Lontong Kupang Bu Wito, Nikmatnya Olahan Kerang Kecil di Surabaya Sejak 1980-an

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Lontong Kupang Bu Wito Lontong Kupang Bu Wito

Lontong kupang atau kupang lontong adalah kuliner khas Jawa Timur. Khususnya ada di daerah seperti halnya Surabaya, Malang, Sidoarjo, dan Pasuruan. Bahan utama kuliner ini adalah kerang kecil yang ukurannya sebesar biji beras ataupun biji kedelai. Saat ke Kota Pahlawan, mampirlah ke Lontong Kupang Bu Wito yang legendaris sejak 1980-an. Apa istimewanya, ya?

Lontong Kupang Bu Wito yang Telah Ada Sejak 1980-an

Lontong Kupang legendaris, via Instagram/surabayafoodies
Lontong Kupang legendaris, via Instagram/surabayafoodies

Lontong Kupang Bu Wito sudah berjualan sejak tahun 1980-an. Ini merupakan salah satu yang paling mudah ditemukan di Kota Pahlawan. Nama kuliner Surabaya ini berasal dari penjualnya yakni Ibu Wito. Banyak orang merekomendasikan tempat satu ini jika ingin menyantap seporsi kupang lontong yang nikmat.

Lokasi yang sederhana, via Instagram/enry_phang
Lokasi yang sederhana, via Instagram/enry_phang

Lokasinya bukan ruko mewah ataupun restoran, hanya tempat yang sederhana. Meskipun begitu, tak menghalangi para pengujung untuk mencoba racikan kupang lontong satu ini. Alamat lengkapnya berada di Jl. Tenggilis Mejoyo, Surabaya Timur. Tepatnya berada di seberang Apartemen Metropolis. Bukanya mulai dari jam 09:30 hingga 16:00 WIB.

Seporsi Kenikmatan Lontong Kupang Bu Wito

Ukuran sate kerang yang cukup besar, via Instagram/santiwuli78
Ukuran sate kerang yang cukup besar, via Instagram/santiwuli78

Sekilas, tampilan lontong kupang di sini tidak jauh beda dengan yang lainnya, namun rasanya boleh diadu, ya. Seporsinya akan ada lontong dan siraman kupang yang melimpah. Tambah sate kerang juga semakin mantap.

Sate kerangnya memiliki ukuran yang cukup besar. Untuk rasa lontongnya, petisnya terasa dan kamu bisa minta tambahan bawang putih supaya citarasanya makin segar dan terasa.

Harga Lontong Kupang Bu Wito yang Terjangkau

Harga yang murah meriah, via Instagram/e_ndro
Harga yang murah meriah, via Instagram/e_ndro

Lontong kupang di tempat makan Surabaya ini sangat terjangkau. Satu porsinya dipatok Rp10.000 saja. Sate kerangnya hanya Rp1.000 satu tusuk. Terjangkau sekali, bukan? Di tempat ini juga menawarkan es degan. Ini juga upaya pencegahan dan jaga-jaga jika ada pelanggan yang merasa alergi dengan kupang. Es degannya juga terjangkau, hanya Rp5.000.

Harganya murah dan citarasanya benar-benar bikin tergoda untuk mencoba. Maka dari itulah jika jalan-jalan ke Surabaya, tempat makan satu ini perlu dicoba. Bagaimana, ada yang sudah pernah mencicipinya?