Kuliner Serba Sumsum, Bikin Nggak Bisa Berhenti Makan

Melisa

Melisa

On Indonesia
Kuliner Serba Sumsum Kuliner Serba Sumsum

Indonesia dianugerahi berbagai tempat-tempat indah yang menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung. Selain destinasi cantik, tanah air kita juga diperkaya dengan kuliner yang luar biasa enak. Tak jarang turis berkunjung kembali ke Indonesia karena rindu dengan makanannya. Salah satu hidangan yang punya banyak penggemar adalah kikil. Dan mereka yang suka kikil biasanya juga menggemari sumsum. Di bawah ini adalah kuliner serba sumsum yang wajib dicoba. Sudah siap?

1. Sop Sumsum

Sop Sumsum
Sop Sumsum via Instagram/@aang_hikaru

Sop merupakan salah satu masakan rumahan yang bisa ditemui di restoran mana saja. Namun, tak banyak yang menyajikannya dengan tambahan mewah seperti sumsum. Ada Sop Sumsum Pak Kayin yang berlokasi di Jalan Cengger Ayam I No.10, Tulusrejo, Lowokwaru, Malang. Sop di sini disajikan dengan tambahan sumsum super besar yang menjadikan semangkuk sop di sini semakin mewah. Porsinya yang nggak pelit cocok untuk pilihan menu makan siangmu saat menikmati hari libur bersama keluarga. Siapa yang bisa menolak sedap dan gurihnya kuliner yang satu ini?

Sop Sumsum Pak Kayin
Sop Sumsum Pak Kayin via Instagram/@sop_sumsum_pak_kayin

2. Soto Sumsum

Soto Sumsum Omah Mariam
Soto Sumsum Omah Mariam via Instagram/@dalan2icip2

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto yang khas. Di antaranya adalah Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Madura, dan lain-lain. Namun, pastikan kamu mencoba Soto Sumsum. Kuah kuning soto yang kaya akan rempah, dijamin semakin sedap dengan tambahan sumsum yang kaya akan rasa. Kamu bisa mencoba menu ini di Omah Mariam, yang terletak di Jalan Tamantirto, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Jogja. Omah Mariam menyediakan soto dengan sumsum biasa, hingga yang besar dan panjang. Bisa bikin nggak berhenti makan, nih?

Soto Sumsum Cibubur
Soto Sumsum Cibubur via Instagram/@dianabudyalbel

3. Bakso Sumsum

Bakso Sumsum Tigan
Bakso Sumsum Tigan via Instagram/@nana_jajan

Siapa yang tak suka dengan bakso? Bola-bola daging ini termasuk makanan Indonesia yang bikin wisatawan rindu. Belakangan ada banyak varian bakso yang membuat makanan ini jauh dari kata membosankan. Varian mulai dari bakso isi keju, hingga model unik seperti bakso buaya atau bakso kuburan mantan bisa dicoba di tanah air. Pastinya yang tak boleh ketinggalan adalah bakso sumsum. Bola-bola daging yang berenang di kuah kaya rasa, akan semakin gurih dengan tambahan kaldu dari sumsum sapi. Cicipi kuliner ini di Bakso Tigan yang terletak di Jalan Sepat No.72, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Bakso Sumsum
Bakso Sumsum via Instagram/@kayanyaenak

4. Seblak Sumsum

Seblak dengan sumsum
Seblak dengan sumsum via Instagram/@makankela_plg

Seblak merupakan makanan khas Sunda yang terbuat dari kerupuk basah, dimasak dengan campuran sayuran. Biasanya seblak disajikan dengan tambahan lainnya seperti telur, daging ayam, atau udang. Nah, yang terbaru ternyata ada seblak sumsum. Tak hanya potongan daging sapi, kamu bisa menyesap sampai habis sumsum dengan sedotan yang disediakan. Coba kuliner ini di OTW Street yang ada di kota-kota besar seperti Surabaya dan Palembang. Hati-hati khilaf dan tidak bisa berhenti makan, ya.

Seblak Sumsum
Seblak Sumsum via Instagram/@dina_olivia

Ternyata memang ada banyak kuliner tanah air yang bikin ngiler dan tidak bisa berhenti makan. Bagaimana, ada yang doyan ngemil sumsum?