Luweng Sampang, Pesona Grand Canyon-nya Indonesia

Jogjakarta seolah tak pernah bosan menyajikan tempat wisata keren bagi para pelancong. Tak heran Kota Gudeg biasa jadi salah destinasi favorit selama musim liburan. Bagi yang tertarik dengan wisata alam, salah satu yang cukup direkomendasikan adalah Air Terjun Luweng Sampang.

Air terjun Luweng Sampang berada di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Saking indahnya, banyak yang memberi julukan Grand Canyon Indonesia. Hal tersebut karena di sekitar lokasi wisata terdapat dinding bebatuan kapur. Penasaran dengan keindahan destinasi ini? Simak penuturan kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia, berikut ini.

Air Berwarna Hijau nan Memukau

Pemandangan alam menambah eksotis air terjun Luweng Sampang via Instagram eira_arie4321
Pemandangan alam menambah eksotis air terjun Luweng Sampang via Instagram eira_arie4321

Tidak hanya ada satu, ada dua air terjun cantik siap menyambut pengunjung di lokasi ini. Luweng Sampang sendiri hanya berketinggian lima meter, dengan debit air lumayan rendah. Pesona memikat lain dari air terjun ini adalah airnya yang berwarna hijau kebiruan. Namun hal ini dipengaruhi oleh debet air hujan setempat.

Asal Usul Nama Luweng Sampang

Grand Canyon ala kota Jogja via Instagram joeluluk
Grand Canyon ala kota Jogja via Instagram joeluluk

Penamaan Luweng Sampang oleh warga sekitar bukanlah tanpa alasan. Luweng dalam bahasa Jawa berarti Lubang, sedangkan Sampang merupakan lokasi keberadaan air terjun. Nama tersebut lantas terinspirasi dari tampilan air terjun, yang jika dilihat dari atas tampak seperti lubang.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun

Keindahan air terjun Luweng Sampang via Instagram haryosetyadi
Keindahan air terjun Luweng Sampang via Instagram haryosetyadi

Air terjun keren ini berada di Desa Sampang, Gedang Sari, Gunung Kidul. Perjalanan menuju sana cukup mudah. Bagi yang berangkat dari arah pusat kota Jogja, tinggal meluncur ke Jl Solo menuju pertigaan ke Gantiwarno.

Dari situ perjalanan bisa dilanjutkan langsung menuju arah Desa Jogoprayan, terus ke Desa Sampang. Selanjutnya tinggal ikuti jalan utama yang ke arah pertigaan Nglipar. Dari situ Air Terjun Luweng Sampang sudah bisa terlihat.

Warna air hijau kebiruan menjadi daya tarik tersendiri via Instagram yugo_ss
Warna air hijau kebiruan menjadi daya tarik tersendiri via Instagram yugo_ss

Namun jika masih bingung, bisa memanfaatkan aplikasi Maps agar tidak tersesat. Alternatif lain adalah dengan menggunakan jasa guide. Mereka bakal siap mengantar pengunjung hingga sampai ke lokasi.

Tiket Masuk dan Fasilitas yang Tersedia

Air Terjun Luweng Sampang
Air Terjun Luweng Sampang via Instagram shurya_dani

Lantaran belum ada pihak yang mengelola, pengunjung sama sekali tidak ditarik tiket untuk masuk ke sini. Fasilitas di sekitar air terjun juga belum tersedia, sehingga pengunjung sebaiknya membawa perbekalan sendiri. Air Terjun Luweng Sampang masih relatif asing di kalangan wisatawan, sehingga pengunjung bisa puas bermain di sini.

Tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang? Cus, ajak teman-teman dan sahabat untuk menjamah Grand Canyon-nya Indonesia satu ini. Tapi tetap jaga kebersihan tempat wisata yang kalian datangi, jangan membuang sampah sembarangan ya.

Tags
Jogjakarta Wisata
Share