Pintar Memilih Tas Ransel, Liburan Tetap Fit dan Badan Anti Pegal

Memilih tas ransel untuk kegiatan backpacker, tidak boleh asal-asalan. Jika sampai salah menentukan ransel yang dibeli, salah satu akibatnya punggung bisa pegal-pegal. Liburan yang harusnya menyenangkan, bisa jadi bikin sakit sebadan-badan. Nggak mau, kan? Nah! Berikut ini beberapa tips memilih tas ransel yang ideal untuk dipakai backpackeran. Apa saja kira-kira? Sudah idealkan ransel Teman Traveler semua?

1. Pilih Kapasitas Berdasar Kebutuhan

Pilih Tas Ransel Sesuai Kebutuhan
Pilih Tas Ransel Sesuai Kebutuhan via Instagram/tas_sale88

Kriteria pertama yang harus diperhatikan Teman Traveler saat akan membeli ransel adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Apakah ransel tersebut dibeli untuk bepergian jauh selama beberapa hari, naik gunung atau sekadar jalan-jalan keliling kota satu harian. Jika sudah menentukan, pilih kapasitasnya yang sesuai. Jika tidak, ini bisa memengaruhi banyaknya barang yang akan dibawa oleh Teman Traveler.

2. Pilih Bahan yang Ringan Namun Kuat

Pilih Bahan yang Ringan Namun Kuat
Pilih Bahan yang Ringan Namun Kuat via Instagram/taskeren.id

Memilih tas ransel yang ideal untuk backpackeran, Teman Traveler juga harus memerhatikan bahan yang digunakan. Pilih ransel dengan bahan ringan namun kuat dengan serat yang rapat. Raba juga permukaannya, pilih yang licin karena ia akan cenderung ringan. Selain itu, ransel dengan kriteria bahan tersebut akan lebih tahan terhadap paparan air. Teman Traveler tentu tak ingin kan, bawa ransel yang tanpa diisi apa-apa sudah berat?

3. Pilih yang Sesuai dengan Panjang Torso Tubuh

Pilih yang Panjangnya Sesuai dengan Torso Tubuh
Pilih yang Panjangnya Sesuai dengan Torso Tubuh via Instagram/oneboxshop

Singkirkan pendapat bahwa semakin besar backpack, semakin baik karena ia bisa menampung lebih banyak barang. Sampai-sampai lupa memerhatikan dan mempertimbangkan ukuran badan sendiri. Padahal, mengukur panjang ransel dengan torso tubuh akan lebih nyaman untuk dipakai.

Cara mengukur torso tubuh, cukup sederhana. Teman Traveler bisa mengukurnya sendiri menggunakan meteran. Ukur panjang dari benjolan tulang di bagian pangkal leher sampai pangkal tulang pinggul. Ransel yang memenuhi aturan standar, pasti menyediakan aneka ukuran, mulai dari XS yang panjangnya 35-39 cm, sampai dengan ukuran L yang panjangnya 50-54 cm.

4. Pilih Tali Pundak dengan Bantalan yang Lebar

Pilih Backpack dengan Bantalan Pundak yang Lebar
Pilih Backpack dengan Bantalan Pundak yang Lebar via Instagram/julesman.boutique

Kriteria lain harus Teman Traveler pertimbangkan saat memilih tas ransel adalah tali pundak dengan bantalan yang besar. Backpack dengan kelebihan ini akan menjaga pundak Teman Traveler agar tetap nyaman selama menggendong barang bawaan di belakang. Tidak ada lagi istilah sakit atau perih karena tali pundak yang keras dan kaku.

5. Pilih Ransel dengan Sabuk Dada dan Perut

Pilih Backpack dengan Sabuk di Dada dan Perut
Pilih Backpack dengan Sabuk di Dada dan Perut via Instagram/eigerstore.cibitung

Model backpack, belakangan semakin beragam. Semakin berinovasi dengan fitur-fitur tambahan yang menguntungkan. Salah satunya adalah sabuk di bagian dada dan perut. Memilih tas ransel dengan tipe seperti itu, beban bawaan tidak hanya akan tertumpu pada pundak. Sehingga, pundak tidak akan mudah lelah.

Memilih tas ransel ideal bagi Teman Traveler yang hobi sekali backpackeran, menjadi satu kebutuhan yang harus diperhatikan. Backpack yang tepat dan berkualitas, akan menunjang kegiatan selama liburan. Tidak akan ada lagi pegal yang berlebihan. Bagaimana, pakah tas ransel Teman Traveler sudah ideal?

Tags
backpacker Indonesia tas backpack tas ransel tips tips dan inspirasi
Share