawah ini, hati-hati ngiler ya waktu lihat fotonya.

Tempat berburu makanan enak di Bandung yang terfavorit

1. Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu Gempol [via]

Kupat Tahu Gempol ini adalah salah satu makanan yang cukup legendaris di Bandung. Pertama kali muncul sekitar tahun 1975 dan hingga saat ini tetap eksis menjajakan kuliner tahu yang begitu khas. Sajian yang dihidangkan berupa tahu dan kupat berbumbu. Lokasinya ada di pasar gempol. Meski berada di tempat yang sederhana, tapi warung kupat tahu itu selalu ramai pengunjung. Jika kamu berniat menikmati kuliner Bandung tersebut, datang saja ke Jalan Gempol Kulon No. 53, Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Roti Gempol

Roti Gempol [via]

Jika berbicara tentang kupat tahu, rasanya kurang lengkap jika tidak menyinggung soal Roti Gempol juga. Lokasinya sama-sama di Pasar Gempol tidak begitu jauh dari penjual kupat tahu yang telah dijelaskan sebelumnya. Menu utamanya adalah olahan roti berbagai rasa, Ada juga minuman sebagai sandingkan agar kulineranmu semakin mantap. Untuk harganya cukup bervariasi, tergantung jenis dan ukurannya yaitu mulai dari Rp7.000,00 hingga Rp55.000,00. Lokasi Roti Gempol ada di Jalan Gempol Wetan No. 14, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung. 

3. Sop Kaki Kambing M. Syam

Sop Kaki Kambing [via]

Sop Kaki Kambing sebenarnya adalah makan khas Jakarta. Namun karena kelezatannya, banyak yang menjual menu tersebut di berbagai daerah, termasuk Bandung. Datang saja ke Jalan Banceuy No.76, Sumur Bandung di sana kamu akan menemukan sebuah warung tenda dengan tulisan Sop Kaki kambing M. Syam. Rasa enak dari hidangan berkolestrol tersebut membuat namanya jadi terkenal di seantero Bandung bahkan sampai ke luar daerah. Kamu juga diperbolehkan memilih sendiri bagian-bagian kambing yang akan disantap seperti daging, lidah, mata, otak, kaki, tulang rawan dan lain sebagainya.

4. Bubur Otong

Bubur Otong [via]

Bubur Otong atau lengkapnya adalah Bubur Pak Otong adalah kuliner yang unik dan beda dari menu serupa kebanyakan. Kamu tidak akan menemukan kerupuk dan juga kecap manis. Jadi lebih mirip bubur khas Tionghoa. Meski begitu, suwiran daging ayamnya cukup banyak lengkap dengan toping yang lain seperti irisan cakue dan ati ampela. Satu porsi saja, sudah cukup membuatmu kenyang. Letak warung Bubur Otong ini ada di  Jalan Jendral Sudirman No. 451, Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. 

5. Nasi Goreng Bistik Sapi

Nasi Goreng Bistik [via]

Nasi goreng dipadukan dengan bistik sapi adalah ide cemerlang dalam sajian kuliner. Buktinya, banyak datang untuk menyantap menu tersebut. Kelezatan yang menggoda itu pertama kali dikenalkan sejak beberapa tahun silam oleh Warung Nasi Goreng Bistik Astana Anyar. Harganya cukup terjangkau dan lokasinya juga gampang ditemukan karena berada di Jalan Astana Anyar 264, Bandung. Buka dari pukul 5 sore hingga tengah malam.

6. Bebek Ali

Bebek Goreng Ali [via]

Bebek Ali atau Bebek Borromeus ini bisa dipastikan akan menggoyang lidahmu dengan kelembutan dagingnya dan rasa yang mantap. Makin enak lagi jika kamu menyantapnya dengan hidangan sambal dan menu pelengkap lain. Letak Warung Bebek Ali ini terdapat di Jalan Hasanudin No. 8, Bandung dengan harga sepotongnya skitar Rp15.000,00. Bukanya mulai dari pukul 17.00 WIB hingga tengah malam.

7. Gudeg Bu Ratna

Gudeg [via]

Kata siapa gudeg yang enak-enak itu cuma ada di Jogja. Bandung juga punya penjual gudeg yang populer dengan menu super mantap tidak kalah deh dari daerah asalnya. Harganya terjangkau dan tidak ugal-ugalan loh. Kamu bisa  puas dengan rasa enak dan kenyang hanya dengan satu porsi nasi gudeg Bu Ratna. Harga yang dipatok misalnya untuk menu nasi gudeg spesial adalah Rp22.000,00. Ada pilihan lain dengan harga yang lebih murah. Lokasi Gudeg Bu Ratna ini ada di Jl. Rais No. 26A, Pasirkaliki, Cicendo, Kota Bandung.

