Ini 10 Jajanan Unik di Festival Kesenian Yogyakarta, Wajib Coba!

Jogja memang tak ada henti-henti menunjukkan keistimewaannya pada warga dan juga wisatawan yang datang. Tak hanya kota yang memesona dengan keraton dan juga Malioboro, daerah kabupaten Gunung Kidul juga tak kalah memukau. Diselenggarakan tanggal 27 Juli -13 Agustus 2017, Festival Kesenian Yogyakarta menyuguhkan pentas yang diisi oleh 25 kelompok dari berbagai kecamatan. Sudah pasti, di acara seperti ini akan ada banyak jajanan yang bisa kamu santap. Ini 10 kuliner yang wajib kamu coba. Sudah siap?

1. Kalau biasanya asem hanya dibuat untuk campuran bumbu, di Festival Kesenian Yogyakarta kamu akan menemukan yang berbeda. Asem Jawa Squash, siap nih menemani kamu berkeliling festival dengan kesegaran yang nyata. 

Asem Jawa Squash
Asem Jawa Squash [image source]
2. Selain asem, ada juga durian squash yang bisa kamu coba. Untuk yang kangen buah yang satu ini tapi bekum sempat makan, minuman ini bisa menjadi solusinya. Anti mabuk duren, deh.

Squash Durian
Squash Durian [image source]
3. Kalau squash kurang nendang, tak perlu khawatir. Di Festival Kesenian Yogyakarta ini kamu juga akan menemukan Summer Durian, semacam es teler dengan campuran daging buah durian yang nikmat tiada tara. Yakin tak mau coba?

Summer Durian
Summer Durian [image source]
IG: Summer Durian

4. Kuliner unik lainnya yang wajib dicoba adalah Mie Ayam Dabudabu. Mie dengan kuah sedap, tak lupa juga sawinya ini akan disajikan dengan sambal dabu-dabu khas Manado yang terbuat dari campuran nanas. Sudah terbayang segarnya? Nyam!

Mie Ayam Dabudabu
Mie Ayam Dabudabu [image source]
IG: Mie Ayam Dabudabu

5. Meski Kerak Telor merupakan kuliner asli Jakarta, namun memiliki banyak penggemar di Jogja. Jadi, pecinta makanan ini tak perlu jauh-jauh ke ibukota kalau sedang ngindam. Buruan ke Festival Kesenian Yogyakarta dan santap seporsinya. Selamat menikmati!

Kerak Telor
Kerak Telor [image source]
6. Cheese lover mana suaranya? Nah, kalau mengaku doyan banget dengan keju, wajib jalan-jalan dan jajan kuliner di acara yang digelar di Jl. Parangtritis Km 5,5 Yogyakarta. Salah satunya adalah Say Cheese, kejunya yang berlimpah akan menyenangkan lidahmu.

Say Cheese
Say Cheese [image source]
IG: Say Cheese

7. Selain itu, ada juga Dek Demplon yang juga menyuguhkan enaknya makaroni yang bercampur dengan keju. Coba juga Bala-Bala Setan buat kamu yang doyan banget dengan jajanan pedas.

Dek Demplon Mac + CheeseDek Demplon Mac + Cheese [image source]

8. Jangan mengaku suka dengan yang pedas-pedas sebelum mencoba Indomie Geprek Sinyo. Kamu bisa request cabe sesuai dengan kemampuanmu. Indomiemu akan disajikan langsung di bungkusnya. Jangan lupa buang sampahmu pada tempatnya, ya.

Indomie Geprek Sinyo
Indomie Geprek Sinyo [image source]
9. Dari festival-festival sebelumnya, stand Sate Telur selalu ramai. Tahun ini, jajanan satu ini kembali mendatangkan pengunjung yang kangen dengan rasanya. Kamu termasuk salah satunya?

Sate Telur di FKY
Sate Telur di FKY [image source]
10. Jangan ketinggalan mencicipi berbagai gorengan yang hangat, lengkap dengan cabai hijaunya. Nah, kalau biasanya penganan jenis ini cocoknya dinikmati dengan es teh, kali ini coba beli Es Thailand, deh. Nggak akan nyesel!

Es Thailand
Es Thailand [image source]
Festival Kesenian Yogyakarta

Lokasi: Planet Pyramid, Jl. Parangtritis Km.5,5 Jogjakarta

Pukul: 13:00 – 22:00 (27 Juli – 13 Agustus 2017)

Tak hanya makanan, acara ini juga diramaikan oleh acara sastra, workshop, dan lain-lain. Rugi banget kalau nggak datang. Bagaimana, jadi makin penasaran, kan?

Tags
festival kesenian yogyakarta Indonesia Jogja kuliner
Share