10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia, Mana Saja?

Advertisement

Gedung-gedung pencakar langit sudah bukan lagi hal yang wah. Pasalnya, sudah banyak sekali gedung-gedung menjulang tinggi di seluruh dunia. Predikat gedung tertinggi saat ini dipegang oleh Burj Khalifah yang terdapat di Dubai, Uni Emirat Arab. Selain itu, ada beberapa lainnya yang juga masuk jajaran gedung tertinggi dunia.

1. Burj Khalifa, Dubai

Burj Khalifah dengan ketinggian 828 meter, via Instagram nature_areen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Burj Khalifa, Dubai ini merupakan bangunan tertinggi di dunia saat ini. Ketinggiannya hampir mencapai 2,717 kaki atau 828 meter. Gedung ini resmi dibuka pada 4 Januari 2010 yang dibuat oleh arsitektur Skindmore, Owings, dan juga Merril. Pencetusnya ini sendiri adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktour.

2. Shanghai Tower, Shanghai, China

Shanghai Tower dengan ketinggian 632 meter, via Instagram integratechineselife

Sementara itu untuk bangunan tertinggi kedua di dunia adalah Shanghai Tower, China. Shanghai Tower ini memiliki ketinggian gedung mencapai 2,073 kaki atau 632 meter. Bangunan ini dibangun di Lujiazuli, Pudong, Shanghai dengan 121 tingkat dan luas area mencapai 380.000 persegi.

3. Abraj Al-Bait Clock Tower, Mekkah

Abraj Al-Bait Clock Tower dengan ketinggian 601 meter, via Instagram virza.gavinz

Disebut juga dengan Makkah Royal Clock Tower, bangunan yang didesain oleh para arsitek dari Dar Al Handasah Architects ini bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Masjidil Haram. Kompleks Abraj Al-Bait ini memiliki beberapa Menara yang bisa menampung ribuan peziarah yang berdatangan ke kota. Luas area ini mencapai 1,5 juta meter persegi. Tingginya sendiri mencapai 1,971 kaki atau sekitar 601 meter.

4. Ping An Finance Centre, Shenzhen, China

Ping An Finance Centre dengan ketinggian 599 meter, via Instagram jeninerenee_

Bangunan tertinggi keempat adalah Ping An Finance Centre atau dikenal dengan julukan Ping An IFC. Tinggi dari gedung pencakar langit ini adalah 1,965 kaki atau 599 meter. Pembuat bangunan ini adalah arsitektur yang berasal dari Negeri Paman Sam, Kohn Pederson Fox Associates.

5. Goldin Finance 117

Goldin Finance 117 dengan ketinggian 597 meter, Via Instagram mmontoya_alberto

Memiliki ketinggian 1,959 kaki atau setara dengan 597meter, Goldin Finance 117 ini menjadi gedung tertinggi nomer lima di dunia. Dikenal juga dengan China 117 Tower, gedung di China ini awalnya dijadwalkan untuk selesai di tahun 2014 yang lalu. Namun karena ada kendala, di tahun 2010 yang lalu pembangunannya baru selesai di tahun 2017 dan bakal segera dibuka pada tahun 2018 ini.

6. Lotte World Tower, Seoul

Lotte World Tower, Seoul dengan ketinggian 555 meter, Via Instagram seoultosaigon

Lotte World Tower di Seoul saat ini menjadi gedung tertinggi keenam di dunia. Ketinggianya mencapai 1,823 kaki atau setara dengan 555 meter. Di Korea Selatan sendiri, gedung ini sekarang menjadi yang tertinggi setelah melampaui Northeast Asia Trade Tower yang memegang rekor sebelumnya dengan ketinggian 305 meter.

7. One World Trade Centre, New York City

One Word Trade Center dengan ketinggian 541 meter, Via Instagram dilemma__x

Selanjutnya adalah One World Trade Centre yang berada di New York. Disebut juga dengan Freedom Tower, gedung ini dibuat oleh arsitek David Childs yang merupakan pemilik dari perusahaan Skidmore, Owings, dan Merril yang juga membangun gedung tertinggi di dunia saat ini, Burj Khalifa, Dubai. Ketinggian bangunan ini adalah 1,776 kaki atau setara dengan 541 meter.

8. CTF Finance Centre, Guangzhou China

CTF Finance Centre dengan ketinggian 530 meter, Via Instagram  mrjasonlin

Berlokasi di Guangzhou, China gedung pencakar langit ini memiliki ketinggain 1,740 kaki atau setara dengan 530 meter. Pembangunan dari gedung ini sudah dimulai sejak tanggal 29 September 2009 dan sudah dibuka pada Oktober 2016. Gedung ini difungsikan untuk banyak hal, misalnya saja pusat konferensi, hotel, observasi, gedung perkantoran dan juga mall.

9. Taipei 101, Taipei, Taiwan

Taipei 101, Taipei, Taiwan dengan ketinggian 509 meter, Via Instagram rickoudendorp

Didesain oleh C.Y. Lee dan rekan-rekannya, Taipei 101 ini memiliki tahap pembangunan yang memakan waktu cukup lama, yakni mulai dari tahun 1999 sampai tahun 2004. Awalnya dikenal sebagai Taipei Wold Financial Center yang memang sudah sejak tahun 2004 yang lalu telah dimasukkan ke dalam salah satu gedung tertinggi di dunia. Ketinggiannya mencapai 1,670 kaki atau 509 meter.

10. Shanghai World Financial Centre, Shanghai, China

Shanghai World Financial Centre dengan ketinggian 492 meter, Via Instagram flyingscotsman83

Yang terakhir ada Shanghai World Centre yang bertempat di distrik Pudong, Shanghai, China. Tingginya adalah 1,614 kaki atau setara dengan 492 meter. Bangunan pencakar langit ini mulai didirikan sejak 27 Agustus 1997 dan selesai dikerjakan tahun 2008 yang lalu. Pembukaannya sendiri dilakukan pada 28 Agustus 2008. Di sini ada kantor, hotel, museum, mall, dan juga ruang observasi.

Bagi kamu yang bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu melulu, salah satu dari gedung pencakar langit di atas bisa dikunjungi. Supaya feed Instagrammu semakin luar biasa.

Advertisement
Tags
destinasi wisata gedung tertinggi di dunia informasi wisata Luar negeri
Share