Lebaran di Jogja, Sempatkan Wisata ke 7 Tempat Ciamik Ini

Libur lebaran memang asyik jika diisi dengan menjelajah keindahan alam atau seru-seruan di tempat wisata. Nah, bagi Teman Traveler yang lebaran di Jogja, sudah terbayang hendak jalan-jalan ke mana?

Kota Gudeg punya banyak tempat wisata yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Jika Teman Traveler masih bingung menentukan pilihan, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja yang bisa jadi inspirasi kalian.

Candi Ijo

Candi tertinggi di Jogja (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Wisata ke Prambanan atau Ratu Boko mungkin sudah mainstream ya. Jika ingin sesuatu yang beda, Teman Traveler bisa mampir ke Candi Ijo. Bangunan kuno ini terletak di ketinggian sekitar 425 meter di atas permukaan laut, menjadikannya sebagai candi tertinggi Jogja.

Dari sini Teman Traveler bisa puas melihat pemandangan Jogja, mulai dari pemukiman warga, Gunung Merapi, hingga Bandara Adisutjipto terlihat jelas. Destinasi ini masuk wilayah Dukuh Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman,

Terlepas dari namanya, Candi Ijo tidak benar-benar berwarna hijau. Sebutan tersebut diberikan lantaran di sekitarnya terdapat bukit dengan hamparan rumput hijau. Memasuki sore, kawasann ini akan dipadati pengunjung yang ingin menyaksikan sunset. Oh ya, tiket masuk tempat ini cukup terjangkau, sebesar Rp5.000 saja.

Sungai Mudal

Menikmati segarnya Sungai Mudal (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Ingin mengademkan hati dan pikiran, Sungai Mudal bisa jadi alternatif tepat. Wisata sungai dengan air jernih ini berada di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Perairannya memang tampak menawan dengan corak biru terang.

Selain bermain air, di sini Teman Traveler juga bisa coba serunya flying fox atau jalan-jalan keliling Taman Anggrek. Jika ingin menyatu dengan alam, cobalah berkemah di area camping ground.

Wisata Sungai Mudal juga dilengkapi gazebo untuk bersantai, warung makan, musholla, dan kamar mandi. Tiket masuknya cukup terjangkau, hanya Rp6.000. Begitu pula dengan tarif parkirnya, motor Rp2.000 dan mobil Rp3.000.

Jika berencana liburan ke sini, jangan lupa membawa pakaian ganti. Sayang sekali jika Teman Traveler sudah jauh-jauh ke sini namun tak coba menyegarkan diri di sungai.   

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Destinasi lain yang bisa bikin adem adalah Luweng Sampang. Air terjun satu ini dihimpit dinding batu kapur yang mengagumkan. Dalam bahasa Jawa, Luweng berarti lubang. Memang jika dilihat dari atas, air terjun ini menyerupai lubang dengan aliran air tak terlalu deras.

Luweng Sampang berada di wilayah Sampang, Gedang Sari, Gunungkidul. Meski belum dikelola sepenuhnya, destinasi ini tawarkan sejumlah spot foto apik dengan nuansa alami. Untuk masuk sini Teman Traveler cukup bayar tiket seharga Rp2.000 saja. Sementara itu, tarif parkirnya dibanderol Rp5.000.

Gunung Ireng

Gunung Ireng yang menawan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Gunung Ireng adalah destinasi menarik lain di Gunungkidul. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari Jogja atau bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar satu jam. Lokasinya ada di Dusun Srumbung, Pengkok, Patuk, Gunungkidul.

Wisata alam satu ini tawarkan pemandangan memesona. Cukup bayar tiket masuk Rp5.000, Teman Traveler sudah bisa nikmati bentang alam Jogja dari ketinggian sepuasnya.

Tempat ini cocok dijadikan pilihan destinasi wisata bersama keluarga, apalag pengunjung juga bisa kemping dan sambil menanti sunrise maupun sunset. Terkadang lapisan kabut di sekitar sini cukup tebal, terutama di pagi hari. Jika itu terjadi, Teman Traveler akan serasa bagai di negeri atas awan.

Pantai Watu Kodok

Salah satu sudut Pantai Watu Kodok (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Jogja bisa dibilang merupakan surganya pantai. Sepanjang Kabupaten Gunungkidul, Bantul, hingga Kulon Progo terdapat deretan pantai indah. Oleh karena itu tak lengkap mudik ke Jogja tanpa menyempatkan diri berkunjung ke salah satunya.

Pantai Watu Kodok di Gunungkidul bisa jadi salah satu alternatif. Lokasinya ada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul. Ada hamparan pasir putih dengan garis pantai cukup panjang, cocok buat Teman Traveler yang ingin kemping.

Pantai ini juga sediakan fasilitas lain seperti gazebo, warung makan, kamar mandi, dan area parkir memadai. Letaknya pun tak jauh dari Pantai Baron dan Sepanjang. Jadi selepas dari kedua destinasi tersebut Teman Traveler bisa langsung mampir ke Watu Kodok.

Sindu Kesuma Edupark

Bianglala Sindu Kesuma Edupark (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Jika Teman Travaler ingin menghabiskan liburan dengan menjajal berbagai wahana seru dan menantang, Sindu Kesuma Edupark bisa dipertimbangkan. Lokasinya ada di Jalan Jambon, Sinduadi, Sleman.

Mereka buka tiap hari, mulai pukul 09.30 hingga 23.00. Tarif masuknya bervariasi. Tiket terusan dewasa dikenai biaya Rp70.000, sementara tiket terusan anak Rp50.000. Untuk masuk area Festival Light, pengunjung dewasa dan anak-anak wajib membayar tiket masing-masing Rp100.000 dan Rp80.000.

Begitu tiket terusan di tangan, Teman Traveler bisa menjajal berbagai wahana seperti kursi terbang, bianglala, komedi putar, sepeda terbang, cinema 8D, hingga 4D rider sepuasnya.

Infinity World

Crystal Waterfall Room (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Wisata menarik lain yang patut dikunjungi yakni Infinity World. Wisata selfie ini ada di Mall Sleman City Hall, berlamat di Jalan Magelang, Denggung, Tridadi, Sleman.

Tempat yang tawarkan aneka spot foto menarik ini buka mengikuti jam operasional mall, antara pukul 10.00 hingga 21.30. Ketika weekday, tiket dewasa dibanderol Rp40.000, sedangkan anak Rp20.000. Sementara saat weekend, tiket dewasa dipatok Rp50.000 dan anak Rp30.000.

Teman Traveler bisa foto sepuasnya di aneka spot mengagumkan seperti Crystal Waterfall, lampion, pool, crazy climbing, dan masih banyak lagi. Oh ya, sebelum datang siapkan memori kamera ya. Dijamin kalian akan mendapat seabreg foto menarik di sini.      

Menikmati sunset di Candi Ijo (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi deretan destinasi di atas saat sedang habiskan libur lebaran di Jogja? Selamat liburan Teman Traveler.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share