7 Kuliner Santan Khas Indonesia yang Bikin Lupa Berat Badan

Bicara soal makanan Indonesia, sepertinya tidak akan pernah ada habisnya. Selalu saja ada makanan-makanan yang menarik untuk diulik. Baik itu makanan yang legendaris sampai dengan kekinian. Tidak hanya jumlahnya yang banyak, kuliner Indonesia terkenal dengan cita rasa yang enak dan nikmat. Kali ini kita akan membahas kuliner Indonesia yang berbahan dasar santan kelapa kental. Apa saja ya kuliner santan khas Indonesia? Yuk intip daftarnya seperti berikut ini.

1. Opor

Opor yang bikin lapar, Via Instagram fani.tanuredja

Kuliner pertama yang sangat khas Indonesia dan biasanya ada saat perayaan Idul Fitri dan Idul Adha adalah opor. Biasanya dipadukan dengan ketupat, sangat nikmat. Opor ini memiliki warna putih karena tidak dicampur dengan kunyit. Untuk jenis dagingnya bisa opor ayam ataupun yang lainnya. Intinya, olahan asli dari Indonesia ini memiliki cita rasa dewa yang bikin lidah tergila-gila.

2. Gulai

Gulai ayam nikmat, Via Instagram putriyani_

Olahan lainnya yang memanfaatkan santan kental adalah gulai. Untuk bumbunya, biasanya berbahan dasar santan dan juga kunyit, sehingga warnanya cantik dan menggugah selera. Sangat enak jadi teman santap nasi. Biasanya, gulai ini ada di jajaran di Nasi Padang. Untuk jenis daging yang digunakan bermacam-macam, mulai dari telur, otak, ikan, ayam, sapi, bahkan dedaunan seperti daun singkong. membayangkan saja sudah bikin ngiler ya?

3. Lodeh

Lodeh Sayur Via Instagram arsanti96

Sayur lodeh sangat lekat dalam kehidupan sehari-hari kita. Kuliner khas Indonseisa satu ini biasanya memadukan kuah santan dengan berbagai macam sayuran. Untuk sayurannya bisa beragam, tergantung dengan selera. Plus, rasanya juga sesuai dengan keinginan masing-masing, ada yang pedas ataupun tidak. Rasanya sangat sedap, enak dimakan kapan saja bisa-bisa bikin lupa kalau sedang diet.

4. Kari

Kari ayam Via Instagram reystafauzia

Mirip-mirip dengan gulai, tapi kare memiliki warna yang lebih merah serta cita rasa yang lebih pedas. Untuk pilihan lauk sangat beragam, bahkan seafood juga bisa dimasak kare. Sangat nikmat dan gurih.

5. Rendang

Siapa yang bisa menolak rendang, Via Instagram nutrivit.id

Siapa yang tidak tahu rendang? Kepopuleran kuliner dari Padang ini bahkan sampai ke luar negeri. Kelezatannya sudah diakui dan menjadi salah satu makanan terlezat di dunia. Memang rendang sangat lezat dan memikat. Rasa bumbunya yang meresap sampai ke dalam membuat banyak orang terpikat dengan rendang. Sangat nikmat disantap dengan nasi hangat yang asapnya masih mengepul.

6. Celimpungan

Celimpungan, via Instagram complung_28

Celimpungan merupakan kuliner khas Indonesia yang berasal dari Sumatera Selatan. Bahan dasar dari makanan ini adalah adonan sagu dan ikan, kemudian dimasak dengan cara direbus dengan santan yang berbumbu. Bumbu celimpungan ini adalah bawang putih, bawang merah, kunyit, kemiri.

7. Gudeg

Gudeg bikin nafsu makan meningkat, Via Instagram kebeletmakan

Kuliner asli dari Yogyakarta ini juga memanfaatkan santan sebagai salah satu bahan baku utamanya. Gudeg ini terbuat dari nangka muda yang kemudian dimasak dengan santan. Santannya tidak kelihatan karena memang sudah menyerap ke nangka muda yang dimasak sampai berjam-jam. Meskipun tidak kelihatan, rasanya tetap nendang. Gurih, manis yang sangat khas.

Ternyata kuliner berbahan dasar santan memang lezat dan menggoda ya. Kira-kira apa lagi ya kuliner berbahan dasar santan yang sangat khas Indonesia?

Tags
Indonesia kuliner bersantan kuliner santan Indonesia makanan bersantan makanan santan Indonesia
Share