Kuliner Serba Iga, dari Campuran Bakso Hingga Soto

Selain sumsum, bagian sapi enak lainnya adalah daging iga. Daging yang berada di sekitar tulang rusuk sapi ini tergolong mewah. Sekarang, menikmati daging bagian ini tak hanya dibakar atau dipenyet. Kini ada banyak varian kuliner dengan iga yang bisa dicoba. Dari bakso hingga soto, makin enak dengan tambahan iga. Yuk, lihat lebih dekat.

1. Soto Iga

Soto Iga di Omah warisan
Soto Iga di Omah warisan via Instagram/@omahwarisan

Soto merupakan salah satu masakan asli Indonesia. Kuliner berkuah kaldu segar dengan tambahan daging sapi atau ayam ini bisa ditemukan hampir di setiap daerah yang ada di Indonesia. Namun, kamu bisa menemukan yang unik, yaitu soto iga. Bukan daging sapi biasa, yang menjadi campuran di soto ini adalah iga. Kamu bisa mencicipi masakan yang satu ini di Omah Warisan saat berkunjung ke Jogja. Ini juga menjadi salah satu menu di Soto Choirol, Sidoarjo.

Soto Iga
Soto Iga via Instagram/@e_ndro

2. Bakso Iga

Bakso dengan Iga
Bakso dengan Iga via Instagram/@shecreatbelly

Selain soto, makanan Indonesia yang bisa ditemui di mana saja adalah bakso. Bola-bola daging dengan kuah kaldu ini belakangan makin banyak variannya. Tak hanya bulat, yang terbaru adalah Bakso Bambu Runcing di Jepara. Bakso biasa saja sudah enak luar biasa. Ternyata ada juga bakso yang disuguhkan dengan balugan dan iga di dalam mangkuknya. Wah, seporsi saja kurang, nih. Kamu bisa mencicipi menu menggiurkan ini di Bakso 2 Nyonya, juga di Bakso Iga Balungan yang ada di Jakarta.

Bakso Iga
Bakso Iga via Instagram/@bakso2nyonya

3. Rawon Iga

Rawon dengan Iga
Rawon dengan Iga via Instagram/@jktdelicacy

Ada beragam masakan tradisional nusantara yang selalu bikin kangen. Salah satunya adalah rawon yang identik dengan kuah berwarna hitam. Makin hitam, kuliner ini justru semakin nikmat. Biasanya rawon menggunakan isian berupa daging sapi yang dipotong dadu. Mau yang lebih enak? Kamu harus mencicipi rawon iga. Bukan daging biasa, di dalam seporsi rawon panas ini ada beberapa potong daging iga yang empuk. Wah, jadi penasaran ya. Mampir saja ke Restoran Madame Delima yang ada di kawasan Cikini, Jakarta. Ada juga tempat makan spesial iga, yaitu Sisters’ Pot yang ada di Bekasi.

Rawon Iga
Rawon Iga via Instagram/@ursandnic

4. Spaghetti Iga

Spaghetti Iga
Spaghetti Iga via Instagram/@thecontainergrill

Ada banyak masakan luar negeri yang jadi favorit di tanah air. Selain berbagai makanan siap saji, masakan Italia seperti pasta juga memiliki banyak penggemar. Salah satunya adalah spaghetti, mie luar negeri yang biasanya disajikan dengan saus daging. Namun, sudah banyak varian yang membuat kuliner ini agar lebih ramah di lidah orang Indonesia. Ada yang menambahkan mozarella, hingga sambal matah. Berbeda dengan yang lainnya, The Container Grill di Tangerang menyuguhkan spaghetti dengan iga sebagai topping. Menggoda, bukan?

Spaghetti dengan topping Iga
Spaghetti dengan topping Iga via Instagram/@_cyoungc

Pecinta iga wajib mencoba deretan kuliner unik di atas. Yuk, berbagi pengalaman kulinermu dengan Travelingyuk. Apakah ada menu lain yang cocok ditambahkan dengan iga?

Tags
Indonesia kuliner serba iga
Share