Empat Pilihan Kuliner Pedas di Banyuwangi yang Bikin Tak Henti Mencicipi

Banyuwangi memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang layak dikunjungi. Contohnya Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, Taman Nasional Alas Purwo, dan pantai-pantainya yang menjadi favorit para turis asing. Selain destinasi wisata alam, kota yang berlokasi di ujung paling timur Pulau Jawa ini memiliki kuliner yang banyak dan enak.

Salah satu yang jadi andalan kuliner di Banyuwangi adalah yang bercita rasa nampol pedasnya. Berbicara masalah kuliner pedas di Banyuwangi, banyak sekali yang bisa dicicipi. Mana saja ya? Mari lihat ulasannya berikut ini.

1. Kombonge Bebek Kobong

Seporsi daging bebek dengan guyuran bumbu pedas Via Instagram bebek_kobong_banyuwangi

Kobonge Bebek Kobong atau masyarakat sekitar lebih familiar menyebutnya dengan Bebek Kobong Banyuwangi ini memang memiliki citarasa yang seakan membakar lidah. Dalam seporsi Bebek Kobong akan ada daging bebek yang disiram dengan kuah bumbu super pedas. Bumbu pedas ini terbuat dari perpaduan serai, jahe, dan juga cabai. Rasanya sangat pedas dan khas, sulit ditemui di daerah lainnya.

Dua porsi bebek kobong lengkap dengan es the Via Instagram arinda_kurniawan

Selain bebek, menu lainnya di sini adalah ayam, burung dara, gurami, kepiting, kerang, dan jeroan ayam. Bebek Kobong ini berlokasi di Jl. Katamso utara DPR atau bisa juga di Jl. Ikan Tengiri no 7B. Jangan ragu icip-icip jika sedang berada di Banyuwangi.

2. Nasi Tempong Mboh Nah

Sego Tempong Mbok Nah yang Khas Via Instagram budimanphang

Popularitas Nasi Tempong di Banyuwangi sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sensasi kepedasan dan kenikmatannya bikin orang kembali ke Banyuwangi. Rasa pedasnya yang menampar-nampar enak, membuat orang ketagihan. Salah satu warung yang cukup memiliki banyak sekali peneggemar ya Nasi Tempong Mboh Nah ini. Meskipun lokasinya sederhana, tidak membuat orang-orang malas mengunjunginya. Malahan, banyak orang antri untuk mendapatkan seporsi nasi tempong yang hangat.

Sambal Sego Tempong super banyak bikin air liur menetes Via Instagram eddy.9un

Seporsi nasi tempong ini akan berisi nasi, sayuran rebus, tahu, tempe, dan lauk beragam yang bisa dipilih sendiri. Nasi Tempong Mbok Nah ini berlokasi di Jl. Kolonel Sugiono No. 16, Kertosari, Banyuwangi. Buka hampir setiap hari dan tutup pada jam 10 malam, akan banyak sekali pembeli yang antri di depan penjualnya.

3. Ayam Pedas Rantinem Genteng

Menu di Ayam Rantinem yang sanggat menggiurkan Via Instagram ayampedas.rantinem

Pilihan kuliner pedas lainnya yang bisa kamu cicipi saat bepergian ke Banyuwangi adalah Ayam Pedas Rantinem Genteng yang berlokasi di Genteng Kulon, Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Sudah berdiri sejak zaman 1970-an, kuliner pedas ini ibu Rantinem ini sudah memiliki banyak sekali pelanggan.

Bener-bener bikin ngiler, seporsi Ayam Pedas Rantinem Via Instagram ayampedas.rantinem

Ayam yang dijadikan bahan utamanya adalah ayam kampung. Setelah ayam kampung ini diolah sedemikian rupa nantinya akan dicampur dengan bumbu berkuah santan pedas. Ayam pedas di sini sangatlah laris manis, bahkan untuk cabainya sendiri bisa menghabiskan sampai 15 kg setiap hari.

4. Ayam Betutu Banyuwangi

Ayam Betutu Banyuwangi dengan guyuran cabai utuh Via Instagram foodpoint_culinary

Ayam betutu ini memang berasal dari Bali, namun ternyata di Banyuwangi juga sangat digemari. Salah satu tempat untuk menikmati ayam betutu di Banyuwangi ini adalah di Ayam Betutu Super Spesial Mbak Timah yang berlokasi di Perum Griya Giri Mulya, Klatak, Kalipuro, Banyuwangi. Beda dengan ayam betutu dari Bali adalah rasanya ada sedikit manisnya. Rasa pedas nikmat yang bikin nagih.

Jangan hanya nasi tempong aja yang dicoba saat traveling ke Banyuwangi, banyak juga kuliner pedas enak lainnya yang bikin tak henti mencicipi.

Tags
Banyuwangi Indonesia Kuliner Pedas kuliner pedas Banyuwangi kuliner pedas di Banyuwangi
Share