Warung Ingkung Ayam di Jogja, Cocok Buat Rame-rame

Ingkung merupakan kuliner khas Jawa yang berupa ayam kampung berbumbu dan dimasak utuh. Sajian yang menjadi bagian “Ubo Rampe” atau disebut sebagai kelengkapan untuk persembahan/sesaji ini biasa hadir di acara selamatan. Namun, kamu tak perlu menunggu ada acara untuk menikmati hidangan ini. Datang saja ke Jogja karena banyak warung ingkung ayam yang sudah terkenal enak.

1. Ingkung Mbah Kentol

Ingkung Mbah Kentol, Bantul
Ingkung Mbah Kentol, Bantul via instagram/@streetfoodstories

Warung satu ini bukan di pusat kota, melainkan berada di Kabupaten Bantul. Meskipun blusukan, kamu bakalan puas setelah menjajal kuliner enak yang ditawarkan di warung Ingkung Mbah Kentol. Tak hanya dimasak utuh dengan berbagai bumbu, ingkung di sini dikemas dalam cancut (wadah pembungkus dari bambu) yang diikat dengan tali. Penyajian ini memiliki filosofi berupa persatuan dan kesatuan. Nah, soal rasa ayam, bikin kamu ketagihan. Tak hanya empuk, tapi cita rasa gurihnya sampai ke bagian terdalam dari daging. Untuk sepaketnya, kamu bisa makan ramai-ramai bareng empat hingga enam orang. Seru kan?

Ingkung Mbah Kentol
Ingkung Mbah Kentol via instagram/@streetfoodstories

2. Ingkung Mbah Cempluk

Ingkung Mbah Cempluk, Pakualaman
Ingkung Mbah Cempluk, Pakualaman via instagram/@gilamakanjogja

Hidangan ayam utuh dengan bagian jeroan yang dipisahkan memang menggiurkan. Apalagi melihat bumbunya yang masih menempel. Itulah mengapa menu andalan di warung Mbak Cempluk ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Selain dikukus, kamu juga bisa mencoba ingkung panggang serta goreng. Rasanya tetap istimewa, apalagi jika menyantapnya bersama orang tersayang. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsi menu ini bisa sampai Rp140.000. Namun, kamu bakalan puas meski makan dengan empat orang lainnya. Berminat bukan? Mampir saja ke Jalan Gajah Mada No.21, Pakualaman.

Ingkung Mbah Cempluk
Ingkung Mbah Cempluk via instagram/@javafoodie

3. Ayam Ingkung Mbak Sri

Ayam Ingkung Mbak Sri, Sleman
Ayam Ingkung Mbak Sri, Sleman via instagram/@foodjogja

Kuliner Jogja yang bisa disantap bersama banyak orang ini juga ada di Jalan Kebon Agung Km 6, Bedingin, Sumberdadi, Sleman. Namanya warung Ayam Ingkung Mbak Sri. Tak jauh beda dengan warung lainnya, jenis ingkung yang dipesan tak hanya kukus, tapi juga goreng dan panggang. Begitu pula dengan lauk pendamping yang disajikan bersama menu utama. Ada tempe tahu goreng, tumis kangkung, sup ayam kampung, hingga sayur asem. Belum lagi varian sambel dari dele, bawang, hingga terasi yang pedasnya nampol. Dijamin, puas banget.

Ayam Ingkung Mbak Sri
Ayam Ingkung Mbak Sri via instagram/@kulineran_yk

4. Ingkung Sambilegi Bu Yadi

Ingkung Sambilegi Bu Yadi
Ingkung Sambilegi Bu Yadi via instagram/@makankeliling

Warung berikutnya yang juga menawarkan ingkung lezat dengan perpaduan sambal super pedas adalah Ingkung Sambilegi Bu Yadi. Tempat makan ini berlokasi di Jalan Rambutan No 26 Sambilegi Kidul, Sleman. Selain ayam kampung utuh, di sini juga menyediakan paket hemat. Porsinya tentu saja berbeda dengan ingkung. Namun, kamu bakalan puas. Apalagi disajikan bersama dengan sambal bawang pedasnya. Belum lagi aroma nasi yang dihidangkan di atas daun pisang.

Ingkung Sambilegi
Ingkung Sambilegi via instagram/@ceritamakan

Berburu kuliner enak di Jogja memang sangat mudah. Tak hanya di pusat kota, kabupaten di provinsi ini juga menawarkan makanan khasnya yang menggiurkan. Bagaimana, sudah pernah coba ayam ingkung di empat warung di atas?

Tags
Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia Jogja kuliner Jogja Yogyakarta
Share