Kuliner Tradisional Langka di Nusantara, Hanya Ada Saat Bulan Ramadhan

Ramadan sudah tiba, nih. Selain suasana penuh rahmat, ritual sahur dan buka puasa bersama keluarga dan teman juga ditunggu-tunggu. Tak hanya itu, kuliner tradisional langka yang hanya muncul saat Ramadan adalah hal yang selalu dinanti. Jika sedang berkunjung ke daerah-daerah tertentu, jangan lupa untuk berburu makanan yang hanya ada setahun sekali tersebut. Apa saja contohnya?

1. Sate Susu di Bali

Sate susu Bali
Sate susu Bali via Instagram/@dhaneeeeee

Bali memang memiliki banyak daya tarik. Selain alam yang luar biasa indah, makanan di Pulau Dewata ini juga memiliki cita rasa unik yang bikin kangen. Salah satunya adalah sate susu, yaitu yang dibuat dari puting sapi yang diberi bumbu khusus sebelum dibakar. Kuliner ini hanya ada di bulan puasa. Kamu bisa menemukan sate susu di Kampung Jawa di Bali, yaitu di kawasan Masjid Baiturrahmah, Desa Wonosari, Denpasar.

Sate susu di Bali
Sate susu di Bali via Instagram/@dhaneeeeee

2. Kicak di Jogja

Kuliner Tradisional Langka, Kicak di Jogja
Kuliner Tradisional Langka, Kicak di Jogja via Instagram/@galuhirawati

Kuliner tradisional langka yang hanya muncul di Ramadan lainnya adalah Kicak. Jika menghabiskan waktu dia Jogja, sayang jika tak berburu Kicak, yaitu makanan yang dibuat dari beras ketan. Jajanan ini disajikan dengan parutan kelapa di atasnya dan ditambah potongan buah nangka sebagai toppingnya. Untuk mencarinya, datang saja ke daerah Kauman, Jogja, tempat Kicak berasal.

Kicak Jogja
Kicak Jogja via Instagram/@yuni_setyasih

3. Gulai Siput di Riau

Kuliner Tradisional Langka, Gulai Siput
Kuliner Tradisional Langka, Gulai Siput via Instagram/@zazathevogue

Berbeda lagi dengan Riau, provinsi satu ini memiliki sajian yang ditunggu-tunggu saat menjelang Lebarang, yaitu Gulai Siput. Seperti namanya, makanan ini menggunakan siput sebagai bahan utamanya. Bumbu yang digunakan menggunakan banyak rempah, dengan kuah kuning yang terasa sangat sedap. Sayang rasanya jika sekali saja tak berbuka puasa dengan menu khas Riau yang hanya muncul setahun sekali ini.

Gulai Siput di Riau
Gulai Siput di Riau via Instagram/@mettie_bakes

4. Sotong Pangkong di Pontianak

Sotong pangkong
Sotong pangkong via Instagram/@trisnaindonesia

Satu lagi kuliner tradisional langka yang hanya ada saat menjelang Lebaran, yaitu Sotong Pangkong. Ini merupakan kuliner khas yang bisa kamu temukan di Pontianak. Sotong Pangkong adalah cumi kering yang kemudian dipanggang di atas tungku. Saat dipanggang, cumi dipukul-pukul hingga pipih. Cara penyajian sotong ini bisa dinikmati dengan sambal kuah kacang, bisa juga disantap dengan sambal ebi yang gurih pedas. Yakin tak ingin mencobanya?

Sotong pangkong di Pontianak
Sotong pangkong di Pontianak via Instagram/@arahdotcom

Ternyata ada banyak juga kuliner tradisional yang hanya muncul musiman, bikin kangen saja, ya. Bagaimana, kudapan mana nih yang paling kamu tunggu-tunggu?

Tags
hanya ramadan Indonesia kuliner kuliner langka
Share