Tak hanya Seafood, Kuliner di Tepi Pantai ini Juga Menggiurkan

Keindahan ombak lauk serta hamparan putih menjadi pemandangan paling sempurna di pantai. Apalagi ditemani semburat warna jingga di langit, sebagai pertanda matahari akan tenggelam. Pun menakjubkan, kurang lengkap rasanya jika tak mencoba kuliner di pesisir pantai. Tak melulu seafood, ternyata banyak kuliner tepi pantai yang enak dan menggiurkan. Seperti di bawah ini!

1. Rujak Natsepa di Pantai Natsepa

Rujak Natsepa yang menggoda
Rujak Natsepa yang menggoda via instagram/@dorothypandjaitan

Pernah dengar Pantai Natsepa? Objek wisata ini berada di Ambon, Maluku dan bisa ditempuh selama 30 menit dari pusat kota dengan kendaraan. Keindahan pantai ini tak hanya gulungan ombak, tapi juga hamparan pasir putih yang luas. Tak hanya itu, kuliner khas di sini juga bikin ketagihan. Namanya Rujak Natsepa yang berupa rujak buah dengan sambal kacang. Menariknya, ada tambahan ubi jalar di dalamnya. Liburan ke Ambon, pastikan untuk mencoba kuliner ini ya!

Rujak di Pantai Natsepa
Rujak di Pantai Natsepa via instagram/@retnicin

2. Sate Sepi di Pantai Cimaja

Pantai Cimaja
Pantai Cimaja via instagram/@pegghitos

Tak harus masuk restoran mahal untuk dapat menikmati kuliner enak dengan pemandangan lautan. Coba mampir ke Pantai Cimaja di Sukabumi. Objek wisata favorit peselancar ini juga menawarkan kuliner enak yang tak hanya berupa hidangan laut. Namanya sate sepi yang ada di warung nasi Ibu Yati. Sate sepi merupakan jengkol berbumbu rempah ditusuk menggunakan bambu. Biasanya makanan ini dihidangkan bersama nasi hangat.

Ilustrasi Sate Jengkol
Ilustrasi Sate Jengkol via instagram/@erniesarra

3. Sate dan Rempeyek Undur-undur di Pantai Sawangan

Pantai Sawangan
Pantai Sawangan via instagram/@ragilrk

Selain jengkol, undur-undur juga dijadikan sate di Pantai Sawangan, Kebumen. Bukan sembarangan, bahan utamanya berupa undur-undur lauk. Selain disebut sate undur-undur, banyak orang mengenalnya dengan nama sate yutuk atau wrutuk. Kuliner yang disajikan bersama lontong ini memiliki tekstur renyah. Sementara rasanya gurih dan bikin ketagihan. Tak hanya dibuat sate, kamu juga bisa menikmati rempeyek di pantai ini.

Sate Undur-undur
Sate Undur-undur via instagram/@watie.27

4. Nasi Jinggo di Pantai Kuta

Nasi Sukreni Bali
Nasi Sukreni Bali via instagram/@dsambalbali

Pantai di Bali mana yang tak menawarkan kuliner enak dan menggiurkan? Hampir semua objek wisata selalu dilengkapi dengan restoran serta kafe instagenic yang langsung menghadap ke laut. Salah satunya Pantai Kuta di Badung. Bukan hanya ikan bakaran, kamu pun bisa menikmati udara khas pesisir sekaligus mencicipi nasi jinggo dan beragam menu lainnya. Salah satu warung di Pantai Kuta dengan menu tersebut adalah Nasi Jinggo Sukreni. Letaknya memang tak menghadap laut lepas, tapi tak jauh dari destinasi favorit wisatawan ini.

Nasi Sukreni
Nasi Sukreni via instagram/@nasicampurbalisukreni

Nah, itulah kuliner tepi pantai yang tak hanya es kelapa muda, olahan ikan bakar dan aneka seafood lainnya. Menu-menu di atas tentunya bisa menemani suasana indah yang kamu nikmati di tepi pantai. Bagaimana, sudah coba yang mana nih?

Tags
Ambon Bali Indonesia Kebumen Maluku Sukabumi
Share