Langkah Rencanakan Liburan dengan Tepat, Traveler Cerdas Wajib Catat!

Ananta Fitri

Ananta Fitri

On Indonesia
Langkah Rencanakan liburan Langkah Rencanakan liburan

Banyak hal yang membuat liburan berkesan. Salah satunya perjalanan sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Untuk membuat itinerary bukanlah hal yang mudah. Butuh riset panjang, baik budget ataupun destinasi tujuan. Masih bingung? Berikut langkah rencanakan liburan dengan tepat versi Kontributor Travelingyuk, Ananta Fitri. Catat ya.

1. Tentukan Destinasi Tujuan yang Tepat

Pilih destinasi tujuan
Pilih destinasi tujuan via shutterstock.com

Salah satu yang dilupakan banyak orang adalah asal datang ke suatu tempat tanpa ada rencana matang. Cara instan asal pergi ini mungkin cukup efektif jika liburan dalam kota, tapi tidak jika ke luar daerah bahkan ke luar negeri. Hal ini mengakibatkan liburan berantakan. Jadi, sebelum memutuskan berangkat, tentukan dulu destinasi tujuan. Pilih kota yang akan dikunjungi, berapa hari di sana, dan tentukan pula akan ke tempat wisata apa saja. Hal tersebut juga dapat membuat Teman Traveler terbantu ketika sampai di lokasi.

2. Bermalam di Hotel dengan Destinasi Tujuan

Setelah menentukan tujuan liburan. Pastinya cek akomodasi untuk ke sana. Tidak hanya naik apa, tapi juga tempat bermalam. Teman Traveler juga bisa mengatur budget, sesuai dengan keinginan dan juga kantong. Mau yang murah meriah atau menguras kantong, itu adalah selera. Namun, pastikan pilihan tempat bermalam tidak jauh dari tempat wisata. Hal ini dapat membuat Teman Traveler lebih hemat untuk transportasi selama liburan.

3. Atur Jadwal Selama Liburan

Atur Jadwal Selama Liburan (c)Ananta Fitri/Travelingyuk
Atur Jadwal Selama Liburan (c)Ananta Fitri/Travelingyuk

Langkah rencanakan liburan berikutnya adalah atur jadwal selama ada di tempat tujuan. Jika tujuan liburan hanya untuk staycation, Teman Traveler hanya perlu menyiapkan jadwal untuk makan di luar. Nah, bisa juga mendaftar sejumlah kafe atau restoran yang dekat. Hal ini agar tidak membuat waktu di jalan. Namun, jika memang berniat untuk berkunjung ke suatu tempat, pastikan kalian punya rencana cadangan. Jika tempat tujuan tutup atau pulang sebelum waktunya, Teman Traveler masih bisa menjelajah tempat lain yang tak jauh dari tempat bermalam.

4. Hindari Barang Bawaan Tak Penting

Flat lay Barang Bawaan Saat Liburan
Flat lay Barang Bawaan Saat Liburan via shutterstock.com

Baik liburan kilat atau liburan panjang, sebaiknya usahakan hanya membawa barang-barang yang penting saja. Jangan berlebihan karena juga akan menambah beban. Jika ingin lebih nyaman lagi, bawalah tas ransel. Bawa pula tas kecil sebagai tempat barang-barang penting mulai dari surat berharga, handphone, peta (jika diperlukan), dompet, dan  buku catatan. Nah, untuk buku ini bisa diisi dengan informasi destinasi tujuan. Kalau Teman Traveler ingin liburan sekaligus review tempat yang didatangi, maka jangan lupa bawa buku kecil untuk menulis informasi penting maupun bahan yang akan ditulis.

5. Maksimalkan Gadget dan Internet Selama Liburan

Bagi beberapa orang, liburan tentu tak hanya asal liburan. Mereka juga akan mengabadikan moment-moment tertentu. Untuk itu jangan lupakan yang namanya kamera. Kamu bisa memanfaatkan kamera digital dan smartphone. Selain itu, pastikan koneksi internet selalu lancar. Jika memungkinkan gunakan dua provider berbeda. Jadi, jika salah satu tidak mendukung, bisa memakai lainnya.

Itulah beberapa langkah rencanakan liburan yang tepat sebelum berangkat. Nah, setelah sampai, jangan lupa pula untuk menghargai adat dan istiadat di destinasi tujuan Teman Traveler. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan. Juga, sempatkan untuk bersosialisasi dengan penduduk lokal. Selamat berlibur!