Kuliner Bandung Untuk Sarapan, Enak dan Ngangenin

Adi Nugroho

Adi Nugroho

On Kuliner

Kalau kamu sedang ada di Bandung melakukan penjelajahan. Kami sarankan untuk sarapan terlebih dahulu. Sejak pagi hari, ada kuliner Bandung super nikmat yang harus kamu coba sesegera mungkin. Berikut beberapa rekomendasinya!

1. Nasi Kuning Sumur Bandung

Nasi Kuning Sumur (ilustrasi) [image source]

Ini adalah kuliner Bandung legendaris yaitu Nasi Goreng Sumur . Terletak di sekitaran Lebak Siliwangai. Dengan berbekal gerobak kaki lima, menu ini selalu laris manis diserbu pembeli. Buka dari pukul 05.00, kamu bisa menikmati nasi kuning yang diolah secara alami, abon, telur, ayam balado, dan aneka lauk yang menggugah selera. Satu porsi nasi kuning ini sekitar Rp10.000,00 atau lebih, tergantung tambahan lauk yang kamu makan.

Nasi Kuning Sumur Bandung (ilustrasi) [image source]

Nama: Nasi Kuning Sumur Bandung

Alamat: Jalan Sumur Bandung, Lebak Siliwangi, Coblong, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia

Jam Operasional: 05.00-10.00

Harga: sekitar Rp10.000,00

2. Kupat Tahu Lontong Kari Cicendo

Kupat Tahu Lontong Kari Cicendo [image source]

Menu sarapan selanjutnya yang bisa kamu jadikan rujukan adalah kupat tahu. Makanan ini terbuat dari tahu, kupat, bumbu kacang, tauge, dan taburan seledri. Mungkin terlihat sederhana, namun kupat tahu Bandung memiliki ciri khas dari segi rasa maupun tampilan.

Kupat Tahu Lontong Kari Cicendo, Bandung [image source]

Nama: Kupat Tahu Lontong Kari Cicendo

Alamat:  Jalan Cicendo Belakang No.21, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171, Indonesia

Jam Operasional: 06.00-12.00

Harga: Kisaran Rp5.000,-Rp10.000,00

3. Lotek Mahmud

Lotek Mahmud [image source]

Kalau di daerah Jawa Timur sarapannya pakai nasi pecel, di Bandung kamu bisa sarapan dengan lotek. Ya, kuliner ini menjadi sajian pagi yang nikmat dan mengenyangkan. Bumbu kacang yang diuleg dengan aroma kencur membuat Lotek Mahmud selalu dibanjiri pengunjung terutama mereka yang akan pergi ke Kantor.

Lotek Mahmud, Bandung [image source]

Nama: Lotek Mahmud

Alamat: Jl. Mahmud lV, No. 9, Pamoyanan, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40218, Indonesia

Jam Operasional 08.00-16.00

Harga: kisaran Rp15.000,00

4. Lontong Sayur Padang

Lontong Sayur Padang [image source]

Lontong Sayur Padang yang dijual di Gang Dipatiukur memiliki keunikan jika dibandingkan dengan menu serupa kebanyakan. Pertama, karena bumbu rempahnya lebih terasa, kemudian  jenis sayur yang dipilih, dan yang terakhir lauk pendukungnya.  Ada sayur nangka muda, dan lauk pendamping berupa kerupuk merah dan telur. Oh ya, di kedai yang laris manis ini, kamu juga bisa minum teh talua yaitu campuran antara teh dan telur bebek.

Lontong Sayur Padang, Bandung [image source]

Nama: Lontong Sayur Padang

Alamat: Gg. Dipatiukur II, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia

Jam Operasional: 06.00-10.00

Harga: sekitar Rp10.000,00

5. Bubur Ayam “Mang H Oyo”

Bubur Ayam Mang H Oyo [image source]

Bagi warga Bandung, bubur ayam adalah menu wajib yang kerap dimakan sebagai serapan sehat dan mengenyangkan. Kalau kamu ingin makan seperti warga lokal sana, coba santap bubur ayam racikan Mang H Oyo. Bubur yang sangat gurih dengan aneka toping bisa dimakan hangat-hangat lengkap dengan kedelai goreng dan kerupuk. Oh ya, untuk mendapatkan sensasi kenikmatan dari bubur ayam ini, disarankan untuk memesan menu Komplit.

Bubur Ayam Mang H Oyo, Bandung [image source]

Nama: Bubur Ayam “Mang H Oyo”

Alamat: Jalan Sulanjana No. 30, Taman Sari, Bandung Wetan, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116, Indonesia

Jam Operasioal: 06.00-14.00, 15.00-21.00

Harga: Rp12.000,00-Rp19.000,00

6. Mie Naripan

Mie Naripan [image source]

Mie Naripan adalah salah satu kedai yang bisa kamu kunjungi untuk sarapan. Kamu akan mendapatkan olahan mirip mie ayam dengan toping yang cukup melimpah. Sebagai pelengkap, kamu bisa memesan pangsit basah, pangsit goreng, atau aneka olahan bakso. Oh ya, kedai ini memiliki desain Tiongkok kuno. Kamu dapat melihat dengan jelas koki-koki andal memasak dengan gesit untuk menyajikan hidangan super juara.

Mie Naripan, Bandung [image source]

Nama: Mie Naripan

Alamat: Jl. Naripan No. 108, Kebon Pisang, Sumurbandung, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112, Indonesia

Jam Operasional: 07.30-22.00

Harga: sekitar Rp40.000-an

7. Batagor Yunus

Batagor Yunus [image source]

Batagor Yunus adalah satu dari beberapa kedai paling melegenda di Bandung. Mengapa bisa dibilang begitu? Karena tempat yang menyajikan aneka olahan batagor berbumbu kacang kental ini sudah buka sejak tahun 1972. Jadi bisa dibayangkan seperti apa dedikasi dari pemilik untuk menyajikan kuliner khas yang nikmat, murah, dan tidak lekang oleh waktu.

Batagor Yunus, Bandung [image source]

Nama: Batagor Yunus

Alamat: Jl. Raya Kopo No.68, Panjunan, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40232, Indonesia

Jam Operasioal: 06.00-21.00

Harga: Sekitar Rp15.000,00 per paket

8. Lontong Kari Kebon Karet

Lontong Kari Kebon Karet [image source]

Lontong Kari Kebon Karet termasuk  menu sarapan paling banyak dicari meski tempatnya tidak terlalu besar. Kuliner ini menyajikan nikmatnya kuah kari kental, daging tanpa lemak, taburan emping dan juga acar mentimun. Menikmati satu porsi akan membuatmu merasa kurang hingga ingin tambah lagi.

Lontong Kari Kebon Karet, Bandung [image source]

Nama: Lontong Kari Kebon Karet

Alamat: Jl. Otto Iskandar Dinata, Pasirkaliki, Cicendo, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171, Indonesia

Jam Operasional: 07.00-20.00

Harga: sekitar Rp10.000,00

Inilah kuliner Bandung yang wajib kamu buru ketika bertandang ke sana. Semoga bisa dijadikan rekomendasi pilihan makan yang nikmat dan mengenyangkan sebelum melakukan perjalanan.