8. Warung 97

Nasi Uduk Cinta [via]

Warung 97 dikenal juga dengan nama nasi uduk cinta. Makan di sini bisa membuat kamu langsung jatuh cinta loh. Tentu bukan pada penjualnya ya, tapi pada rasa dari hidangannya. Menu Warung 97 cukup beragam terdapat ati ampela, sate usus, pecel lele, nasi uduk, hingga ayam bakar madu yang menjadi andalan. Letak Warung 97 ada di Jl. Dr. Rajiman No.97, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung. 

9. Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang [via]

Batagor adalah salah satu kuliner khas Bandung yang terkenal serta ada di mana-mana. Dari mulai Jakarta hingga Surabaya, banyak memiliki penjual batagor. Memang sih rasanya yang lezat dengan bumbu mantapnya, batagor selalu bisa jadi santapan saat sedang jenuh atau asyik bareng teman-teman. Salah satu yang paling enak di Bandung adalah Batagor Hanjuang di Jalan Astina (belakang Istana Plaza). Batagor sendiri adalah kependekan dari istilah BAso TAhu GOReng.

10. Soto Sulung Cilaki

Soto Sulung [via]

Soto Sulung merupakan makanan khas yang juga sudah terkenal  di Nusantara. Mantapnya selagi masih hangat di tengah-tengah udara Bandung yang dingin pasti nikmat sekali. Makanya datang saja ke Jalan Cilaki kamu akan menghadapi berbagai hidangan dan pilihan menu soto. Ada soto daging tulang, soto daging, soto daging usus, dan masih banyak yang lainnya. Untuk satu porsinya kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 18 ribu.

11. Bakso Malang Cipaganti

Bakso Malang [via]

Jadinya, bakso ini ada di Malang atau Cipaganti ya? Jawabannya tentu adalah Cipaganti, namun rasa khas Malang ada di setiap porsi bakso yang disajikan oleh warung kuliner di Jalan Dr. Djunjunan No. 126 – 128 , Cipaganti tersebut. Rasanya sungguh mantap mulai dari kuah hingga pentolnya. Menu pelengkap seperti tahu dan lain sebagainya juga enak-enak. Dengan satu porsi bakso andalan Cipaganti itu, kamu pasti puas dan kenyang.

12. Sate Anggrek

Sate Anggrek [via]

Sate Anggrek ini terkenal karena keunikan cara memanggang. Sekali panggang saja, bisa menghabiskan 100 tusuk sate. Kebayang kan bagaimana asap mengepul membawa aroma khas sate ke seantero Bandung? Jika kamu kebetulan lewat do  Jl. Anggrek No.35, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, sebaiknya mampir ke warung sate Anggrek. Hanya dengan biaya sekitar Rp15,000,00 hingga Rp20.000,00, kamu sudah bisa menikmati satu porsi sate rasa mantap. 

13. Bakmi Gang Luna

Bakmi Gang Luna [via]

Disebut begitu karena letaknya ada di Gang Luna. Tepatnya di kawasan Jamika, Bojongloa Kaler, Kota Bandung. Berada di sebuah bangunan yang tidak terlalu besar, tapi meja-mejanya selalu dipenuhi oleh pengunjung setiap harinya. Dari beberapa tahun yang lalu, kuliner yang bernama asli Bakmi Lezat itu sudah terkenal menyuguhkan menu yang enak, hingga sekarang para pelanggannya tidak pernah lari karena memang racikan bumbu untuk bakminya begitu melekat di hati.

14. Roti Bakar 234

Roti Bakar 234 [via]

Roti bakar 234 adalah destinasi wisata kuliner yang legendaris di Bandung. Dirintis sekitar tahun 1958 dan hingga saat ini tetap mempertahankan cara pembuatan yang tradisional. Sebelum menggunakan nama Roti Bakar 234, sebutannya adalah Roti Bakar 555. Pergantian nama itu disesuaikan dengan merek roti sebagai bahan dasarnya. Soal cara pembuatan, warung yang berada di Gang Kote Jalan Jenderal Soedirman itu menggunakan bara dari arang. Rasanya begitu unik dan khas.

15. Lotek Kalipah

Lotek Bandung [via]

Lotek itu adalah makanan yang mirip dengan gado-gado yaitu sayuran yang direbus kemudian disiram dengan ulegan bumbu kacang. Rasanya juga mantap dan enak. Lotek yang terkenal di bandung adalah di Warung kalipah. Jika kamu ingin mencicipinya, datang saja sekitar pukul 09.00 hingga 16.00. Karena saat malam hari, warung tersebut tutup. Lokasinya ada di Jl. Kalipah Apo No. 42, Panjunan Astana Anyar Bandung.

