Habiskan Liburan Akhir Tahun di Malang Raya, Ini 5 Wisata Andalannya

Sudah menentukan mau menghabiskan akhir tahun di mana, Teman Traveler? Nah, buat kalian yang mau menikmati refreshing penuh kesan, Travelingyuk sajikan 5 tempat wisata untuk habiskan liburan akhir tahun di Malang Raya. Ragam destinasi alam dan kulinernya mampu memikat para pelancong dari berbagai wilayah di Indonesia dan dunia.

1. Kawasan Tugu Malang

Kawasan Tugu dan Balaikota Malang via Shutterstock

Siapa yang tidak kenal dengan ikon Kota Malang yang satu ini? Berdiri sejak zaman penjajahan Belanda, bangunan Tugu ini beberapa kali mengalami renovasi, khususnya saat dibom tentara semasa perang.

Biasanya, ketika malam tahun baru tiba, warga Malang berbondong-bondong mendatangi bundaran ini untuk berkumpul bersama dan melihat atraksi kembang api. Tak jarang event akhir tahun juga diadakan di sini, salah satunya di Hotel Tugu Malang.

2. Alun-Alun Wisata Kota Batu

Image may contain: 1 person, night, shoes and outdoor
Alun-Alun Batu via Instagram/@innaslevine

Tidak lengkap ke Batu kalau belum mengunjungi alun-alunnya. Destinasi wisata yang satu ini awalnya hanya berupa alun-alun biasa pada umumnya. Setelah direstorasi besar-besaran sekitar tahun 2010-an dengan menambahkan bianglala dan ornamen-ornamen estetik, lokasi ini jadi booming dan mengundang banyak wisatawan.

Setiap malam tahun baru, kompleks Alun-Alun Batu akan ditutup untuk kendaraan roda dua dan empat. Masyarakat akan membanjiri jalanan dan bersiap menanti bergantinya tahun. Setelah itu, kembang api beraneka rupa dan warna akan diluncurkan dan bikin momen tersebut takkan terlupakan.

3. Kawasan Wisata Bromo Tengger Semeru

Image may contain: sky, mountain, night and nature
Kawasan Bromo Tengger Semeru via Instagram/thijspetersphoto

Destinasi wisata yang satu ini sangat pas buat Teman Traveler yang ingin menghabiskan liburan akhir tahun di Malang Raya. Kawasan ini akan dipadati wisatawan yang berburu sunrise pertama di tahun baru. Selagi menanti datangnya hari, kalian akan mendengar suara letupan kembang api yang datang dari pedesaan dan kota di dekat sana.

4. Taman Rekreasi Selecta

Image may contain: tree, outdoor and nature
Taman Rekreasi Selecta via Instagram/tamanrekreasiselecta

Terletak sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Batu, Taman Rekreasi Selecta sudah dijadikan destinasi liburan favorit bagi keluarga dan teman-teman sebaya. Salah satu daya tarik utama dari kawasan ini adalah taman bunganya yang cantik dan memikat dengan aneka warna. Selain itu juga ada wahana lainnya seperti flying fox, arena kuda khusus anak 5 tahun ke atas, playground, skybike, hingga kiddie ride.

5. Paralayang

Image may contain: one or more people, mountain, sky, cloud, outdoor and nature
Paralayang via Instagram/ahmed25_al.ali

Kawasan wisata yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan apabila berkunjung ke Kota Batu. Di sini, Teman Traveler bisa melihat hamparan perkotaan dan gunung-gunung yang menghiasi sisi kiri dan kanan pemukiman penduduk.

Suasana akan semakin romantis jika malam tiba. Lampu perkotaan akan nampak indah dan berkelap-kelip layaknya hiasan cantik. Kalian juga bisa melihat kembang api saling berlomba memancarkan letupan terbaiknya di saat malam tahun baru tiba.

Itulah tadi sederet pilihan destinasi wisata untuk habiskan liburan akhir tahun di Malang Raya. Apakah Teman Traveler sudah memiliki rencana perjalanan sendiri? Yuk, bagikan bersama kami!

Tags
Indonesia Jawa Timur Liburan Akhir Tahun liburan akhir tahun di malang raya Malang malang Raya Wisata
Share