Dari Cakalang Hingga Iwak Pe, Ini Aneka Kuliner Serba Ikan di Jogja

Advertisement

Teman Traveler penggemar ikan? Jenis olahan apa yang menjadi favorit kalian? Selain rasanya yang gurih, lauk ini memiliki banyak manfaat dan menjadi menu andalan untuk pelengkap makan. Nah, jika liburan ke Jogja, ada rekomendasi tempat kuliner serba ikan yang rasanya lezat banget. Penasaran apa saja? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri.

1. Garang Asam Nila – Garang Asam Kudus

Garang asam nila yang menyegarkan via instagram @jogjafoodhunter
Garang asam nila yang menyegarkan via instagram @jogjafoodhunter

Tempat pertama yang menawarkan kuliner enak di Jogja ada di Warung Garang Asam Kudus. Tidak hanya berbahan dasar ayam, ada juga menu garang asam nila yang jadi menu favorit. Olahan nila yang tak hanya dibakar seperti pada umumnya, tapi juga menjadi garang asam yang segar, lengkap dengan belimbing wuluhnya. Berlokasi di Jalan Mulungan Baru Sleman, kuliner serba ikan khas Kudus ini wajib dicoba. Pastinya manjakan perut.

2. Cakalang Rabe Rica – Manado Cuisine

Cakalang Rabe Rica khas Manado via instgram @jogjakakilima
Cakalang rabe rica khas Manado via instgram @jogjakakilima

Bagi pecinta kuliner Manado, di Jogja ada tempat makan yang menawarkan menu tersebut. Namanya Manado Cuisine yang berlokasi Letaknya di Jalan Raya Janti. Berbagai masakan Ibukota Sulawesi Utara ditawarkan di sini. Ada Bubur Manado, Kakap Merah Woku Belanga, Ikan Tude, dan Rica Rado. Selain menu tersebut, menu Cakalang Rabe Rica-nya juga tak kalah juara untuk soal rasa. Merupakan ikan cakalang asap disuwir yang kemudian dibumbui dengan rempah-rempah yang didominasi rasa pedas.

3. Bandeng Dabu-Dabu – Gemar Bandeng

Bandeng Dabu-Dabu via instagram @jogjataste
Bandeng dabu-dabu via instagram @jogjataste

Di daerah Sleman ada warung yang menawarkan kuliner serba ikan bandeng khas Juwana, Pati. Berlokasi di Jalan Raya Tajem, Gemar Bandeng memiliki menu dengan banyak pilihan yang menyajikan bandeng tanpa duri. Namun yang menjadi andalan di sini adalah Bandeng Bakar Dabu-Dabu. Yang menjadi khas adalah ikan bandeng dibakar menggunakan kecap lele yang legendaris. Ditambah lagi dengan sambal dabu-dabunya yang segar dan pedas.

4. Mangut Lele – Warung Bu Is

Mangut lele via instagram @jogjakakilima
Mangut lele via instagram @jogjakakilima

Ketika jalan-jalan di Imogiri, mampirlah ke Mangut Lele Bu Is. Dengan kuah santannya yang gurih, bumbunya pun meresap hingga dagingnya. Apalagi di sini banyak hidangan pelengkap yang bisa jadi pendamping makan mangut lelenya, seperti urap, tumis cabe, tahu gembus, dan sambal petis. Tak hanya kemangi dan ketimun, sayuran untuk lalapannya pun komplit, dari daun pepaya, kecipir, daun puyang, hingga bayam.

5. Sup Ikan Pindang – Ikan Bakar Legian

Sup ikan pindang via instagram @jogjafoodhunter
Sup ikan pindang via instagram @jogjafoodhunter

Di Jogja, kita bisa menikmati kuliner serba ikan khas Bali yang berlokasi di Jalan Magelang Tegalrejo. Di Rumah Makan Ikan Bakar Legian, ikan-ikannya segar dan didatangkan langsung dari Pulau Dewata. Di sini tersedia banyak pilihan menunya, seperti ikan bakar, ikan masak bumbu Bali, dan ikan masak rujak mangga. Namun sup pindangnya juga tak kalah enak. Rasa ikannya gurih, kuahnya segar dengan rempah khas Bali. Dan yang terpenting yaitu dimasak tanpa MSG.

6. Gurame Bakar dan Asam Manis – Warung Ikan Segar Bantul

Gurame asam manis via instagram @jogjakakilima
Gurame asam manis via instagram @jogjakakilima

Jika sedang berada di Bantul tepatnya Jalan Kolonel Sugiono, Warung Ikan Segar ini bisa jadi alternatif tempat makan bareng keluarga atau teman. Memiliki banyak menu dengan porsi besar, tempat ini juga memiliki pemandangan yang asri dengan sawah di sekelilingnya. Tak hanya menu ikan, warung ini juga menyediakan seafood. Tapi menu ikan gurame bakar dan asam manisnya menjadi andalan di sini. Apalagi Gurame Asam Manisnya diolah dalam bentuk fillet, jadi tak perlu khawatir dengan duri karena kita tinggal lahap saja.

7. Mangut Iwak Pe – Kedai Mbak Tiwi

Mangut iwak pe khas Pantura via instagram @jogjafoodhunter
Mangut iwak pe khas Pantura via instagram @jogjafoodhunter

Kali ini kuliner olahan ikan khas Pantura. Berlokasi di Jalan Monjali Yogyakarta, Kedai Mbak Tiwi hadir dengan menu spesial yakni Mangut Iwak Pe. Menu ini sendiri merupakan ikan pari asap yang dimasak mangut dengan kuah santan berwarna kuning khas Pantura. Rasanya gurih, sedikit asam, dan pedas. Iwak Pe-nya sendiri memiliki aroma khas yang cukup menyengat dan tekstur daging yang gurih. Namun ketika ikan ini sudah bercampur dengan rempah-rempah akan tercipta kenikmatan yang menggugah selera.

Dari 7 kuliner serba ikan di atas mana yang pernah Teman Traveler cicipi? Jika belum, sempatkan ketika berwisata ke Jogja. Selain rasanya yang lezat, mengonsumsi ikan juga sehat. Selamat berkuliner Teman Traveler!

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Yogyakarta
Share