Berkunjung ke Waduk Bajulmati, Raja Ampat Mini di Banyuwangi yang Memikat

Sudah menjadi rahasia umum jika Raja Ampat memiliki panorama yang sangat cantik memikat hati. Alamnya indah dipadu dengan orang-orangnya yang sangat ramah membuat Raja Ampat jadi destinasi idola banyak orang. Sayangnya, biaya yang dikeluarkan untuk bisa liburan di Raja Ampat tidaklah sedikit. Panorama yang sangat asyik itu perlu dibayar dengan harga yang cukup mahal.

Jika budget liburan kamu tidak cukup untuk pergi ke Raja Ampat, masih ada alternatif lain. Ada lho tempat lain yang setidaknya bisa memuaskanmu. Destinasi wisata bernama Waduk Bajulmati memang digadang-gadang sebagai mini Raja Ampat yang memiliki pemandangan elok, namun dengan budget yang lebih murah. Bisa liburan tipis-tipis nih.

Berada di Perbatasan Banyuwangi – Situbondo

Waduk Bajulmati di perbatasan Banyuwangi-Situbondo, via Instagram carment_abdul

Waduk Bajulmati ini berlokasi di perbatasan Banyuwangi dan Situbondo. Tepatnya berada di Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Bukan tempat baru, Waduk Bajulmati ini sebelumnya digunakan untuk banyak hal. Misalnya untuk pengairan, pelabuhan, pembangkit listrik mikrohidro, dan juga untuk wisata. Lokasinya memiliki luas sekitar 91,93 hektar.

Keindahan Waduk Bajulmati saat sunrise, via Instagram hu_go7

Di musim liburan, lokasi ini menjadi salah satu destinasi yang cukup hits dan banyak mengundang wisatawan. Banyak yang datang ke sini lantaran ingin melihat pemandangan atau mengabadikan keindahannya. Karena tak bisa dipungkiri Waduk Bajulmati ini sangat memikat hati.

Waduk Bajulmati dengan Panorama Hijau

Bukit-bukit yang terdapat di Bajulmati, via Instagram hudashohib

Saat menjejakkan kaki di Waduk Bajulmati, hal pertama yang bakal kamu rasakan adalah kesejukan alam dan suara aliran air dan semilir angin. Panoramanya penuh dengan panorama hijau. Karena lokasinya yang cukup atau bisa dibilang sangat lebar, perlu untuk menyusurinya dengan motor atau mobil. Barulah, saat ingin naik ke perbukitan kamu bisa berjalan kaki. Panorama hijau, angin semilir dan waduk yang bening menjadi perpaduan yang apik untuk diabadikan ke dalam sebuah potret. Hasilnya tidak akan mengecewakan.

Miniatur Raja Ampat yang Memikat

Cantiknya Waduk Bajulmati, via Instagram ikkasejati91

Lokasi ini disebut miniatur Raja Ampat karena memang banyak gundukan-gundukan perbukitan tidak terlalu besar yang tersebar di Waduk Bajulmati. Kalau dibandingkan dengan Raja Ampat memang masih kalah jauh, tapi panoramannya akan membuai para wisatawan yang datang.

Spot Mancing yang Asik

Waduk Bajulmati spot mancing yang oke punya, via Instagram tsbroto

Selain menikmati berbagai pemandangan yang disuguhkan, Waduk Bajulmati ini banyak dijadikan sebagai spot mancing. Meski demikian, ada aturan untuk tidak memancing di sekitar bangunan waduk atau pintu air. Kamu boleh memancing di sisi selatan, dan harus berputar mengelilingi daduk terlebih dahulu.

Jika sedang trip ke Banyuwangi, jangan lupa memasukkan Waduk Bajulmati ke dalam itinerarimu. Semoga perjalananmu selanjutnya menyenangkan ya.

Tags
Banyuwangi destinasi wisata Banyuwangi Indonesia wisata di Banyuwangi wisata di Situbondo
Share