16. Bubur Gibas

Bubur Gibas [via]

Mojang dan jejaka Bandung pasti tahu dong jika mencari kuliner berupa bubur itu tidak sulit. Namun yang rasanya enak itu tidak semuanya. Dari sekian banyak, yang sudah terkenal dengan rasa lezatnya adalah kedai bubur Gibas. Kamu bukan hanya mendapatkan bubur, tapi juga suwiran ayam yang banyak banget. Kamu bisa menemukan Bubur Gibas di Jalan Kebon Jati atau di depan Rumah Sakit Kebon Jati, Bandung.

17. Batagor H. Isan

Batagor Isan [via]

Batagir H.Isan ini adalah salah satu pelopor batagor di Bandung. Dan sejak beberapa tahun yang lalu hingga saat ini, kualitas rasanya tetap mantap. Kamu bisa menikmati hidangan kuliner khas Bandung itu di Jl. Lodaya no. 57, dekat dengan kawasan Palasari yaitu pasar buku dan berbagai bunga. Selain batagor, ada juga menu lain yang tidak kalah enak yaitu Mie Yamin dengan rasa manis dan asin.

18. Batagor Darto

Batagor Darto [via]

Batagor Darto adalah  warung batagor yang telah muncul sejak era 80an. Bahkan ada kisah yang menyatakan jika dua minggu sebelum Nike Ardilla tewas kecelakaan, ia sempat menyantap hidangan batagor Darto ini. Selain rasanya yang enak, ternyata harganya juga murah meriah. Per potongnya, kamu cukup membayar Rp. 2,500 saja. Untuk lokasinya, batagor Darto ada di Simpang Dago no. 20 Bandung.

19. Batagor Burangrang

Batagor Burangrang [via]

Batagor di sini memiliki keunikan tersendiri yaitu pada bagian bentuknya. Kamu akan menyantap batagor yang bulat-bulat. Rasanya jadi semakin enak dengan siraman bumbu yang lezat khas Bandung. Inovasi yang dilakukan oleh pemiliknya sukses membuat batagor bulat yang dikenal sebagai batagor Burangrang itu jadi terkenal. Karena rasanya terjamin, maka harga yang dipatok juga mahal. Untuk membuktikan seperti apa rasanya. Kunjungi warung batagor itu di Jalan Burangrang No. 7 Bandung.

20. Batagor Kingsley

Batagor Kingsley [via]

Batagor Kingsley juga cukup mumpuni soal sajian batagor yang enak. Beberapa menu yang paling difavoritkan para pengunjung selain batagor adalah bakso tahu kuah dan siomay. Kamu bisa membawa menunya untuk dijadikan oleh-oleh. Batagor Kingsley akan digoreng terlebih dahulu setengah matang. Baru deh sampai rumah, kamu goreng lagi. Letak warung batagor yang tenar tersebut ada di Jalan Veteran No. 25 Bandung.

21. Cireng

Cireng [via]

Cireng merupakan kuliner Bandung yang begitu khas, pas banget untuk teman ngobrol bareng sahabat atau keluarga. Sebenarnya, sebutan cireng adalah kependekan dari aci di goreng atau dalam Bahasa Indonesia adalah adonan tepung kanji di goreng. Rasanya itu gurih dan renyah, sejak tahun 80an, camilan dengan harga yang murah meriah di Bandung ini sudah cukup terkenal. kamu bisa menemukan penjual cireng di berbagai tempat karena jumlahnya banyak.

22. Siomay

Siomay [via]

Siomay ini bentuknya bisa berbeda-beda di berbagai tempat. Kalau di Bandung, siomay biasanya disajikan dengan siraman bumbu kacang lengkap dengan bahan lain seperti telur, kentang rebus, pare dan lain sebagainya. Salah satu tempat kulineran Bandung yang menyuguhkan menu andalan berupa siomay adalah warung Mahmud yang terletak di Jl. Banda Bawah No. 7 Bandung (Perempatan Jl. Belitung).

23. Pueyeum

Pueyeum [via]

Sekilas makanan khas Bandung ini mirip dengan tape. Padahal, jika kamu teliti lagi teksturnya berbeda. Itu karena cara pembuatannya juga berbeda. Alhasil, kamu akan menemukan pueyeum dengan rasa mantap dan lebih kering dari tape. Paling pas jika kamu menyantapnya dengan tambahan coklat atau keju.

