Kuliner Samarinda dengan Bumbu Istimewa, Sudah Pernah Coba?

Samarinda merupakan kota menarik yang tak boleh dilewatkan saat liburan ke Kalimantan. Selain terkenal dengan kain tenunnya, objek wisata di sini juga menakjubkan. Apalagi ketika mengintip air terjun eksotisnya. Begitu pula dengan makanan khasnya yang diracik dengan bumbu istimewa. Nah, penasaran dengan kuliner-kuliner Samarinda yang menggoyang lidah ini kan? Yuk, simak rangkumannya berikut!

1. Ayam Cincane

Ayam Cincane, kuliner di Samarinda yang menggoyang lidah
Ayam Cincane, kuliner di Samarinda yang menggoyang lidah via instagram/@cecedoyanmasak

Jika Jogja dan Jawa Tengah terkenal dengan ingkung ayam, lain halnya dengan Kalimantan Timur. Di sini ada Ayam Cincane yang merupakan kuliner khas Samarinda. Hidangan ini berupa ayam kampung yang dibakar. Sebelum dibakar, ayam tersebut diberi bumbu lengkap yang membuat aromanya nikmat. Menariknya lagi, sajian ini nantinya dilumuri sambal tomat. Menu lezat ini biasanya disajikan saat acara resmi seperti pernikahan dan pesta penyambutan tamu.

Ayam Cincane
Ayam Cincane via instagram/@food_choice2016

2. Nasi Bakepor

Nasi Bakepor
Nasi Bakepor via instagram/@warongselera_acilinuns

Hidangan lezat ini merupakan makanan khas Kutai Kertanegara yang dulunya menjadi menu utama para raja. Tampilan dari nasi bepekor mirip dengan nasi uduk. Menu ini dimasak menggunakan bumbu rempah spesial di atas tungku. Nasi bakepor biasanya disajikan bersama dengan sambal raja yang merupakan paduan enam macam sambal yang dijadikan satu. Ada sambel terong goreng, kacang panjang, kucai, telur rebus, ikan haruan, udang rebus, dan mangga kueni.

Sambal Raja
Sambal Raja via instagram/@anitajoyo

3. Rojak Singkil

Rojak Singkil, Kuliner Samarinda yang berkuah
Rojak Singkil, Kuliner Samarinda yang berkuah via instagram/@warongselera_acilinuns

Jenis makanan ini berbeda dengan rujak yang biasa kita santap. Sajian ini berupa sayur berkuah santan yang menggunakan daun singkil dan ikan haruan sebagai bahan dasar. Hidangan lezat yang diolah dengan rempah-rempah ini merupakan kuliner khas Kutai Kertanegara. Biasanya disajikan dengan ikan serta sambal pedas yang menggugah selera. Soal rasanya, tak diragukan lagi. Kamu pun bakalan ketagihan setelah mencobanya.

Rojak Singkil
Rojak Singkil via instagram/@vinachandralita

4. Pepes Kepiting

Ilustrasi Pepes Kepiting Enak
Ilustrasi Pepes Kepiting Enak via instagram/@nitha_blajardietdebm

Makanan berbumbu rempah satu ini memang terkenal di Balikpapan. Namun, pepes kepiting juga menjadi menu favorit di Samarinda. Berbeda dengan lainnya, pepes ini menggunakan daging kepiting murni untuk dijadikan bahan utamanya. Jenis kepiting yang digunakan juga istimewa, yaitu soka atau kepiting lemburi. Selain cita rasanya yang nikmat, kandungan gizi di dalam menu ini juga banyak. Tak hanya kenyang, tapi juga menyehatkan.

Ilustrasi Pepes Kepiting
Ilustrasi Pepes Kepiting via instagram/@dapurbalikpapan

Itulah empat kuliner Samarinda yang pastinya lezat dan menggoyang lidah. Menariknya lagi, bumbu spesial yang digunakan tak pelit, sehingga cita rasanya sempurna. Kamu pernah ke Kalimantan Timur? Sudah pernah coba yang mana nih?

Tags
Indonesia Kalimantan Timur samarinda
Share