Kuliner Tradisional dari Rusia, Yuk Tambah Pengetahuanmu!

Jika berbicara tentang jelajah kuliner, negara mana nih yang terpikir oleh Teman Traveler? Selain Jepang dengan sushi, Italia dengan pastanya, ternyata Rusia juga memiliki banyak sekali kuliner tradisional yang bisa dicoba. Citarasanya tentu saja berbeda dengan kebanyakan kuliner tradisional Indonesia ya. Yuk cek apa saja kuliner tradisional dari Rusia yang bisa dijajal kenikmatannya.

Borscht

Sup buah bit, via Shutterstock
Sup buah bit, via Shutterstock

Makanan yang pertama adalah borscht, sup yang terbuat dari buah bit. Jika memanfaatkan resep kuno, bukan buah bit yang digunakan, melainkan daun dan akar dari tanaman yang bernama Hercleum sphondylium yang berasal dari padang rumput basah Slavia.

Sekarang sudah diolah memanfaatkan buah bit dengan tambahan wortel, bawang, kentang, dan juga tomat. Biasanya, orang-orang Rusia akan menambahkan roti kecil bernama pampushka.

Solyanka

Solyanka, via Shutterstock
Solyanka, via Shutterstock

Kemudian ada lagi namanya solyanka yang merupakan sup kental yang terbuat dari banyak bahan di dalamnya. Ada banyak daging yang termasuk sosis, bacon, daging sapi dan macam sayuran misalnya saja kol, wortel, bawang, serta kentang. Biasanya akan ada tambahan acar cincang dan diberi tambahan lemon tradisional yang menyumbang rasa asam. Biasanya resep ini juga dibuat dari ikan dan acar mentimun.

Ukha

Seafood ala Rusia, via Shutterstock
Seafood ala Rusia, via Shutterstock

Jika Teman Traveler ingin mencicipi seafood di Rusian, bisa mencoba ukha ya. Ini merupakan sup ikan dengan kaldu bening. Sementara itu untuk bahan ikannya sendiri, bisa datang dari beragam jenis. Msalnya saja ikan lele, salmon, dan lain-lain. Biasanya akan ada tambahan sayur seperti halnya kentang, wortel, irisan daun seledri dan lain-lain.

Pelmeni

Seafood ala Rusia, via Shutterstock
Seafood ala Rusia, via Shutterstock

Sekilas saja kamu bisa menebak jenis kuliner apa pelmeni. Yakni Russian dumpling yang bentuknya memang mirip dengan pangsit pada umumnya. Awalnya memang berasal dari Siberia yang diadaptasi dari Cina. Nah, isi dari pelmeni ini antara lain daging cincang dan daun bawang. Tidak hanya itu saja, variasanya sekarang juga sudah banyak, ada isi berupa daging dan, jamur, dan sayur mayur. Bagaimana menurutmu, apakah kamu mau mencobanya?

Blini

Blini khas Rusia, via Shutterstock
Blini khas Rusia, via Shutterstock

Kemudian ada yang namanya blini. Pancake khas Rusia yang biasanya disajikan dengan mentega, kaviar, quak, dan beberapa hiasan lainnya. Kuliner tradisional dari Rusia yang menggiurkan bukan? Buat kamu yang suka dengan olahan ini, jangan lupa mencicipinya jika sedang eksplor wisata Rusia.

Itulah kuliner tradisional khas Rusia yang bisa kamu coba saat jalan-jalan ke sana. Kuliner merupakan kenikmatan yang sangat perlu dijajal saat berkunjung ke suatu daerah ya. Jadi, mau coba yang mana jika traveling ke Rusia?

Tags
Kuliner Rusia kuliner tradisional dari Rusia Luar negeri Rusia
Share