Kuliner Serba Batik, Jadi Makin Cinta dengan Tanah Air

Advertisement

Batik merupakan kain dari Indonesia yang dibuat dengan cara-cara tertentu. Sekarang ini, motif khas nusantara ini tak hanya berupa kain untuk dipakai, melainkan juga bisa dijumpai di makanan. Hasilnya pun tak kalah menarik, pastinya tetap indah. Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional, pada tanggal 2 Oktober, Travelingyuk akan membahas beberapa kuliner serba batik di berbagai daerah Indonesia. Bisa dikonsumsi atau dijadikan sebagai oleh-oleh, nih. Simak yuk listnya!

Bolu Batik

Bolu gulung batik
Bolu gulung batik via Instagram/bolubatik_retnodyah

Jika berkunjung ke Kota Padang, Teman Traveler akan menemukan bolu gulung dengan 12 motif batik nusantara yang berbeda. Para pembuat kue melukiskan motif batik di atas wadah alumunium yang dilapisi dengan kertas minyak. Salah satu motif batik dari Minang adalah Itiak Pulang Patang, Kaluak Paku serta batik dari Kalimantan, Jawa, dan lain-lain. Untuk membuat satu kuenya dibutuhkan ketelatenan agar terlihat menarik untuk dilihat. Satu bolu gulung batik mulai dari Rp60 ribuan. Pas untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Coklat Batik

Coklat Batik dari Dapur Cokelat
Coklat Batik dari Dapur Cokelat via Instagram/elsya_dee

Kuliner serba batik selanjutnya adalah Coklat Batik yang bisa dijumpai di Dapur Cokelat. Tahun 2017 lalu, dapur cokelat mengeluarkan edisi spesial berupa cokelat dengan sentuhan batik. Coklat yang ditawarkan pun memiliki bentuk yang berbeda-beda mulai dari tas, sepatu heels, coklat bar, dan lain-lain. Ide untuk membuat kuliner ini merupakan hasil dari bentuk kerjasama dengan Danar Hadi. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp45 ribu. Dengan adanya coklat motif ini, pelanggan yang membeli dapat turut merasakan kecintaan terhadap tanah air secara lebih dalam lagi.

Puding Batik

Puding motif batik
Puding motif batik via Instagram/kiranakitchen35

Tidak hanya kue dan cokelat yang bisa bermotif manis, puding juga bisa dijadikan alas untuk melukis. Puding dilukis dengan cairan warna-warni dan bantuan alat suntik. Tentu saja dalam membuat puding batik dibutuhkan ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi. Permukaannya yang tidak terlalu luas ini menjadikan tantangan tersendiri karena harus memperhatikan detail-detail kecil. Jika Teman Traveler ingin mencoba membuatnya, jangan lupa untuk pilih loyang yang transparan agar terlihat lebih jelas.

Brownies Batik

Brownies batik
Brownies batik via Instagramdapoer_citaz

Terakhir yang tidak ketinggalan dari Kota Jogja adalah Brownies Batik. Teman Traveler bisa menemukan kuliner ini di Pawon Kayu Sleman. Karena kemiripannya dengan kain batik, brownies ini kerap disangka sebagai lipatan kain batik. Motif yang digunakan pun beragam, namun yang paling sering adalah batik klasik sogan. Motif kawung, parang, jarik gendong, dan sidomukti juga menjadi favorit banyak orang adalah. Untuk satu porsinya dibanderol mulai dari Rp60 ribu.

Sekian beberapa kuliner serba batik yang bisa Teman Traveler konsumsi untuk menyambut Hari Batik Nasional. Sudah pernah coba yang mana nih?

Advertisement
Tags
batik hari batik nasional Indonesia Jogja kuliner kuliner serba batik Padang
Share