Gemar Bandeng Jogja, Rekomendasi Kuliner Enak di Kota Gudeg

Advertisement

Bandeng merupakan salah satu list kuliner wajib yang harus dijadikan oleh-oleh ketika liburan ke Semarang atau Pati. Menu ini bisa diolah jadi berbagai masakan. Tak hanya di Semarang, Teman Traveler juga bisa menjajal menu bandeng enak di Jogja. Namanya Gemar Bandeng Jogja yang menawarkan berbagai masakan olahan bandeng lezat. Penasaran kan? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Annissa NC Saputri yang sudah pernah mampir ke sini.

Bandeng Asli Juwana

Bandeng asli Juwana tanpa duri
Bandeng asli Juwana tanpa duri via instagram/@nongkrong_jogja

Nama Bandeng Juwana tak asing di telinga. Bandeng khas Pati tersebut menjadi pemeran utama dalam masakan di Gemar Bandeng. Selain rasanya yang gurih, bandeng ini memiliki duri yang lunak. Tak hanya satu atau dua masakan, Gemar Bandeng menawarkan banyak menu bandeng asli Juwana. Rasanya nendang dan juga menggugah selera.

Gemar Bandeng Jogja
Gemar Bandeng Jogja via instagram/@gemarbandengjogja

Menu Favorit Gemar Bandeng

Menu serba bandeng via instagram @jogjakakilima
Menu serba bandeng via instagram @jogjakakilima

Ada sekitar 17 menu olahan bandeng yang ditawarkan di rumah makan ini. Ada menu berat dan camilan yang semuanya dimasak nyaris tanpa duri. Gemar Bandeng berhasil mengkreasikan ikan tersebut menjadi pepes, otak-otak, bakso, sop, sate, kaki naga, bakso, nugget, rolade, dan masih banyak lagi. Sedangkan menu yang menjadi favorit oleh para pembeli adalah bandeng bakar dabu-dabu, otak-otak bandeng dan bandeng presto balut telur.

Sementara menu bandeng bakar di sini juga tidak hanya berbumbu dabu-dabu. Ada juga bandeng bakar kecap, kropok, dan pedas manis. Menu istimewanya berupa bandeng bakar menggunakan kecap lele khas Pati. Bumbunya meresap ke dalam dan memberikan rasa gurih dan manis. Ditambah lagi sambal dabu-dabunya yang asam dan pedas memberikan sensasi segar.

Bandeng bakar dabu-dabu via instagram @gemarbandeng
Bandeng bakar dabu-dabu via instagram @gemarbandengjogja

Favorit selanjutnya adalah otak-otak bandeng. Dari luar, menu ini terlihat seperti bandeng goreng biasa, tapi rasanya istimewa. Proses memasaknya melalui proses pengambilan daging dan duri dalam tubuh bandeng terlebih dahulu. Selanjutnya campuran bahan makanan dimasukkan ke dalam bandeng lalu digoreng. Soal rasa tidak diragukan lagi dan menjadi lebih sempurna ketika otak-otak ini kita cocol ke dalam sambal terasi.

Bandeng presto balut telur adalah menu favorit yang lain. Istimewanya, balutan telur yang membuat bandeng lebih gurih. Teksturnya empuk, nyaris tanpa duri. Makin nikmat ketika disajikan dengan sambal dan lalapan.

Bandeng presto balut telur via instagram @gemarbandeng
Bandeng presto balut telur via instagram @gemarbandengjogja

Pentingnya Konsumsi Ikan Bandeng

Pepes bandeng via instagram @jogjataste
Pepes bandeng via instagram @jogjataste

Pemilik Gemar Bandeng, Raditya Bagas, mengungkapkan bahwa salah satu tujuan mendirikan tempat makan ini adalah untuk ikut andil dalam menyukseskan gerakan gemar makan ikan. Selain itu dia ingin membuktikan bahwa ikan lokal pun tak kalah enak dan bermanfaat bagi kesehatan. Ikan bandeng memiliki kandungan Omega3 yang lebih banyak enam kali lipat dibanding ikan salmon. Manfaat bandengpun banyak seperti membantu perkembangan otak, mencegah jantung koroner, dan menurunkan kadar kolesterol.

Otak-otak bandeng via instagram @jogjataste
Otak-otak bandeng via instagram @jogjataste

Bagaimana, selain lezat tentunya bandeng juga banyak manfaat untuk tubuh kita, kan? Penggemar ikan terutama bandeng wajib mampir ketika liburan ke Jogja. Letaknya di Jalan Raya Tajem, Maguwoharjo, Sleman. Sementara harganya, sekitar Rp 6.000 hingga Rp 19.000. Jadi, kapan nih coba mampir ke Gemar Bandeng Jogja?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Yogyakarta
Share