Kuliner Pagi di Semarang untuk Sarapan Enak, Murah dan Kenyang

Melisa

Melisa

On Indonesia
Kuliner pagi di Semarang untuk sarapan Kuliner pagi di Semarang untuk sarapan

Rugi banget kalau traveling ke Semarang tanpa menyempatkan diri untuk mencicipi berbagai makanan khas-nya yang super enak. Tak hanya lumpia, kota ini memiliki kuliner lezat lainnya yang sayang banget untuk dilewatkan. Bahkan beberapa ada yang sudah buka dari pagi hari dan siap menjadi menu sarapanmu. Apa saja, ya?

1. Soto Kudus Mbak Lien

Soto Kudus Mbak Lien
Soto Kudus Mbak Lien [image source]
Sebelum memulai petualangan keliling Semarang, tak ada salahnya lebih dulu mengisi perut dengan kuliner enak setempat. Salah satunya adalah Soto Kudus Mbak Lien di Jln. Ki Mangunsarkoro No. 15 yang sudah buka sejak pukul 7 pagi. Seporsinya cukup murah yaitu 8.500 rupiah. Jangan lupa mencicipi juga lauk tambahan seperti tempe, perkedel, sate kerang, dan yang paling disukai adalah sate paru. Nyam!

Soto Kudus Mbak Lien Semarang
Soto Kudus Mbak Lien Semarang [image source]

2. Warung Makan Mak Tompo

Warung Makan Mak Tompo
Warung Makan Mak Tompo [image source]
Yang kangen makanan rumahan bisa mencoba sarapan di Warung Makan Mak Tompo. Lokasi warung sederhana ini berada di Jl. Karanganyar No. 37, Semarang. Ada banyak pilihan sayur dan lauk yang bisa dicoba. Paling juara adalah cumi hitam dan pepes udangnya. Tempat makan ini buka sejak jam 9.00 WIB hingga 16.00. Segala menu yang disediakan juga oke untuk makan siangmu. Jangan lupa juga untuk mencoba udang petenya. Yakin cuma mau makan sepiring?

Pilihan makanan di Warung Mak Tompo
Pilihan makanan di Warung Mak Tompo [image source]

3. Kahatkene

Kahatkene Semarang
Kahatkene Semarang [image source]
Sarapan enak dan banyak pilihan bisa didapatkan di Kahatkene. Tempat makan yang berlokasi di Jl. Tirto Agung No. 28 Semarang ini sudah buka sejak 09.00 – 22.00. Nikmatnya ayam krispi yang disantap dengan sambal matah atau nasi kuning bisa menjadi menu makanmu. Minumannya pun sangat beragam. Kamu juga bisa melakukan ‘ibadah’ ngopi pagimu di sini. Jangan khawatir, tersedia juga roti bakar dan sejenisnya untuk kamu yang ingin sarapan ringan.

Makanan di Kahatkene
Makanan di Kahatkene [image source]

4. Mie Kota Kembang

Mie Kota Kembang
Mie Kota Kembang [image source]
Pecinta mie harus mencoba kuliner Semarang yang satu ini. Adalah Mie Kota Kembang yang kelezatannya sudah melegenda di kalangan warga dan wisatawan Semarang. Lokasinya berada di Jln. MT.Haryono 405 ruko 8 dan Jln. Tambak Mas Gg.1 no 73. Gerainya buka mulai jam 7 pagi hingga pukul 9 malam. Tersedia beberapa pilihan, seperti mie pangsit, kwetiaw, bihun, dan lain-lain. Harganya pun cukup terjangkau, semangkuknya dibanderol sekitar 17 ribu rupiah.

Mie Kota Kembang Semarang
Mie Kota Kembang Semarang [image source]

5. Asem-asem Koh Liem

Asem-asem Koh Liem
Asem-asem Koh Liem [image source]
Asem-asem Koh Liem bukan nama baru bagi pecinta kuliner Kota Lumpia. Tempat makan yang menyediakan berbagai masakan Cina ini berada di Jl. Karang Anyar No. 28/C4 dan sudah siap menyiapkan sarapanmu sejak pukul 7 pagi. Tentu saja, menu yang paling juara adalah asem-asemnya. Daging sapinya sangat empuk dan kuahnya super segar. Ditambah lagi harganya termasuk ramah di kantong. Coba juga cumi kecap dan kulit ayamnya yang krispi.

Asem-asem Koh Liem Semarang
Asem-asem Koh Liem Semarang [image source]
Sekarang jadi tahu harus berburu kuliner di mana untuk sarapan saat traveling ke Semarang, ya. Jangan lupa juga untuk membungkus Bandeng Presto sebagai oleh-oleh untuk orang-orang kesayangan. Bagaimana, jadi kapan mau ke Semarang?