Bandeng Presto Paling Enak di Semarang untuk Oleh-oleh

Isti

Isti

On Indonesia

Jalan-jalan ke berbagai kota di Indonesia rasanya kurang lengkap kalau tak sekalian mencicipi kulinernya. Rasanya sayang juga kan kalau tak sekalian membawanya pulang sebagai oleh-oleh dari kota tersebut? Salah satu kota yang punya oleh-oleh kuliner khas adalah Semarang. Selain lumpia, Kota yang terkenal akan Lawang Sewu-nya ini juga punya bandeng presto yang bisa kamu borong saat berkunjung ke sini. Di mana saja sih, kamu bisa dapatkan olahan bandeng lezat ini? Ini dia ulasannya.

Bandeng Bonafide

Bandeng Bonafide Semarang
Bandeng Bonafide Semarang

Bandeng presto yang pertama ini bisa kamu dapatkan di Jalan Pandanaran No.53 Randusari, Semarang Selatan. Ada beberapa olahan bandeng di sini, mulai dari bandeng duri lunak seharga Rp85.000-an per kilonya, kemudian Bandeng Duri Lunak Vacum yang dibanderol dengan harga Rp106.000-an per kilonya, lalu ada juga Bandeng Duri Lunak Pepes seharga Rp 85.000-an per kilonya, dan satu lagi yaitu Bandeng Crispy seharga Rp57.000-an per kilonya. Jenis kemasan bandengnya pun beragam tergantung daya tahannya. Kemasan biasa bisa tahan 2 hari di luar lemari pendingin dan tahan 1 minggu di dalam lemari pendingin. Sedangkan kemasan vacum bisa bertahan seminggu di luar lemari pendingin dan sebulan di dalam lemari pendingin. Jenis yang terakhir ini cocok buat kamu yang hobi traveling.

Nikmatnya bandeng presto dengan sambal yang pedas [image source]
Nama: Bandeng Bonafide
Alamat : Jalan Pandanaran No.53, Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah

Bandeng Juwana-Elrina

Bandeng Juwana yang juara [image source]
Masih berada di Jalan Pandanaran, Semarang kamu bisa menemui pula toko Pusat Oleh-oleh Khas Semarang, di mana bandeng juga ada di sana, yaitu Bandeng Juwana Elrina. Toko tersebut dikenal terbesar dan terkenal di Semarang. Kalau tidak percaya, kamu bisa langsung datang ke sini dan lihatlah ada banyak tanda tangan serta foto artis yang pernah mampir. Kepopuleran toko ini tidak lain karena olahan bandengnya yang lezat. Olahannya pun bervariasi mulai dari abon bandeng, pepes bandeng, bandeng asap, dan bandeng vacum. Dari kesemuanya abon bandeng dan bandeng vacum yang tahan hingga 3 bulan yang cocok untuk kamu beli sebagai oleh-oleh. Kamu juga bisa mencicipi aneka olahan bandeng yang masih fresh from the pan alias warungnya loh. Datang saja ke lantai dua dari toko ini, maka ada banyak pilihan menu makanan berbahan bandeng yang bisa kamu cicipi.

Kemasan Bandeng Juwana yang higienis [image source]
Alamat: Jl. Pandanaran No.57, Randusari, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244
Website : bandengjuwana.com

Bandeng Djoe

Bandeng Djoe
Bandeng Djoe [image source]
Meski memiliki banyak duri di dalamnya, tapi banyak yang suka dengan bandeng. Dan jalan Pandanaran nampaknya menjadi salah satu gudang yang tepat untuk mendapatkan bandeng ini. Yap, tak hanya Bandeng Juwana-Elrina dan Bandeng Bonafide yang bisa kamu temui di kawasan ini, ada juga Toko Djoe yang dulunya berada di kompleks pertokoan Simpang Lima kini membuka cabangnya di sini. Seperti toko oleh-oleh di Semarang lainnya, bukan hanya bandeng yang bisa kamu beli di toko tersebut. Ada juga kuliner khas Semarang seperti enting gepuk, jenang Mubarok, wajik, getuk, dan banyak lainnya. Toko oleh-oleh Djoe ini sudah dikenal masyarakat Semarang sejak tahun 80-an loh. Jadi tak perlu khawatir dengan kualitas dan rasa makanannya ya!

Bandeng Djoe [image source]
Alamat : Jl. Pandanaran No. 51, Semarang, Jawa Tengah
Telepon: (024) 8318663
Instagram : instagram.com/oleh2djoe/

Bandeng Hj. Djum

Bandeng Hj. Djum
Bandeng Hj. Djum [image source]
Bandeng presto sebenarnya telah kita temui di banyak daerah, tapi yang dari Semarang citarasanya bisa dibilang khas. Apalagi bandeng dengan duri lunak dan citarasa khas produksi Hj. Djum. Sekali gigit, kamu bakal mendapatkan sensasi kelembutan dari daging bandeng. Letak dari oleh-oleh Semarang satu ini berada di kawasan Peterongan, Semarang Selatan. Nah, dari Lawang Sewu hanya membutuhkan waktu 16 menit berkendara. Nah, minat untuk berburu oleh-oleh bandeng di sini kan?

Bandeng presto yang siap disantap [image source]
Alamat: Jalan Kanal 4A, Peterongan, Semarang Selatan, Lamper Lor, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242
Telepon: 0813-9017-2266

Selain menjelajah objek wisata keren di Semarang, tidak ada salahnya membawa oleh-oleh saat pulang bukan? Nah, kapan nih liburan ke kota satu ini?