24. Cimol

Cimol [via]

Cimol ini seperti cireng karena sama-sama menggunakan tepung kanji sebagai bahan dasarnya. Hanya saja, ukuran cimol itu lebih kecil dan biasanya diberi berbagai bumbu seperti pedas, manis, bbq, balado dan lain sebagainya. Karena rasanya yang gurih bercampur bumbu, maka cimol banyak disukai oleh berbagai kalangan, tidak hanya anak kecil tapi juga orang dewasa.

25. Mie Kocok

Mie Kocok [via]

Jangan samakan mie kocok dengan menu khas Bandung lain seperti mie ayam ya. Karena baik rasanya maupun teksturnya itu beda. Mie Kocok memiliki kuah yang kental dengan aroma segar menggugah selera. Selain itu, dalam satu porsinya ada mie gepeng, tauge, dan kikil sapi. Penjual mie kocok juga banyak tersebar di berbagai sudut Kota Bandung. Salah satunya adalah Mie Persib di Jalan Ahmad Yani Bandung, di sebut begitu karena letaknya tepat berada di depan mess Persib Bandung.

26. Es Lilin

Es Lilin [via]

Yang satu ini akan mengingatkan kita pada masa-masa duduk di bangku sekolah dasar dulu. Es lilin adalah sajian kuliner Bandung yang berbentuk es dengan potongan memanjang. Terdiri dari berbagai macam rasa. Harganya dari dulu hingga sekarang tetap murah kok. Jika kamu ingin bernostalgia dengan es lilin yang segar, bisa datang ke Kedai Aneka Rasa di Jl. Cikawao No.39, Paledang, Lengkong, Kota Bandung. Di sana ada banyak pilihan es lilin yang enak-enak.
Alamat: Jalanan sekitar Kota Bandung

27. Combro

Combro [via]

Combro adalah makanan populer di Jawa Barat. Dibuat dari parutan singkong dan dibentuk bulat-bulat dengan isian berupa sambal oncom. Kemudian, bulatan-bulatan itu digoreng hingga kering. Konon sebutan itu berasal dari istilah oncom di jero. Dalam Bahasa Indonesia berarti oncom di dalam. Kamu bisa menemukan salah satu jenis lauk itu di warung-warung makan Bandung.
Alamat: Jalanan sekitar Kota Bandung

28. Surabi

Surabi [via]

Surabi adalah camilan yang populer di mana-mana, tapi menjadi salah satu menu khas Bandung. Jika dilihat, sekilas seperti pancake. Namun cara membuatnya itu beda, Surabi dibakar di atas tungku. Itulah yang membuat rasanya jadi begitu mantap. Ada beberapa tempat terkenal yang menjual menu tersebut misalnya saja Surabi Imut di Jalan Setiabudi dan Radja Surabi di Jl. Pluto Raya No. 1 Margahayu Raya.

29. Gepuk

Gepuk [via]

Gepuk merupakan makanan Bandung yang cara pembuatannya cukup unik. Bahan dasarnya adalah daging sapi yang direbus dan dipukul-pukul hingga lembut. Kemudian dimasak dengan bumbu rempah-rempah sehingga rasanya bisa meresap sampai ke dalam-dalamnya. Penjual gepuk legendaris di bandung yang masih eksis hingga saat ini adalah Warung Ny. Ong di JL. Pasir Kaliki no.96, Kota Bandung.

30. Colenak

Colenak [via]

Colenak adalah singkatan dari istilah Cocol Enak yang digunakan sebagai nama sebuah makanan di Bandung. Kabarnya, Colenak ini sudah ada sejak tahun 30an. Bahannya adalah poeyeum yang dibakar kemudian ditambah dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Kamu bisa menemukan rasa yang original di Warung Colenak Murdi Putra. Tempat ini ada di Jl. Ahmad Yani No.733, Cicaheum, Kiaracondong, Kota Bandung.

31. Bandros

Badros [via]

Bandros adalah kuliner Bandung yang sangat sederhana, tapi rasanya sangat nikmat. Adonan badros terbuat dari santan kelapa dan tepung terigu yang diaduk dengan sempurna. Kadang diberi sedikit parutan kelapa muda agar rasanya lebih gurih. Dalam penyajian, badros di cetak dengan cetakan pukis tapi kecil dengan toping beraneka ragam. Badros bisa didapatkan di hampir semua sudut kota Bandung.

Itulah kuliner Bandung yang enak-enak, melihatnya saja nggak akan langsung membuat kamu puas. Yuk segera ke sana dan membuktikan sendiri seperti apa kelezatannya.